--> Skip to main content
Menu

Pengertian Alat Bantu Dengar, Cara Kerja dan Jenisnya

Orang yang mempunyai masalah gangguan pendengaran biasanya dianjurkan untuk menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakan alat bantu dengar maka orang mengalami masalah pendengaran akan bisa mendengar dengan lebih jelas sehingga bisa berkomunikasi dengan orang lain secara baik. Nah, seperti apa sih Alat Bantu Dengar itu? Simak penjelasannya di sini.

Pengertian Alat Bantu Dengar

Pengertian Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar merupakan alat elektronik kecil yang bisa digunakan di dalam telinga atau di belakang telinga. Alat bantu dengar bisa memperbesar volume suara yang masuk ke dalam telinga, sehingga seseorang yang mempunyai gangguan pendengaran akan bisa mendengarkan suara lebih jelas, bisa melakukan komunikasi, dan berpartisipasi dalam aktivitasnya sehari-hari menjadi lebih lancar.

Alat bantu dengar merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pendengaran, selain menjalani tindakan implan koklea. Alat bantu dengar ini tidak bisa mengembalikan fungsi pendengaran menjadi normal kembali. Namun berfungsi untuk membantu proses mendengarkan suara menjadi lebih baik dalam situasi yang sepi maupun ribut. Dalam penggunaan alat bantu dengar ini terdapat batasan maksimum untuk peningkatan volumenya. Selain itu, apabila bagian dalam telinga terlalu mengalami kerusakan yang parah, maka getaran besar pun tidak akan mampu diubah menjadi sinyal saraf. Sehingga dalam situasi yang seperti ini, alat bantu dengar menjadi tidak efektif digunakan.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Terdapat 3 bagian pada alat bantu dengar, yaitu mikrofon, amplifier, dan speaker. Melalui mikrofon, alat bantu dengar dapat menerima suara, kemudian mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan dikirim ke amplifier. Kemudian penguat suara akan meningkatkan kekuatan sinyalnya dan mengirimnya melalui speaker ke telinga.

Alat bantu dengar dapat memperbesar getaran suara yang masuk ke dalam telinga melalui sel rambut. Sel-sel rambut yang masih bertahan hidup mendeteksi adanya getaran yang lebih besar dan merubahnya menjadi sinyal saraf yang dikirimkan ke otak.

Semakin parah atau besar kerusakan yang terjadi pada sel rambut, maka akan semakin parah gangguan pendengaran seseorang. Tidak hanya itu saja, peningkatan volume yang diperlukan untuk bisa mendengar juga semakin besar.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

Terdapat beberapa jenis alat bantu dengar dengan ukuran dan fitur yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis alat bantu dengar berdasarkan karakteristiknya yaitu:

1. CIC (Completely In the Canal)

Jenis alat bantu dengar ini dipasang di dalam saluran dan dibentuk sedemikian rupa supaya bisa pas di dalam liang telinga. Alat bantu dengar ini bisa membantu masalah gangguan pendengaran ringan hingga sedang yang dialami orang dewasa.

2. ITC (In the Canal)

Jenis alat bantu dengar ini dibuat secara khusus agar bisa masuk ke sebagian saluran telinga. Alat bantu dengar ini bisa meningkatkan pendengaran bagi orang dewasa yang memiliki masalah gangguan pendengaran ringan hingga sedang dan tidak direkomendasikan bagi yang gangguan pendengarannya parah.

3. ITE (In the Ear)

Jenis alat bantu dengar ini cocok digunakan bagi sebagian besar orang yang mempunyai masalah pendengaran ringan hingga berat. Biasanya alat bantu dengar ini dipasang tepat di area luar lubang telinga.

4. BTE (Behind the ear)

Jenis alat bantu dengar ini diletakkan tepat di belakang telinga bagian luar yang disambungkan ke lubang suara khusus pada saluran telinga. Alat bantu dengar ini merupakan jenis alat bantu yang paling umum dan bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan pendengaran dari yang ringan hingga yang parah.

5. Receiver in the ear

Jenis alat bantu dengar ini mirip dengan BTE hanya saja ukurannya yang lebih kecil dan dihubungkan oleh kabel yang tipis ke speaker yang ditaruh di dalam lubang telinga. Jenis alat bantu dengar ini cocok digunakan hampir sebagian orang yang mempunyai masalah pendengaran.

6. Open fit

Jenis alat bantu dengar ini merupakan variasi alat bantu dengar yang dipasang di belakang telinga dengan tabung tipis. Jenis alat bantu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi yang mempunyai masalah pendengaran ringan hingga sedang. Alat bantu dengar ini dapat membuat saluran telinga sangat terbuka, sehingga dapat memungkinkan suara berfrekuensi rendah masuk ke dalam telinga secara alami dan suara berfrekuensi tinggi menjadi terdengar lebih kuat.

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah gangguan pendengaran kamu bisa menemukan produk alat bantu dengar di Brilliant Hearing. Terdapat berbagai pilihan alat bantu dengar untuk segala usia yang tersedia di Brilliant Hearing. Dengan menggunakan produk alat bantu dengar tersebut maka akan membantu meningkatkan pendengaran kamu sehingga bisa lancar berkomunikasi dengan orang lain.