--> Skip to main content
Menu

Pengertian Flowchart, Fungsi, Jenis, Simbol dan Contohnya

Istilah flowchart tentunya sudah tidak asing terdengar khususnya bagi kamu yang sering membangun sebuah program. Dalam membangun sebuah program, flowchart mempunyai peranan yang sangat penting dalam menerjemahkan prosees berjalannya suatu program supaya bisa mudah dipahami. Lalu seperti apa itu flowchart? Nah, bagi kamu yang belum tahu mungkin kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian flowchart, fungsi, jenis, simbol dan contohnya berikut ini.

Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah diagram alur atau bagan alur yang menggambarkan urutan, langkah, dan keputusan dalam melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dengan simbol-simbol tertentu yang saling terhubung dengan menggunakan garis atau tanda arah panah.

Dapat pula dikatakan bahwa flowchart adalah sebuah grafis yang berupa diagram untuk menggambarkan langkah-langkah, urutan dan keputusan dalam melakukan sebuah proses dari suatu program. Flowchart disebut juga sebagai Diagram alir atau bagan alur.

Fungsi Flowchart

Terdapat beberapa fungsi flowchart yang perlu kamu ketahui. Adapun fungsi flowchart yaitu:

  • Memberikan gambaran proses secara visual.
  • Mengelola alur kerja (workflow) dari sebuah proses.
  • Membantu mendokumentasikan proses menjadi lebih efektif.
  • Membantu rancangan program menjadi universal.
  • Memastikan program dibuat sesuai alur sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jenis-Jenis Flowchart

Diagram flowchart mempunyai 5 jenis yang masing-masing dari jenisnya mempunyai karakteristik penggunaan . Adapun jenis-jenis folwochart tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Flowchart dokumen

Flowchart dokumen atau yang disebut sebagai paperwork flowchart merupakan flowchart yang berfungsi untuk menelusuri alur form dari bagian satu ke bagian yang lain. Termasuk juga bagaimana proses yang dilakukan, cara penyimpanannya dan beberapa hal lainnya.

2. Flowchart program

Flowchart program adalah flowchart yang berfungsi untuk mengambarkan secara detail tentang semua alur proses dari suatu program komputer (software). Flowchart program ini terbagi ke dalam 2 jenis yakni program logic flowchart atau flowchart logika program dan detailed computer program flowchart atau flowchart program komputer.

3. Flowchart proses

Flowchart proses adalah sebuah flowchart yang dapat digunakan untuuk menggambarkan langkah secara urut dan keputusan yang diperlukan supaya bisa berjalan dengan baik pada suatu sistem.

4. Flowchart sistem

Flowchart sistem merupakan flowchart yang menggambarkan semua flow atau alur yang terjadi di dalam suatu sistem. Tidak hanya itu saja, flowchart sistem juga dapat menguraikan secara rinci urutan dari setiap prosedur yang terdapat pada suatu sistem.

5. Flowchart skematik

Flowchart skematik merupakan jenis flowchart yang sama seperti flowchart sistem. Akan tetapi pada flowchart skematik ini tidak hanya menggunakan simbol saja, bisa juga menggunakan tambahan gambar komputer maupun peralatan yang lain supaya bisa lebih memudahkan bagi orang awam saat membaca diagram flowchart.

Simbol Flowchart

Simbol-simbol yang ada dalam flowchart pada dasarnya mempunyai arti yang berbeda-beda. Adapun penjelasan simbol-simbol yang sering digunakan pada pembuatan flowchart adalah:

Contoh Flowchart

Flowchart dibawah ini mengasumsikan bahwa panjang alas dan tinggi dari segitiga telah diketahui. Adapun flowchart untuk menghitung luas segitiga adalah sebagai berikut:

Sumber: flowchart menghitung luas segitiga - ZendCode

Penjelasan:

  • Flowchart diawali dengan simbol terminator (lonjong) dan yang terakhir juga dengan terminator.
  • Langkah yang pertama deklarasikan variabel untuk luas, alas dan tinggi segitiga. Diwakili menggunakan simbol Preparation sebagai tanda langkah untuk persiapan.
  • Input panjang alas dan tinggi segitiga. Bisa diwakili menggunakan simbol input atau output yang berbentuk jajar genjang kuning.
  • Yang terakhir menampilkan hasilnya "Luas L".

Demikian penjelasan tentang pengertian flowchart, fungsi, jenis, simbol dan contohnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.