--> Skip to main content
Menu

Perbedaan Cloud Hosting dan Virtual Private Server (VPS Hosting)

Hosting merupakan media yang digunakan untuk menyimpan berbagai file atau data yang ada dalam sebuah website. Ada bebagai jenis layanan hosting yang bisa dipilih untuk pembuatan website. Beberapa jenis hosting diantaranya adalah cloud hosting, Virtual Private Server hosting, shared hosting, dan dedicated hosting. Dari beberapa jenis hosting tersebut yang harganya hampir sama yaitu Cloud hosting untuk yang level high dengan Virtual Private Server Hosting. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Mungkin pertanyaan ini sering kali menjadi pertanyaan bagi orang yang akan memilih layanan hosting. Jika kamu juga merasa bingung dalam menentukan pilihan, maka simak penjelasan tentang perbedaan cloud hosting dan virtual private server (VPS Hosting) yang kami tulis di sini.

Perbedaan Cloud Hosting dan Virtual Private Server

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan hosting yang bekerja dengan mengandalkan sumber daya dari beberapa server virtual secara bersamaan yang ada dalam satu kelompok. Sistem kerjanya seperti halnya awan yang bisa menumpuk dan menjadi besar, hal inilah yang membuat layanan hosting tersebut disebut sebagai cloud hosting.

Karena bekerja dengan beberapa server, maka performanya pun menjadi baik, bisa menyeimbangkan beban load dan memaksimalkan uptimenya. Jadi jika ada salah satu server yang mengalami masalah misal sedang sibuk, proses maintance atau ada gangguan tertentu maka trafik akan di route ke server yang lain secara otomatis. Dengan demikian website masih dapat menerima trafik pengunjung.

Dalam penggunaannya, cloud hosting ini bisa digunakan dengan mudah tanpa harus mempunyai keahlian khusus karena telah didesain sedemikian rupa dengan berbagai fitur di dalamnya. Jadi kamu tinggal menggunakannya saja. Jika kamu ingin menggunakan cloud hosting, kamu tidak perlu bingung karena saat ini banyak penyedia hosting yang menawarkan cloud hosting murah.

Penggunaan cloud hosting ini jika diibaratkan itu ibarat sebuah aparteman dimana biasanya telah didesain sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Sehingga, pengguna yang menyewa hanya tinggal menggunakan saja.

Kelebihan Cloud Hosting

  • Jika ada masalah ada server yang membackupnya.
  • Lebih hemat dari segi tenaga maupun biaya.
  • Tidak memerlukan kemampuan teknis terkait Cloud hosting.
  • Skalabilitas dan Fleksibilitas.

Kekurangan Cloud Hosting

  • Kustomisasi yang terbatas.
  • Kecepatan server tergantung kecepatan internet yang dipakai.
  • Rentan cyber-attack.

Pengertian Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server adalah jenis hosting yang bekerja menggunakan sumberdaya dari server fisik yang sangat besar. Kapasitas dari server fisik tersebut kemudian dibagi-bagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil. Walaupun menggunakan server fisik yang sama, server virtual tidak terhubung antara satu dengan yang lain. Jadi kamu tidak perlu khawatir data VPS mu diakses oleh orang lain.

Untuk memudahkan pemahaman, VPS itu bisa diibaratkan rumah, dimana kamu bisa dengan bebas mendekorasi rumah maupun menambah furniture. Jadi ketika kamu menggunakan VPS ini kamu bisa dengan bebas mengaturnya sesuai dengan kebutuhan websitemu. Akan tetapi sayangnya, dalam penggunaannya diperlukan keahlian teknis terkait VPS. Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakan VPS, tenang saja saat ini sudah banyak kog, penyedia hosting yang menyediakan layanan vps murah Indonesia.

Kelebihan Virtual Private Server

  • Bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.
  • Konfigurasi keamanan diatur sediri secara penuh.

Kekurangan Virtual Private Server

  • Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Cloud hosting.
  • Diperlukan pengetahuan teknis terkait pengoperasian VPS.

Itulah penjelasan tentang perbedaan Cloud Hosting Dan Virtual Private Server, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.