--> Skip to main content
Menu

Pengertian IMEI Fungsi dan Cara Mengetahui IMEI

Bagi kamu yang akrab dengan dunia ponsel, tentunya sudah pernah mendengar yang namanya IMEI. Keberadaan IMEI pada sebuah ponsel ini sangatlah penting. Lalu, seperti apa itu IMEI, apa fungsinya dan bagaimana cara mengetahui IMEI yang terdapat pada ponsel? Nah, bagi kamu yang mungkin belum tahu silahkan simak penjelasan yang kami tulis di sini.

Pengertian IMEI

Pengertian IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yaitu nomor identitas secara khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Biasanya nomor IMEI terdiri dari 15 digit. Digit IMEI tersebut digunakan untuk memberikan berbagai informasi tentang ponsel itu sendiri . Dari mulai asal ponsel dibuat, pabrikan ponsel hingga nomor model pada ponsel.

Dapat dikatakan bahwa IMEI merupakan identitas resmi sebuah ponsel. Nomor ini dapat dipakai jaringan GSM untuk melakukan indentifikasi pada perangkat ponsel yang mencoba untuk terkoneksi ke jaringan GSM tersebut. Maka dari itulah, IMEI bukan hanya dipakai untuk melakukan identifikasi perangkat seluler saja, akan tetapi juga dapat dipakai untuk memblokir ponsel yang hilang atau dicuri supaya tidak dapat terkoneksi ke jaringan GSM apapun.

IMEI terdapat pada setiap perangkat ponsel, jadi jika membeli perangkat ponsel, salah satu yang harus diperhatikan yaitu mengecek nomor IMEI dan memastikan bahwa IMEI pada ponsel tersebut sudah terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindutrian).

Berdasarkan penjelasan dari situs Oppo Tutorial, IMEI merupakan bagian dari jaringan ponsel sehingga tanpa IMEI ponsel akan menjadi invalid. Penggunaan IMEI oleh beberapa pengguna ponsel digunakan sebagai nomor seri yang unik milik mereka karena memang tidak terdapat pada ponsel milik orang lain.

Fungsi IMEI

Fungsi dari IMEI yaitu untuk mengidentifikasi secara unik alat atau perangkat HKT (handphone, komputer genggam, dan tablet) yang terkoneksi ke jaringan seluler. Fungsi IMEI sangatlah penting karena setelah IMEI terdaftar, pengguna perangkat ponsel dapat terkoneksi dengan layanan operator seluler yang ada di Indonesia. Jika IMEI pada sebuah ponsel belum terdaftar di Kemenperin, maka perangkat ponsel tersebut kemungkinan akan mengalami pembatasan akses jaringan seluler bahkan diblokir.

Selain itu, nomor IMEI di Indonesia juga digunakan untuk mencegah agar seseorang tidak menggunakan ponsel BM (black market) yang umumnya diimport ke Indonesia secara illegal. Semua ponsel BM yang IMEI-nya belum terdaftar tidak akan bisa mendapatkan sinyal dari semua penyedia layanan seluler yang ada di Indonesia.

Cara Mengetahui IMEI

Berdasarkan penjelasan dari halaman situs Tutorial Oppo, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui IMEI pada sebuah ponsel. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

Cara Mengetahui Nomor IMEI dengan melepas Baterai

Cara ini khusus diterapkan untuk ponsel yang memang bisa dilepas baterainya (bukan ponsel dengan baterai tanam). Caranya yaitu matikan ponsel, lalu lepas penutup belakang ponsel, setelah itu lepas baterainya. Perhatikan stiker yang melekat di sisi belang setelah baterai dilepas, biasanya IMEI tercantum di situ.

Cara Mengetahui Nomor IMEI melalui Settings atau Pengaturan

Cara ini menjadi cara paling mudah dan paling banyak digunakan para pengguna ponsel, terutama untuk ponsel yang menggunakan baterai tanam. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Buka Menu Settings.
  • Lalu pilih tentang ponsel, didalamnya terdapat opsi Status.
  • Di dalam opsi status tersebut scroll ke bawah maka akan menemukan nomor IMEI ponsel di sana.
  • Pada beberapa perangkat ponsel tertentu, mungkin akan menjumpai Opsi Lainnya jika sudah berada di menu Tentang Ponsel. Tentunya, di dalam opsi lainnya tersebut akan bisa menemukan informasi tentang nomor IMEI ponsel.

Cara Mengetahui Nomor IMEI melalui Kotak kemasan Ponsel

Pada kemasan ponsel biasanya terdapat kode barcode yang berisi angka-angka unik yang tertempel, nah angka tersebut merupakan nomor IMEI ponsel.

Cara Mengetahui Nomor IMEI melalui Kode Dial

Ketik kode dial *#06#, maka di layar ponsel akan tampil pop up yang memberikan informasi tentang nomor IMEI perangkat ponsel.

Demikian penjelasan tentang pengertian IMEI fungsi dan cara mengetahui IMEI, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.