--> Skip to main content
Menu

Pengertian Mesin Laminating dan Jenis-jenisnya

Bagi kamu para pelaku usaha percetakan atau foto copy, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin laminating. Biasanya berbagai jenis dokumen penting memerlukan alat tersebut, untuk memberikan perlindungan tambahan dalam bentuk laminasi,. Yang menjadi peranyaan, apakah mesin laminating yang kamu gunakan sudah tepat? Maka dari itulah kenali dulu seluk beluk mesin laminating mulai dari pengertian mesin laminating hingga jenis-jenisnya. Karena belum tentu mesin laminating murah itu tidak bagus kualitasnya, begitu pula sebaliknya. Maka dari itulah kamu perlu pemahaman khusus tentang mesin laminating.

Pengertian Mesin Laminating

Pengertian Mesin Laminating

Mesin laminating adalah mesin yang dikenal dengan mesin laminasi yang dapat digunakan untuk memberikan lapisan pelindung berupa plastik atau film pada dokumen tertentu. Tujuan utama penggunaan mesin laminating yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap item tertentu dari kotoran, debu, air maupun minyak sehingga item tersebut menjadi lebih tahan lama atau awet.

Mesin laminating baik itu dengan roll atau tidak, bisa digunakan untuk memberikan lapisan perlindungan pada berbagai item seperti:

  • Dokumen pribadi misalnya: akte kelahiran, ijazah, Kartu Keluarga, dan berbagai jenis dokumen penting yang lain.
  • Piagam atau sertifikat.
  • Kartu identitas karyawan atau pegawai.
  • Daftar menu di restoran atau kafe.
  • Foto.
  • Poster, banner dan berbagai media marketing yang lain.

Jenis-jenis Mesin Laminating

Adapun beberapa jenis mesin laminating diantaranya adalah sebagai berikut:

Mesin Laminating Panas

Mesin laminating panas merupakan mesin laminasi yang menggunakan teknik thermal laminating dengan suhu antara 90 sampai 120 derajat celcius. Teknik ini bisa menggunakan plastik dengan dilengkapi lem maupun tidak. Untuk plastik yang tidak dilengkapi dengan lem, maka menggunakan cairan kimia sebagai perekat. Umumnya mesin laminating ini digunakan untuk hasil cetak yang menggunakan media kertas seperti kartu nama, brosur dan berbagai jenis dokumen lain.

Mesin Laminating Dingin

Mesin laminating dingin merupakan mesin laminasi dengan menggunakan metode wet. Mesin laminating inisering dikenal dengan sebutan cold laminating. Umumnya mesin laminating ini digunakan untuk hasil cetak dalam bentuk roll up banner,x-banner, tripod banner, poster foamboard, dan stiker. Mesin laminating ini mempunyai bentuk panjang yang panjangnya sekitar 1,5 meter sehingga bisa mengakomodasi hasil cetak.

Mesin Press Laminating - Pouch Lamination

Mesin press laminating merupakan mesin laminasi dengan menggunakan pouch lamination atau kantong plastik laminasi. Jenis mesin laminating ini merupakan mesin laminating yang sering kali digunakan dalam usaha foto copy atau digital printing. Harga mesinnya yang terjangkau menjadikan mesin laminating ini sebagai pilihan tepat bagi yang baru merintis usaha atau pengusaha kecil. Sesuai dengan namanya, cara kerja mesin press laminating ini diawali dengan memasukkan dokumen ke dalam kantong plastik laminasi lalu dilewatkan ke dalam mesin press laminating.

Mesin Laminating Besar - Roll Lamination

mesin laminating roll merupakan mesin laminasi dengan menggunakan bahan laminating roll besar maupun kecil. Termasuk juga mesin heavy duty yang sering dipakai oleh pebisnis percetakan skala menengah hingga besar seperti pabrik. Ada beragam ukuran mesin laminating roll mulai dari lebar input 32 cm sampai dengan 72 cm. Mesin laminating roll umumnya dapat melakukan laminasi 2 sisi secara sekaligus dengan roll atas dan juga bawah.

Ada berbagai jenis mesin laminating roll dengan berbagai spesifikasi dan fitur tambahan untuk memperbagus maupun mempercepat hasil laminating. Misalnya mesin laminating roll yang memiliki fitur auto cut, press hidrolik, auto feeder, overlap, dan anti lengkung. Tidak hanya performa yang optimal saja, penggunaan roll plastik laminating, membuat biaya produksi menjadi jauh lebih hemat.