--> Skip to main content
Menu

Pengertian Bitcoin dan Cara Mendapatkan Bitcoin

Saat ini berbagai macam koin crypto telah bermunculan, sehingga tidak heran jika masyarakat Indonesia banyak yang mencari informasi tentang harga crypto hari ini rupiah. Nah, salah satu jenis koin crypto yang nilai tukarnya telah mengalami kenaikan yang signifikan adalah Bitcoin. Mungkin nama Bitcoin sudah banyak dikenal masyarakat bahkan dikalangan masyarakat awam sekalipun. Akan tetapi masih banyak yang salah paham tentang koin yang pertama kali ada dalam dunia crypto. Maka dari itulah agar tidak salah paham bisa menyimak penjelasan yang kami tulis ini tentang pengertian bitcoin dan cara mendapatkan bitcoin.

Pengertian Bitcoin

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang crypto atau koin crypto yang pertama dalam dunia crypto. Bitcoin sendiri diciptakan oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Sebagai pelopor dalam dunia crypto, bitcoin menjadi sangat popular dan mempunyai harga yang relatif tinggi. Mengenai bentuknya, bentuk bitcoin bukanlah seperti mata uang fisik yang diterbitkan oleh Bank, juga bukan mata uang dari suatu Negara. Namun, bitcoin ini berbentuk digital atau elektronik layaknya sebuah file yang keberadaannya terdapat dalam jaringan Blockchain.

Bitcoin merupakan mata uang yang tidak terdesentralisasi, itu artinya bitcoin tidak terikat oleh otoritas atau pihak manapun seperti pemerintah atau lembaga. Dengan demikian, bitcoin bisa diperjualbelikan secara bebas melalui jaringan peer-to-peer dalam Blockchain. Dapat dikatakan, bahwa bitcoin ini tidak perlu campur tangan dari pihak ketiga, para pengguna dapat secara langsung membeli bitcoin dari pengguna lain yang menjual bitcoin.

Dalam perkembangannya, bitcoin dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, misalnya untuk membeli server, produk digital, produk fashion dan lain-lain. Selain itu, banyak juga yang menggunakan bitcoin sebagai instrument untuk investasi. Hal itu karena bitcoin dapat memberikan keuntungan bagi para investornya.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Sebagai koin crypto yang berbentuk digital, membuat semua transaksi bitcoin yang telah terkonfirmasi akan tercatat pada Blockchain secara publik. Dengan demikian, semua aktivitas dalam mendapatkan bitcoin dilakukan secara virtual. Lalu bagaimana cara mendapatkan bitcoin? Untuk bisa mendapatkan bitcoin, terdapat 2 cara yang dapat dilakukan, diantaranya yaitu:

1. Membeli Bitcoin

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh pengguna untuk bisa mendapatkan bitcoin dengan mudah. Membeli bitcoin dari pengguna yang menjual bitcoinnya merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Hal itu karena ketika transaksi telah berhasil, maka bitcoin secara otomatis dapat langsung masuk ke dalam wallet pembelinya. Dengan demikian kepemilikan sejumlah bitcoin tersebut dipindahkan ke pemilik yang baru.

Dengan mendaftarkan diri di exchange aset kripto seperti tokocrypto yang telah diawasi oleh BAPPEBTI, pengguna yang telah terverifikasi bisa mendepostikan dana ke wallet digital yang kemudian bisa digunakan untuk membeli bitcoin.

2. Menambang Bitcoin

Dikalangan penggiat bitcoin, menambang bitcoin ini bisa menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bitcoin. Cara yang dapat dilakukan yaitu seperti menyelesaikan puzzle matematika yang kompleks dengan perangkat komputer mereka. Tujuan akhirnya adalah agar bisa memverifikasi transaksi jual beli bitcoin sebanyak-banyaknya yang terjadi dalam Blockchain.

Aktivitas menambang dalam hal ini seperti halnya dalam suatu kompetisi untuk mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan dalam jual beli bitcoin yang jika transaksi sukses, penambang bisa mendapatkan reward dalam bentuk bitcoin. Semakin tinggi kecanggihan komputer yang digunakan, maka kemungkinan besar semakin banyak pula transaksi yang dapat terverifikasi. Dengan demikian reward bitcoin yang akan didapatkannya pun juga akan semakin banyak

Demikian penjelasan tentang pengertian bitcoin dan cara mendapatkan bitcoin, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.