--> Skip to main content
Menu

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Dapat menguasai berbagai macam bahasa tentu akan terasa sangat menyenangkan, karena dengan menguasai bahasa kita bisa mudah berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya jika kita ingin berkomunikasi dengan orang Makassar maka kita perlu belajar bahasa Makassar. Mungkin untuk belajar Makassar kita bisa belajar dari orang sana langsung atau mungkin bisa juga belajar secara online pada situs web tertentu seperti situs Monitoringclub.org dalam artikelnya yang berjudul “Kamus Bahasa Makassar Sehari Hari Lengkap 864 Kata plus Lontara Mangkasarak”. Selain itu, kita juga bisa belajar bahasa makassar dari beberapa aplikasi kamus bahasa Makassar yang ada.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Di era yang serba digital seperti saat ini, ada banyak aplikasi kamus bahasa Makassar ke bahasa Indonesia yang bisa kamu temukan dan kamu gunakan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tentunya akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam mengartikan kosa kata bahasa Makassar yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Bagi kamu yang belum bisa berbahasa Makassar dan ingin bisa menuturkan bahasa Makassar, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini ada banyak aplikasi kamus bahasa Makassar yang dapat membantu kamu. Adapun beberapa aplikasi kamus bahasa Makassar terbaik yang bisa kamu gunakan diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kamus Bugis Offline

Aplikasi pertama yang perlu kamu coba yakni aplikasi Kamus Bugis Offline. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline, jadi tanpa terkoneksi dengan internet pun kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini diantaranya adalah penelusuran, kosakata lengkap, teks penelusuran terjemahan mudah di copy paste, interface sederhana mudah digunakan, dan zoom halaman.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat belajar mendalami bahasa Makassar secara mudah. Hal itu karena apalikasi kamus bugis ini menampilkan terjemahan bahasa bugis atau bahasa Makassar yang ditata sesuai urutan abjad. Tidakhanya itu saja, aplikasi ini cukup ringan digunakan dan tidak membuat ponsel menjadi lemot karena ukurannya kecil yaitu 3,2 MB. Hal menarik lainnya dari aplikasi yang dikembangkan oleh Developer Al Barokah yaitu bisa diinstall di Android dengan minimal versi android 2.3.

2. Kamus Bahasa Bugis Offline

Nama aplikasi yang satu ini memang mirip seperti yang telah kami jelaskan di atas, namun aplikasi ini berbeda meskipun fungsinya serupa. Dengan menggunakan aplikasi kamus Bahasa Bugis Offline ini kamu dapat dengan mudah menterjemahkan berbagai kata dalam bahasa Makassar atau bahasa bugis ke dalam bahasa Indonesia begitu pun sebaliknya.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini tanpa perlu tersambung dengan internet. Hal menarik dari aplikasi ini adalah kamu bisa mencantumkan usulan frasa sehingga akan tampil turunan kata-kata yang lain ketika hendak menterjemahkan. Sebagai contoh ketika menulis sebuah kata “kamu”, maka bisa menampilkan frasa “dirimu”. Ukuran aplikasi ini cukup kecil yaitu 6,5 MB dan bisa dipakai pada ponsel android dengan spesifikasi minimal android versi 4.1. Aplikasi ini diterbitkan oleh developer Parchus Studio.

3. Kamus Bugis

Seperti pada aplikasi-aplikasi yang telah kami sebutkan di atas, aplikasi kamus bugis ini adalah aplikasi kamus bahasa makassar yang dapat digunakan untuk menterjemahkan dari bahasa bugis atau Makassar ke bahasa Indonesia. Menariknya di aplikasi ini selain dapat menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, juga bisa menterjemahkan dari bahasa bugis ke bahasa Inggris.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Makassar Terbaik

Dengan demikian, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh orang luar negeri yang ingin mempelajari bahasa Makassar atau bahasa bugis. Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah aplikasinya cukup lengkap, kemudian frasa atau katanya ditata secara urut sesuai urutan abjad. Sehingga, hal ini akan memudahkan siapa saja yang menggunakan aplikasi ini untuk belajar bahasa Makassar. Untuk tampilannya aplikasi ini sederhana dan nyaman digunakan. Ukuran aplikasi yang diterbitkan oleh developer Douglas Laskowske ini sangat kecil yaitu 2,7 MB.

Demikian beberapa daftar aplikasi kamus bahasa makassar terbaik, semoga informasinya bermanfaat.