--> Skip to main content
Menu

Fungsi dari VPS, serta Rekomendasi Pilihan Terbaik yang Murah

Pemilihan hosting untuk website perlu dipertimbangkan dengan matang. VPS adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan.

Fungsi dari VPS

Berdasarkan kepanjangannya yaitu Virtual Private Server, VPS merupakan sebuah server pribadi. Tidak seperti shared hosting yang harus berbagi dengan pengguna lain, di VPS, penggunaan hosting hanya untuk user tersebut.

Sekilas mirip dedicated hosting, namun kalau boleh dibandingkan, dedicated hosting ibarat sebuah rumah dan VPS ibarat satu ruang di dalam rumah tersebut. Ruangan itu didedikasikan penuh untuk memenuhi kebutuhanmu serta dapat didesain dan dikonfigurasi secara private.

Itulah mengapa, VPS lebih murah daripada dedicated hosting serta cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis yang membutuhkan server pribadi dengan harga terjangkau.

Mari mengenal lebih jauh dengan mengetahui fungsi dari VPS dalam daftar berikut ini. Simak sampai akhir untuk mendapatkan rekomendasi VPS murah terbaik.

Fungsi dari VPS

Fungsi VPS sangatlah beragam dan tercatat ada 5 fungsi yang harus kamu ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. VPS Berfungsi Sebagai Web Hosting

Web hosting adalah salah satu fungsi dari VPS, yakni menyimpan situs web atau aplikasi web agar mudah diakses di berbagai perangkat, seperti selurer, tablet, ataupun desktop.

Sumber daya yang diberikan VPS lebih tinggi daripada hosting murah, namun tidak lebih mahal dari directed hosting.

2. VPS Berfungsi Sebagai Backup Server

Berperan sebagai backup server merupakan salah satu fungsi dari VPS. Mengapa berfungsi demikian?

Fungsi ini dilatarbelakangi dari masalah yang kerap muncul pada sistem perhostingan, yakni ancaman yang dapat mengganggu dan berpotensi kehilangan data website. Untuk mengantisipasinya VPS berperan sebagai server sementara untuk menyimpan data. Sehingga ketika data di server utama hilang, kamu hanya perlu melakukan restore dengan mudah.

3. VPS Berfungsi Sebagai File Hosting

Fungsi selanjutnya dari VPS yaitu sebagai file hosting. Mendengar istilah file hosting, sebagian dari kamu mungkin merujuk pada situs-situs file hosting seperti Google Drive atau Dropbox.

Dalam hal ini, VPS menawarkan ruang penyimpanan lebih besar daripada layanan-layanan tadi yang kerap kali dibatasi. Adapun fitur file hosting yang ditawarkan mencakup gambar, video, layanan file sharing, penyimpanan software, dan lain sebagainya.

Di samping itu, file hosting yang tersimpan di VPS dapat diakses oleh orang lain.

4. VPS Berfungsi Sebagai VPN

Fungsi dari VPS berikutnya yakni berperan sebagai penyedia layanan VPN. Ini sangat berguna ketika kamu membutuhkan koneksi pribadi.

VPS nantinya akan menghubungkan antar perangkat. Namun, integrasi sambungan di dalamnya terjamin aman. Berbeda dengan fungsi file hosting yang dapat diakses oleh siapa saja, fungsi VPS sebagai VPN tidak dapat bisa diakses oleh sembarang orang.

5. VPS Berfungsi Sebagai Server Remote

Selain berfungsi sebagai penyedia layanan VPN, VPS juga dapat berfungsi sebagai server remote. Fungsi ini sangat bermanfaat, terutama jika kamu membutuhkan kerja remote untuk desktop. Bagaimana caranya?

Yakni dengan menggunakan VPS. Jadi, nantinya kamu bisa menyimpan bot dalam server tersebut. Bot itu akan menjalankan perintah otomatis sesuai dengan instruksi yang sudah ada. Nah, instruksi ini dapat disetting sesuai kebutuhan.

Itu baru salah satu cara saja. Masih ada cara lainnya untuk mempermudah kamu melakukan server remote dengan VPS.

Itulah tadi fungsi dari VPS yang dapat kamu ketahui.

Kamu sedang menggunakan jenis hosting lain? Atau, masih bingung kapan akan beralih ke VPS mengingat harganya lebih mahal dari shared hosting. Ikuti petunjuk di bawah ya untuk mengenali kapan waktu yang tepat seharusnya menggunakan VPS.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Untuk mempermudah kamu, perhatikan daftar kondisi berikut. Jika jawabannya YA semua, artinya kamu harus segera menggunakan VPS.

  • Apakah jumlah traffic saat ini melebihi kapasitas yang ditawarkan hosting sebelumnya?
  • Apakah memerlukan instalasi aplikasi khusus atau modul?
  • Apakah sedang melakukan pengembangan virtual untuk tujuan pengujian?
  • Apakah sistem hosting meminta akses root ke server website?
  • Apakah perusahaan berencana menghadirkan proses transaksi keuangan atau data sensitif di website?

Jika membuat website hanya ditujukan untuk mempelajari hal-hal dasar, seperti WordPress, FTP, cPanel, maka tidak perlu menggunakan VPS. Akan tetapi, alangkah lebih baik sejak awal menggunakan VPS, terutama jika ditujukan untuk pembuatan website bisnis yang akan dikelola dalam jangka panjang.

Tips Memilih VPS Terbaik untuk Website Kamu

Layanan VPS ditawarkan berbeda-beda. Pilih yang terbaik untuk bisnis kamu dengan mempertimbangkan beberapa hal ini.

  • Pastikan harganya terjangkau.
  • Memberikan kapasitas serta jenis disk drive yang sesuai dengan yang kamu butuhkan, apakah itu berbasis SATA, SAS, atau SSD.
  • Memberikan layanan sistem backup.

DomaiNesia adalah layanan penyedia VPS murah di Indonesia, namun dengan performa yang baik, fitur terbaru, serta sumber daya yang optimal. Layanan VPS ini juga sudah ditunjang dengan High-availability dengan 3X replikasi data, serta dukungan Distributed dan Hybrid Storage.

Dapatkan promo dengan mengunjungi DomaiNesia untuk mendapatkan paket VPS murah yang sesuai dengan kebutuhan.