Skip to main content

Pengertian Komputer

Pengertian komputer – Di era sekarang ini komputer bukanlah barang yang asing lagi bagi kita. Komputer dapat kita jumpai di kantor-kantor bahkan mungkin di rumah kita pun ada komputer. Lalu apa itu komputer? Seperti apa yang dimaksud dengan komputer itu? Bisakah kamu menjelaskan definisi dari komputer? Mungkin teman-teman sudah sering menggunakan komputer namun belum tahu definisi atau arti dari komputer. Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas seperti apakah komputer itu, agar teman-teman bisa mengerti dengan apa yang dimaksud komputer. Oh ya dalam pembahasan ini juga kami sertakan penjelasan tentang 3 elemen utama komputer, pengertian komputer menurut para ahli, fungsi komputer, macam macam peralatan komputer dan jenis-jenis komputer.
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer yaitu sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dan komponen yang lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memrroses data, dan menghasilkan informasi. Supaya dapat digunakan untuk memasukkan data, memperluas data dan menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat komputer harus terdiri dari Keyboard, CPU (Central Processing Unit), monitor dan printer.

Atau secara umum pengertian dari komputer adalah suatu perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk mengolah suatu data sesuai dengan perintah atau prosedur yang sudah dirumuskan sebelumnya sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna komputer.

Pengertian komputer secara etimologi itu berasal dari bahasa Latin yaitu “Computere” yang berarti menghitung. Sehingga pengertian komputer secara sederhananya yaitu alat untuk menghitung aritmatika.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3 Elemen Utama Komputer

Sebutkan 3 elemen utama komputer? Pada dasarnya komputer terdiri atas 3 elemen utama yaitu
  1. Hardware (perangkat keras) yang terdiri atas Processor, Hardisk, RAM, CPU, dan Motherboard.
  2. Software (perangkat lunak) yakni sistem operasi serta berbagai macam aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware yang bekerja sesuai dengan peritantah dari penggunanya.
  3. Brainware (pengguna komputer) adalah pemakai atau operator komputer.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Definisi komputer menurut para ahli adalah sebagai berikut ini.
  • Pengertian komputer menurut Robert H Blissmer, komputer ialah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas diantaranya yaitu menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah serta menghasilkan output dalam bentuk informasi.
  • Pengertian komputer menurut William M Fuori, komputer ialah sebuah alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk juga perhitungan aritmatika dan operasi logika, serta tidak ada campur tangan manusia.
  • Pengertian komputer menurut Donald H Sander, bahwa komputer adalah sebuah sistem elektronik yang dipakai untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan supaya bisa dengan otomatis menerima serta menyimpan data, memproses data sehingga menghasilkan output berdasarkan dari perintah yang telah tersimpan dalam memori.
  • Jelaskan definisi komputer menurut V.C Hamacher? Komputer ialah mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa menerima informasi input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan pada memorinya, serta menghasilkan output yaitu dalam bentuk informasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi komputer

Fungsi komputer pada dasarnya sangat beraga, tergantung dari penggunanya. Fungsi komputer secara umum adalah sebagai berikut.
  • Data input adalah komputer bisa menerima data dan informasi dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas mouse, keyboard dari komputer lain atau peralatan yang lain.
  • Data processing adalah fungsi utama komputer yaitu mengolah data sehingga dapat menghasilkan output yakni berupa informasi. Data yang diolah di dalam komputer pada umumnya yaitu berbentuk teks, gambar, audio, grafik, video dan lain-lain.
  • Data output adalah komputer berfungsi menghasilkan output/ informasi sesudah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut bisa disajikan lewat monitor, speaker, dan printer.
  • Data storage adalah komputer berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sehingga bisa dengan mudah ditemukan dan digunakan kembali. Data tersebut bisa disimpan di dalam memori internal komputer ataupun memori eksternal.
  • Data movement adalah komputer berfungsi sebagai pemindah data dari satu komputer ke komputer lain atau ke berbagai alat output lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Peralatan Komputer

Dilihat dari sisi fungsinya, peralatan komputer dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu: peralatan masukkan (input), peralatan proses, peralatan penyimpanan (memori) peralatan tambahan (periferal), dan peralatan keluaran (output).
  • Peralatan masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke dalam processor atau memori komputer sehingga dapat diolah menjadi informasi. Peralatan input terdiri dari beberapa macam peranti yaitu seperti keyboard dan mouse.
  • Peralatan proses adalah alat yang digunakan untuk mengolah dan memproses data disebut dengan peralatan proses. Yang termasuk dalam peralatan proses adalah processor, ROM, RAM.
  • Peralatan penyimpanan atau memori adalah alat-alat (perangkat) untuk menyimpan data, informasi intruksi, maupun program. Beberapa peralatan penyimpanan di antaranya yaitu: flasdisk, disket, hardisk, dan compack disk.
  • Peralatan tambahan (periferal) adalah perangkat tambahan yang langsung di pasang untuk lebih mendayagunakan komputer. Perangkat ini ada yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor, dan perangkat keluaran. Alat ini biasanya berbentuk (Card) yang harus dipasang pada expantion slot yang terletak di motherboard. Beberapa perangkat tambahan yang bisa diguanakan seperti modem, music card, dan TV card.
  • Peralatan keluaran adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari komputer. Peralatan keluaran sering digunakan adalah monitor, printer, dan speaker
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Komputer

Macam macam komputer berdasarkan dari bentuk dan ukurannya, komputer bisa dikelompokkan menjadi 7 jenis yaitu sebagai berikut:
  1. Komputer portabel adalah jenis komputer yang mudah untuk dibawa kemana-mana, komputer ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah. Komputer jenis ini kurang populer dikarenakan cenderung besar dan berat dari pada laptop pada umumnya.
  2. Komputer desktop adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari monitor dan juga keyboard.
  3. Komputer tower adalah komputer yang bentuknya lebih besar dibanding komputer desktop yang biasanya ditaruh di atas meja atau di samping meja. Komputer ini bisa ditambahkan perangkat pendukung sebab mempunyai expansionanslot.
  4. Komputer palmtop yaitu komputer yang berbentuk kecil dan dapat digenggam. Jenis komputer ini sudah jarang dipakai semenjak ditemukannya Smartphone.
  5. Komputer laptop adalah jenis komputer yang bisa diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop mempunyai monitor, CPU, dan keyboard yang menyatu dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.
  6. Komputer notebook adalah jenis laptop tetapi ukurannya yang lebih tipis. Komputer jenis ini umumnya banyak dipakai oleh para pelajar, pengajar dan peneliti yang memerlukan perangkat komputer yang ringan dan ringkas.
  7. Sub-notebook atau handbook adalah jenis notebook yang mempunyai ukuran lebih kecil dibanding notebook pada umumnya. Handbook umumnya mempunyai processor yang spesifikasinya rendah. 
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian pengertian komputer yang dapat saya sampaikan pada artikel ini semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjungannya di blog Temukan Pengertian.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar