--> Skip to main content
Menu

Pengertian Jenis dan Dampak Game Online

Pengertian jenis dan dampak game online – Apa itu game online? Seperti apakah game online itu? Sekarang ini kata-kata game online sudah tidak asing lagi, karena banyak media yang memberitakan tentang game online. Kita sendiri mungkin juga sering memainkan game online lewat smartphone dan komputer. Tentunya secara sekilas sudah banyak yang tahu dengan apa yang dimaksud dengan game online. Namun bagi kamu yang mungkin belum tahu dengan apa yang dimaksud game online. Maka di sini kamu bisa membaca penjelasan secara rinci tentang arti dari game online. Di sini sini selain kami bahas tentang pengertian game online secara umum juga kami bahas pengertian game online menurut para ahli. Tidak hanya definisi game online saja, di sini juga kami tambahkan penjelasan tentang jenis jenis game online dan dampak game online. Langsung saja simak penjelasan tentang pengertian game online dan dampaknya serta jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Jenis dan Dampak Game Online

Pengertian Game Online

Arti kata game online itu berasal dari 2 kata dalam bahasa Inggris yaitu game dan online. Game artinya permainan dan online artinya dalam jaringan (daring). Apabila kedua kata tersebut digabungkan, maka akan terbentuk sebuah makana baru yang tidak jauh-jauh dari makna dasar dari kedua kata tersebut.

Pengertian game online adalah sebuah jenis permainan yang hanya bisa dimainkan apabila perangkat yang digunakan untuk bermain game terkoneksi dengan jaringan internet. Jadi, jika seseorang ingin bermain game online, maka perangkat yang dia gunakan harus terhubung dengan jaringan internet. Jika tidak terhubung, maka game online tersebut tidak bisa dimainkan. Biasanya game online memungkinkan satu pemain (player) game untuk dapat saling terhubung dengan pemain yang lain. Sehingga hal tersebut dapat memungkinkan pemain satu dnegan pemain yang lainnya saling berkontak, baik itu dalam bentuk permainan (seperti pukul-memukul, kejar-kejaran, dan lain-lain) atau bisa juga saling berkirim pesan. Tentunya hal itu mirip seperti layanan pada layanan sosial media.

Atau definisi game online adalah game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Umumnya permainan yang dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan oleh penyedia jasa online dan disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online. Terdapat banyak jenis Permainan online, dari mulai permainan sederhana berbasis teks sampai permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang dapat dimainkan oleh banyak pemain sekaligus.

Pengertian Game Online Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang apa itu game online. Berikut ini adalah pengertian game online menurut para ahli dan tahunnya:

1. Pengertian Game Online Menurut Bobby Bodenheimer (1999)

Bahwa pengertian game online adalah program permainan yang terhubung lewat jaringan yang bisa dimainkan kapanpun, di manapun dan bisa dimainkan secara bersamaan berkelompok di seluruh dunia dan permainan tersebut menampilkan gambar-gambar yang menarik seperti yang diinginkan, yang didukung oleh komputer.

2. Pengertian Game Online Menurut Andrew Rollings & Ernest Adams (2006)

Game online adalah sebuah teknologi dibandingkan sebagai suatu genre atau jenis permainan, suatu mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama dibandingkan pola-pola tertentu dalam suatu permainan.

3. Pengertian Game Online Menurut Agus Hermawan (2009)

Menyatakan bahwa definisi dari game online adalah suatu jenis permainan yang dapat dimainkan secara daring yang bisa dikelompokan menjadi 10 kategori yaitu Manager Simulation, Action Adventure Games, Adventure Games, Action Games, Vehicle Simulation, Construction and Management Simulation Games, Life Simulation Games, Role Playing Game (RPG), First Person Shooter (FPS), dan Real Time Strategi (RTS).

4. Pengertian Game Online Wikipedia

Menurut Wikipedia, game online adalah game komputer yang bisa dimainkan oleh multipemain dengan memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet) sebagai medianya.

5. Pengertian Game Online Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Definisi game online menurut KBBI yaitu dipisahkan menjadi 2 kata yaitu game dan online. Kata “Game” dalam bahasa Indonesia berarti permainan, sedangkan kata “online” berarti daring. Arti permainan dalam KBBI adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, sedangkan daring adalah sesuatu yang terhubung dalam jaringan internet. Jadi bisa disimpulkan bahwa permainan game online atau permainan daring yaitu sesuatu (dalam hal ini video game) yang digunakan untuk bermain dan harus menggunakan jaringan internet.

Jenis jenis Game Online

Berikut ini adalah jenis jenis game online dan penjelasannya.

Jenis Game Online Berdasarkan Tipe Program

1. Game online berbasis file offline Installer

Suatu game yang bisa diinstall di perangkat tanpa terhubung ke internet. Tetapi untuk memainkan game ini, harus terhubung ke jaringan internet.

2. Game online berbasis Web

Suatu game yang memanfaatkan peramban web (browser) seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Jadi, seorang gamer jika ingin memainkan game jenis ini cukup dengan membuka browser kemudian mengetik alamat url game online. Setelah itu buka dan game online pun bisa dimainkan tanpa harus melakukan proses instalasi.

