Skip to main content

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pengertian internet dan sejarah internet - Sekarang ini, siapa sih yang tidak pernah mendengar istilah internet? Dapat dipastikan hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah tidak asing lagi dengan apa itu internet. Secara sekilas mungkin definisi dari internet sudah dapat kamu rumuskan. Bahkan sekarang, hampir seluruh aspek pekerjaan dalam lingkungan kita mengandalkan yang namanya internet. Selain itu sudah bukan hal rahasia lagi, untuk mencari segala macam solusi maupun jawaban dapat kita cari di Internet. Jadi tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan apa yang dimaksud internet kan. Nah untuk memperdalam seperti apakah internet itu, maka dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang arti dari internet secara rinci baik secara umum maupun pengertian internet menurut para ahli. Bagaimana penasaran dengan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan internet? Simak penjelasan tentang pengertian internet dan sejarah internet secara singkat berikut ini.

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pengertian Internet

Internet merupakan salah satu pengembangan aplikasi komputer. Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking yang merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia (Word Wide Network) sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace) di mana antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Melalui Internet anda dapat mencari berbagai informasi dengan cepat, seperti yang berhubungan dengan bidang pendidikan, hiburan, teknologi, ekonomi, politik, dan informasi dunia aktual lainnya sehingga akan mempermudah atau menunjang pekerjaan anda.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi internet menurut para ahli:

1. Pengertian internet menurut Oetomo (2002)

Internet ialah singkatan dari international network, yang juga didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang sangat besar, di mana jaringan komputer tersebut terdiri atas beberapa jaringan kecil yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

2. Pengertian internet menurut Sibero (2011)

Internet merupakan singkatan dari Inter-connected Network yaitu sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global.

3. Pengertian internet menurut Allan 2005

Pengertian internet menurut Aallan yaitu bahwa internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain secara fisik dan juga mempunyai kemampuan dalam membaca serta menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering dikenal sebagai IP (Internet Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol). Oleh Alan, protokol sendiri didefinisikan sebagai sebuah spesifikasi sederhana tentang bagaimana dua atau lebih komputer bisa saling bertukar informasi.

4. Pengertian internet menurut O'brien (2003)

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang sekarang ini berkembang dengan pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga dalam jaringan pemerintahan yang bisa saling terhubung antara satu dengan yang lain, di mana dengan jumlah penggunaannya dapat berkembang lebih dari 200 negara.

5. Pengertian internet menurut Lani Sidharta

Pengertian internet menurut Lani Sidharta 1996, bahwa internet ialah sebuah bentuk interkoneksi dari suatu jaringan komputer, di mana bisa memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Internet juga terbukti sebagai rekan virtual atau maya yang ampuh, yang sering digunakan dalam media bisnis, hiburan semata, bahkan politik.

6. Pengertian internet menurut Sarwono 2012

Internet adalah sebuah kumpulan jaringan yang mempunyai skala global. Tidak ada satu orang pun yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Pada awalnya internet hanya dipakai dalam kebutuhan militer, tetapi internet sekarang telah merambah pada kepentingan masyarakat sipil dan juga sebagai bentuk hiburan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Sejarah Internet

Sejarah singkat perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakasai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Standford Research Institute (SRI)., Universitas on California of Los Angles (UCLA), Universitas Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Pada saat itu, penggunaan bandwith masih sekitar 50 kbps yang dinikmati oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, Internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. namun seiring dengan perkembangan waktu mualai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyarakat umum.

Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi Word Wide Web atau bisa disebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (Wireles Aplication Protocol).

Menurut situs Internet www.internetwordstats.com, hingga pertengahan tahun 2005 pengguna Internet telah mencapai 938.710.929 jiwa manusia atau sekitar 14, 6 % dari totoal penduduk dunia pada tahun tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah pengertian internet dan sejarah internet yang dapat saya sampaiakan pada postingan artikel kali ini. Semoga postingan yang ada dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar