--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kartu Prakerja dan Fungsinya

Sekarang ini kartu prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah menjadi topik yang ramai dibicarakan. Lalu sebenarnya seperti apakah kartu prakerja itu? Bagi kamu yang sudah punya tentu sudah tahu, tetapi bagi kamu yang belum punya mungkin belum tahu seperti apa itu kartu prakerja dan apa saja fungsinya beserta syarat-syarat untuk bisa mendapatkan kartu prakerja.

Pengertian Kartu Prakerja dan Fungsinya

Pengertian Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah sebuah kartu yang telah diterbitkan oleh pemerintah dalam program yang digalakkan untuk pelatihan serta pembinaan bagi WNI (Warga Negara Indonesia) yang belum memiliki keterampilan atau yang ingin meningkatkan keterampilan. Berdasarkan penjelasan dari situs Ashefanews, kartu prakerja yang diterbitkan oleh pemerintah ini bisa juga dikatakan sebagai suatu program bantuan dalam bentuk pembiayaan untuk pengembangan kompetensi prakerja yang diantaranya meliputi para pencari kerja, pekerja yang telah di PHK dan bagi yang ingin menambah atau meningkatkan keterampilan termasuk juga para pelaku usaha mikro dan kecil.

Di era industri 4.0 seperti saat ini kartu prakerja dirasa sangat efektif, karena melalui kartu prakerja tersebut nantinya diharapkan dapat membantu dalam menangggulangi masalah kemiskinan. Setiap pendaftar atau pemohon yang telah lolos dalam seleksi akan memperoleh kartu prakerja, dan mereka akan mendapatkan insentif sebesar Rp. 3.550.000. Apabila insentif bantuan tersebut dirinci, maka rinciannya adalah sebagai berikut ini:

  • 1000.000 rupiah untuk biaya pelatihan (tidak dapat dicairkan).
  • 600.000 rupiah per bulan selama 4 bulan (insentif setelah pelatihan).
  • 50.000 insentif survey untuk kebekerjaan.

Dengan memiliki kartu prakerja, maka pemilik kartu prakerja tersebut akan dapat mengikuti pelatihan maupun kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi maupun kemampuan kerjanya. Dalam pelatihan melalui kartu prakerja ini, peserta pelatihan akan mendapatkan kelas sesuai dengan minat yang telah ditentukan. Berawal dari minat inilah nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas para pengguna kartu prakerja.

Di era yang segala sesuatunya serba maju dan modern seperti saat ini, tentu daya saing angkatan kerja tidak boleh dianggap mudah. Oleh karena itulah penting sekali untuk mempunyai kemampuan dan keterampilan yang cukup dalam bidang-bidang tertentu. Selain itu diharapkan juga agar peserta dapat mengembangkan kewirausahaan supaya bisa menjadi lebih maju.

Fungsi Kartu Prakerja

Terdapat beberapa fungsi Kartu Prakerja yang bisa dirasakan bagi mereka yang telah terdaftar. Adapun fungsi dari kartu prakerja diantaranya adalah:

  • Untuk membantu mengurangi biaya dalam hal mencari informasi tentang sebuah pelatihan.
  • Untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang umumnya ditanggung pihak pekerja maupun perusahaan.
  • Untuk menambah dan meningkatkan keterampilan.
  • Untuk menjadi komplemen atau pelengkap dari pendidikan yang formal.
  • Untuk memberikan dorongan kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Untuk bisa memiliki kartu prakerja, terdapat syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar kartu prakerja. Adapun syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk mendaftar kartu prakerja diantaranya adalah berikut:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) bisa dengan dibuktikan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimilikinya.
  • Setidaknya telah berusia lebih dari 18 tahun.
  • Bukan pelajar, tidak sedang sekolah maupun kuliah.
  • Mengenai informasi syarat dan ketentuan lebih lanjut yang secara lengkap bisa dengan membuka situs: https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian kartu prakerja dan fungsinya beserta syarat mendaftar kartu prakerja. Semoga dengan penjelasan di atas kamu bisa tahu apa itu kartu prakerja.