--> Skip to main content
Menu

Pengertian Dropship dan Macam-Macam Platform Dropship

Dropship online menjadi salah satu cara berbisnis online yang paling banyak peminatnya. Dapat dikatakan bahwa dropship dapat menjadi alternatif bagi mereka yang berkeinginan untuk merintis sebuah usaha akan tetapi terkendala dengan modal yang dimiliki. Lalu seperti apa itu dropship? Nah, bagi yang belum tahu berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian dropship beserta dengan macam-macam platform dropship.

Pengertian Dropship

Pengertian Dropship

Dropship adalah sebuah sistem penjualan dimana dropshipper atau penjual hanya perlu memasarkan serta menjual barang dari pihak lain tanpa harus membeli atau menyetok barang terlebih dahulu. Dengan skema bisnis yang mudah, maka membuat bisnis dropship ini dapat dilakukan dimana saja asalkan ada koneksi jaringan internet.

Sekarang ini telah banyak orang yang menjalankan bisnis dropsip. Barang yang dapat dijual pun sangat beragam karena sekarang ini telah banyak pemasok atau penyedia barang dengan berbagai produk yang menyediakan penjualan dengan sistem dropship untuk mitranya.

Konsep dalam bisnis dropship yaitu dropshipper atau penjual menjadi pihak ketiga yang menghubungkan pemasok atau produksen dengan pembeli. Sering kali bisnis dropship ini disamakan dengan reseller. Namun sebenarnya berbeda karena skema dalam bisnis dropship ini barang dikirim secara langsung dari pemasok kepada pembeli. Dengan demikian penjual tidak perlu repot-repot untuk menyetok barang maupun melakukan pengemasan barang untuk dikirim kepada para pembelinya. Sementara reseller biasanya harus mengeluarkan modal untuk menyetok barang dari pemasok lalu menjualnya kembali.

Dalam skema kerja dropship, penjual atau dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal karena semuanya telah ditangani oleh pemasok. Pekerjaan dropshipper hanyalah memasarkan untuk mencari banyak pelanggan. Dengan kecanggihan teknologi digital seperti saat ini, dropshipper dapat memasarkan dan menjual secara online, bisa melalui e-commerce maupun social media. Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, dropshipper dapat menghubungi pemasok untuk meneruskan pesanan dan mengirimkan pesanan tersebut kepada pelanggan. Dropshipper akan memperolah margin keuntungan dari selisih harga dari tangan pemasok dengan harga jual yang diberikan kepada pembeli.

Macam-Mcacam Platform Dropship

Dimanakah dropshipper bisa menemukan barang yang bisa dijual dengan sistem dropship? Salah satu cara mudahnya bisa melalui platform dropship. Saat ini telah banyak platform dropship yang dapat digunakan. Dalam memilih platform dropship tentunya harus memastikan bahwa platform tersebut terpercaya agar usaha yang dijalani tetap berjalan lancar. Adapun beberapa platform aplikasi dropship terbaik di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. ResellerDropship

Ada berbagai fitur pada ResellerDropship, diantaranya yaitu fitur pengiriman dropship, cek stok online, garansi pengembalian barang 30 hari, garansi perbaikan 3 bulan dan lain-lain. Selain itu menyediakan juga fitur upload ke WhatsApp dan Instagram tentunya ini akan sangat membantu bagi yang ingin berjualan di media sosial.

2. Sahabat Dropshipper

Platormfom dropship ini selain dapat mendaftar sebagai dropshipper juga bisa mendaftar sebagai supplier produk. Platform dropship ini dilengkapi dengan berbagai keunggulan diantaranya yaitu menyediakan produk siap jual, white label dropship, website toko online, fitur resi otomatis untuk dropship.

3. Dropshipper

Aplikasi yang memiliki slogan Aplikasi Dropship Terbaik ini berfokus pada tren produk fashion yang kekinian yang tentunya banyak diminati oleh konsumen. Dengan menggunakan palatform ini dropshipper dapat memilih produk fashion sendiri yang ingin dijual sesuai dengan keinginan. Adapun produk-produknya yaitu pakaian pria, wanita, anak-anak, tas, sepatu, aksesoris, pakaian muslim dan lain-lain. Menariknya di platform ini ada cashback yang bisa didapatkan.

4. INDOHP

Dengan menggunakan platform ini, dropshipper dapat membagikan prdouk yang ada di platform ini untuk menjualnya kepada pembeli sehingga bisa mendapatkan komisi yang menguntungkan. Selain itu, diplatform ini dropshipper juga bisa mendapatkan keuntungan lain misalnya afiliasi hingga 30 hari, support promosi, analisa laporan, komisi tambahan dan banyak hal lainnya yang menguntungkan.

5. Tokodistributor

Platform dropship ini memiliki keunggulan yaitu beli satuan dengan harga grosiran. Platform ini menawarkan banyak pilihan produk mulai dari produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, aksesoris, dan lain-lain.

Demikian penjelasan tentang pengertian dropship dan macam-mcacam platform dropship, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.