Jenis Game Online Berdasarkan Jenis Permainan

1. Real Time Strategi (RTS)

Game RTS adalah jenis game online peperangan yang biasanya pemain dalam game tersebut diharuskan mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan. Contoh game RTS yaitu Warcraft, Rise of Nations, dan Age of Empire.

2. First Person Shooter (FPS)

Game FPS adalah jenis game online yang biasanya berhubungan dengan tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Contoh game FPS yaitu Perfect Dark, Quake Blood, Duke Nuke 3D, dan Point Blank.

3. Role Playing Game (RPG)

Role playing game adalah jenis game online yang mempunyai karakter-karakter khayalan yang tentunya hanya ada dalam sebuah dongeng belaka. Terdapat 2 jenis game RPG yaitu Live Action Role Playing (LARP) dan Massively Multiplayer Online Role Game Playing (MMORPG). Contoh role playing game yaitu Ragnarok, Final Fantasy, dan The Lord of The Rings Online.

4. Life Simulation Game

Life simulation game bentuk permainan yang mempunyai karakter seperti yang dapat dilakukan oleh manusia dalam dunia nyata dalam melakukan kegiatan-kegiatannya sehari-hari. Contoh life simulation game yaitu Second Life dan SimLife.

5. Vehicle Simulation

Vehicle simulation merupakan game yang mengharuskan pemainnya untuk dapat mengoperasikan sebuah kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut maupun udara seperti versi aslinya. Contoh game vehicle simulation addalah Orbiter, Tram, dan Flight Gear.

6. Game Action (Aksi)

Game action adalah jenis game yang membutuhkan ketangkasan dari pemainnya. Dalam permainan ini daya reflek sangat dibutuhkan agar karakter yang dimainkan bisa memenangkan permainan. Dalam game ini biasanya memainkan sebuah karakter yang sedang menjalankan misi tertentu.

7. Game Adventure (Petualangan)

Game adventure adalah game petualangan yang biasanya mengambil tema memecahkan sebuah kasus atau misteri, mencari harta karun dan menyelamatkan karakter lain.

8. Game Action Adventure

Jenis game ini merupakan perpaduan antara game aksi dengan game petualang. Biasanya game aksi petualangan mengharuskan pemainnya untuk memainkan sebuah tokoh karakter yang sedang memecahkan sebuah misteri atau mencari solusi dari masalah yang dihadapi. contoh game action adventure yaitu Indiana Jones dan Tomb Raider.

Jenis Game Online Berdasarkan Jenis Grafis

1. Game online 2 Dimensi (2D)

Merupakan game yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan game 2 dimensi yaitu kualitas gambarnya terlihat kurang enak apabila dibandingkan dengan game 3 dimensi.

2. Game online 3 Dimensi (3D)

Game yang mempunyai grafik penggambaran yang lebih baik sehingga mirip dengan kenyataan. Umumnya permainan dengan grafik 3 dimensi ini mempunyai sudut pandang hingga 360 derjat, sehingga kita dapat melihat secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Namun untuk memainkan game yang grafiknya 3 dimensi diperlukan spesifikasi komputer/ perangkat yang cukup tinggi.

Jenis Game Online Berdasarkan Cara Pembayaran

1. Game online pay to play

Di mana dalam jenis game ini pemain harus membayar sejumlah uang untuk bermain. Beberapa game bisa diinstall/ dimainkan secara gratis, tetapi apabial pemain ingin menaikan level dengan cepat atau membeli suatu barang (item) pada game, maka pemain harus membayar sejumlah uang. Contohnya Ghost online, Rangnarok Online, dan Gunboud. Beberapa game yang membebankan pemainnya dengan biaya langganan untuk memperoleh layanan game yaitu game Final Fantasy XL dan Lineage II.

2. Game online free to play

Jenis game ini tidak membebankan pemainnya dengan biaya apapun, sehingga bisa dimainkan langsung secara gratis. Contohnya yaitu Crossfire, Terra, Travian, dan Subspace. Ada juga game free to play yang disisipi dengan iklan, baik di dalam permainan atau pop-up, seperti pada game Anarchy Online.

Dampak Game Online

Dalam bermain game online ada berbagai damapak yang ditimbulkan. Dampak tersebut ada yang dampak positif dan negatif dari game online.

Dampak Positif Game Online

  • Dapat mengembangkan penalaran/ daya pikir.
  • Dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan.
  • Dapat meningkatkan konsentrasi.
  • Dapat meningkatkan kemampuan membaca.
  • Dapat meningkatkan pengetahuan tentang komputer.
  • Dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.
  • Dapat meningkatkan kemampuan mengetik.
  • Dapat memperoleh teman baru.
  • Dapat menghibur, mengurangi stres dan mengalihkan perhatian.

Dampak Negatif Game Online

  • Bisa membuat kecanduan berlebihan dan lupa dengan segala hal.
  • Membuat diri menjadi malas.
  • Bisa menurunkan kebugaran tubuh.
  • Dapat merusak mata dan saraf.
  • Sulit berkonsentrasi dalam pelajaran maupun pekerjaan.
  • Sulit dalam berinteraksi dan berekspresi.
  • Sosialisasi menjadi berkurang.
  • Apabila mengalami kekalahan secara terus-menerus dapat menimbulkan stress.

Demikian penjelasan yang bisa kami bagikan tentang pengertian jenis dan dampak game online. Semoga apa yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.