--> Skip to main content
Menu

Pengertian Skincare dan Urutan Skincare

Belakangan ini, kata skincare menjadi salah satu istilah yang sering kita dengar. Entah itu kita dengar dari obrolan sehari-hari dengan rekan maupun percakapan yang berseliweran di media sosial. Kata skincare biasanya sangat akrab dengan para wanita. Lalu sebenarnya apa itu skincare? Nah, bagi kamu yang belum tahu tentang pengertian skincare dan urutan skincare, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Skincare

Pengertian Skincare

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga dan memberikan nutrisi pada kulit agar kulit terjaga kesehatannya dan kecantikannya. Perawatan kulit tidak hanya dari dalam dengan makanan yang kita konsumsi saja, tetapi juga perlu melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan produk perawatan kulit. Adapun berbagai produk perawatan kulit yang umum digunakan yaitu pembersih wajah, serum, pelembap, hingga tabir surya.

Apakah saat ini kamu masih malas menggunakan skincare? Urutan penggunaan skincare memang tidak hanya satu atau dua step saja, ada berbagai step yang harus dilakukan.

Urutan Skincare

Untuk melakukan rutinitas perawatan kulit harian, ada 5 langkah dasar yang bisa dilakukan, terutama saat pagi hari. Adapun langkah penggunaan skincare untuk perawatan kulit yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:

1. Cleansing

Cleansing atau pembersih terbagi menjadi 2 yaitu berbasis air dan berbasis minyak, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit. Pembersih yang berbasis air cocok jika digunakan untuk kulit yang berminyak atau berjerawat. Pembersih berbasis air biasanya terdapat kandungan surfaktan yang bermanfaat untuk membersihkan penumpukan kotoran maupun keringat dan juga menghilangkan minyak yang telah menumpuk di kulit. Sementara pembersih yang berbasis minyak cocok jika digunakan untuk jenis kulit kering, agar membuat kulit menjadi tidak tampak kering. Jangan gunakan pembersih berbasis minyak untuk kulit berminyak karena bisa membuat kulit menjadi semakin berminyak dan rentan menyebabkan breakout.

2. Toner

Fungsi toner yaitu untuk membantu dalam meningkatkan sisa kotoran dan minyak yang menempel sesudah mencuci muka. Tidak hanya itu saja, toner juga bisa membantu dalam mengembalikan pH kulit yang hilang ketika tahap pencucian muka dan mempersiapkan kulit sebelum pemakaian skincare yang lain. Pilihlah toner wajah yang sesuai dengan jenis kulit, karena apabila salah dalam memilih toner maka dapat mengurangi manfaat dan dapat menimbulkan terjadinya masalah kulit baru.

3. Serum

Serum merupakan cairan yang bertekstur ringan dengan memiliki kandungan konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi. Serum dipercaya lebih efektif meresap ke dalam kulit jika dibandingkan dengan krim wajah atau pelembab.

4. Pelembab

Pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit, menjaga struktur alami kulit, menghaluskan kulit, menyeimbangkan pH kulit, membantu sel-sel kulit supaya bisa lebih bekerja secara maksimal, dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan. Apabila mempunyai kulit wajah yang kering, sebaiknya menggunakan pelembab dengan tekstur krim. Namun, apabila mempunyai kulit yang berminyak sebaiknya menggunakan pelembab yang teksturnya cair atau gel.

5. Tabir surya atau sunscreen

Rajin memakai krim dan serum di pagi hari dan malam hari, tetapi malas menggunakan tabir surya, maka dapat dipastikan hasil skincare tidak akan bisa maksimal. Hal tersebut dikarenakan paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit. Paparan dari sinar matahari tersebutlah yang selanjutnya lama-kelamaan akan menyebabkan adanya kerutan dan bintik-bintik berwarna hitam pada wajah. Oleh karena itu penggunaan tabir surya dapat membantu untuk melindungi dan menghambat proses penuaan akibat paparan sinar ultra violet dari matahari. Sebaiknya oleskan tabir surya yang mengandung setidaknya 30 SPF, 15 menit sebelum hendak ke luar dari rumah.

Demikian penjelasan tentang pengertian skincare dan urutan skincare, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.