--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Game Solitaire dan Bagaimana Cara Memainkannya

Bagi kamu generasi 90-an mungkin sudah sangat familiar dengan game Solitaire. Hal tersebut karena game Solitaire merupakan game bawaan windows yang sangat popular di zamannya. Banyak orang yang memainkan game ini untuk melepas penat dari pekerjaannya atau hanya untuk sekedar mengisi waktu luangnya. Namun, di OS windows terbaru game solitaire bukan program default lagi. Bagi pecinta game solitaire jika ingin memainkannya bisa menginstall secara manual atau lebih mudahnya bisa memainkannya secara online di situs solitaire.org. Bagi yang belum tahu seperti apa itu game solitaire dan bagaimana cara memainkannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Game Solitaire

Apa Itu Game Solitaire

Solitaire adalah game menyusun kartu dimana pemain harus menyusun 52 kartu secara berurutan untuk bisa memanangkan permainan. Ketika bermain game solitaire, kamu sebagai pemain dituntut untuk membuat strategi supaya semua kartu bisa kamu susun dengan benar. Jadi, selain sebagai hiburan game solitaire ini juga dapat mengasah otak dan meningkatkan daya konsentrasi pemainnya.

Cara Main Game Solitaire

Di sini kami contohkan cara bermain Game Classic Solitaire. Sebelum memainkan game solitaire, kamu perlu memahami terlebih dahulu tujuan permainan ini yaitu menciptakan 4 tumpukan kartu lengkap secara urut, mulai dari kartu AS hingga kartu King.

Classic Solitaire

1. Perhatikan tumpukan kartu yang ada

Perhatikan tumpukan kartu yang ada, jika ada kartu AS, maka tempatkan kartu tersebut di bagian Goal, yaitu 4 kolom kosong di bagian atas untuk mengurutkan kartu. Setiap Goal hanya bisa menampung satu jenis kartu dengan urutan As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, Jack, Queen, dan King.

2. Pindahkan kartu yang dibutuhkan

Dalam permainan ini, tidak semua kartu dapat dinaikan ke Goal secara langsung. Hal itu karena Goal harus tersusun sesuai jenis kartu dengn urutan kartu dari As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, Jack, Queen, dan King. Sebagai gantinya kamu dapat memindahkan kartu ke bagian tumpukan kartu yang tersusun di bawah untuk mengatur urutan kartu-kartu yang ada. Pemindahakn kartu hanya dapat dilakukan pada kartu yang terbuka. Kartu yang dipindah ke atas kartu lain harus berbeda warna dan memiliki angka yang lebih kecil. Sebagai contoh kartu 7 hati dipindahkan ke tumpukan kartu 8 keriting.

Jika Kamu kehabisan langkah permainan untuk memindahkan kartu gunakan tumpukan kartu cadangan. Teruskan memindahkan kartu-kartu di atas kartu yang lain hingga Kamu tidak bisa memindahkan kartu lagi. Setiap tumpukan kartu warnanya harus berselang-seling dan mempunyai urutan kartu yang nilainya menurun.

Jika Kamu mempunyai kartu terbuka yang tertutupi oleh kartu terbuka yang lain, maka Kamu dapat memindahkan kartu di atasnya ke tempat lain yang bisa menampung kartu tersebut sehingga kartu di bawahnya bisa bebas untuk dipindahkan ke tempat lain yang diinginkan. Jika telah memindahkan semua kartu yang terdapat di salah satu dari ketujuh tumpukan kartu sehingga menjadikannya kosong, maka hanya boleh memindahkan kartu king ke tempat yang kosong tersebut.

3. Permainan selesai

Permainan solitaire selesai apabila 4 kolom Goals bisa terisi penuh dengan tumpukan kartu yang tersusun secara berurutan.

Mencoba Variasi Game Solitaire

Spider Solitaire

Dalam permainan Spider Solitaire ini terdapat 3 mode game yaitu easy, medium dan hard. Tujuan permainan ini yaitu menciptakan urutan kartu menurun mulai dari kartu King hingga As dari jenis kartu yang sama pada sepuluh tumpukan kartu. Jika Kamu telah berhasil menyelesaikan satu tumpukan dengan urutan menurun dari kartu King hingga As, Kamu boleh menempatkannya di dalam tempat penampung. Kamu harus membuat tumpukan urutan menurun sebanyak delapan kali. Kamu tidak bisa menggunakan tempat penampung sebagai tempat untuk kartu sementara.

Spider Solitaire

Terdapat 10 tumpukan kartu, di mana 4 tumpukan masing-masing berisi 6 kartu, dan 6 tumpukan yang lain masing-masing berisi 5 kartu. Dari masing-masing tumpukan kartu, Hanya kartu teratas yang terbuka. Sisa kartu ditaruh di tumpukan kartu cadangan.

Kamu bisa menciptakan tumpukan kecil (contohnya kartu 9, 8 dan 7 daun) dan menempatkannya pada kartu 10 hati atau jenis kartu yang lain pada saat Kamu membuat tumpukan kartu kecil yang lain. Permainan akan berakhir pada saat semua tempat penampung telah terisi.

Golf Solitaire

Dalam permainan Golf Solitaire terdapat 7 tumpukan kartu yang masing-masing terdapat 5 kartu terbuka, sementara semua kartu yang lain tertutup berada di tempat kartu cadangan. Kartu cadangan teratas diletakkan terbuka disebut tumpukan Talon. Tujuan permainan Golf Solitaire yaitu memindahkan semua kartu terbuka yang ada di dalam 7 tumpukan kartu ke dalam tumpukan talon.

Golf Solitaire

Dalam memainkannya kamu bisa memindahkan kartu yang terbuka ke Talon jika nilai kartunya satu angka di atas atau di bawah kartu yang terdapat di tumpukan Talon. Kamu tidak bisa memindahkan kartu apabila kartu tertutup oleh kartu lain. Apabila Kamu tidak bisa memindahkan kartu, Kamu bisa membuka kartu lain dari kartu cadangan dan menaruhnya di tumpukan Talon.

Permainan dapat dimenangkan apabila semua kartu dapat dipindahkan ke tumpukan Talon. Apabila pemain macet dan tidak dapat digerakkan lagi, maka kamu kalah dalam permainan ini.

Selain permainan solitaire classic, spider dan golf, di situs solitaire.org terdapat juga permainan solitaire variasi yang lain, tentunya sangat seru untuk dimainkan. Beberapa variasi permainan solitaire yang lain yaitu Solitaire Klondike, Solitaire Freecell, Solitaire Pyramid, dan Solitaire Tripeaks.

Itulah penjelasan tentang apa itu game solitaire dan bagaimana cara memainkannya, yang saat ini tersedia dalam bentuk game online. Semoga dapat bermanfaat.