--> Skip to main content
Menu

Temukan Pesona Keindahan Wisata Goa Jomblang

Yogyakarta merupakan kota yang kental dengan budaya dan keramah-tamahan masyarakatnya. Ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang digemari oleh para wisatawan seperti misalnya wisata Malioboro, Kalibiru, tugu jogja dan lain-lain. Namun tahukah kamu bahwa Yogyakarta yang kental dengan budayanya ini mempunyai objek wisata alam yang sangat indah. Objek wisata alam tersebut adalah Goa Jomblang yang terletak di Dusun Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang yang berada di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu pada hari-hari biasa maupun saat hari liburan. Goa Jomblang memiliki nuansa alam yang indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dari aktivitas sehari-hari kita.

Wisata Goa Jomblang mempunyai pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, akan sangat disayangkan ketika sedang berada di kabupaten gunung kidul, jika tidak mengunjungi tempat wisata Goa Jomblang yang keindahannya tiada duanya tersebut.

Goa Jomblang mempunyai mulut goa yang letaknya berada di permukaan tanah. Para wisatawan dapat menuruni mulut goa yang terbagi menjadi beberapa rute dengan mempunyai kedalam sekitar 15 meter sampai 80 meter. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke kedalaman 15 meter, bisa menyusurinya dengan berjalan kaki karena terdapat jalan setapak yang terbentuk. Sementara, bagi para wisatawan pemula akan mendapatkan arahan dari pemandu wisata yang ada di sana tentang bagaimana cara untuk melakukan caving sendiri.

Sesampainya di dalam goa, akan kita temukan pemandangan yang sangat indah karena ada banyak tumbuh-tumbuhan yang subur merimbun salah satunya yaitu tumbuhan paku. Selain itu ada juga karst yang terbentuk cantik di dalam goa Jomblang, diantaranya yaitu stalaktit, stalagmit dan batu Kristal. Terdapat juga sungai yang mengalir di dalam goa Jomblang. Menariknya di celah-celah mulut goa jomblang terdapat cahaya yang masuk, dimana para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahannya.

Cahaya yang masuk ke goa jomblang atau Jomblang Cave tersebut dikenal dengan “ ray of light atau cahaya surga” karena terlihat sangat indah. Nah, cahaya surga itulah yang menjadi salah satu objek yang diburu oleh para fotografer. Munculnya fenomena cahaya di goa jomblang dapat terjadi karena sinar matahari yang masuk ke dalam goa melalui celah-celah dan menyinari flowstone. Perpaduan cahaya matahari dengan uap air dari dasar bebatuan yang menguar mampu menciptakan efek cayaha vertikal yang indah.

Para wisatawan yang datang ke goa jomblang akan dibuat berdecak kagum menyaksikan pemandangan kontras antara “cahaya surga” dan gelapnya goa. Untuk bisa menyaksikan momen yang indah tersebut, pengunjung harus bisa datang diwaktu yang tepat yaitu antara pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB dengan kondisi cuaca cerah. Jika lewat dari jam-jam tersebut, maka dapat dipastikan cahayanya tidak ada. Jadi, sebaiknya usahakan untuk datang lebih pagi atau awal karena banyak orang mengincar momen tersebut untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.

Mungkin bagi pengunjung yang belum terbiasa, jalur yang dilalui untuk bisa sampai ke dasar goa akan terasa sangat melelahkan. Akan tetapi sesampainya di dalam goa jomblang, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan yang luar biasa di goa jomblang tersebut.

Nah, bagi kamu yang belum pernah datang ke tempat Wisata Goa Jomblang yang berada di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta ini mungkin kamu bisa mengunjunginya untuk mengisi waktu liburanmu.