Skip to main content

Pengertian Bencana Alam Secara Umum Jenis Macam Penyebab Bencana Alam

Pengertian bencana alam secara umum jenis macam penyebab bencana alam – Kita mungkin sering mendengar dan melihat berita tentang bencana alam. Apa itu bencana alam? Bisakah kamu menjelaskan definisi bencana alam? Tentunya sudah banyak yang bisa kan, namun tidak ada salahnya kalau di sini kami akan membahas secara rinci tentang apa yang dimaksud dengan bencana alam. Pembahasan di sini selain menjelaskan arti bencana alam secara umum, juga kami bahas tentang pengertian bencana alam menurut para ahli, jenis-jenis bencana alam, macam-macam bencana alam, contoh bencana alam dan penyebab bencana alam. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.
Pengertian Bencana Alam Secara Umum Jenis Macam Penyebab Bencana Alam

Pengertian Bencana Alam

Pengertian bencana alam adalah sebuah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang luar biasa, yang disebabkan oleh alam (banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, kekeringan, angin topan, dan tsunami) sehingga dapat menimbulkan korban jiwa, rusaknya lingkungan, hilangnya harta benda dan dampak psikologis.

Bencana alam pada umumnya terjadi karena adanya perubahan alam, baik itu secara perlahan maupun secara ekstrim. Tetapi, beberapa dari peristiwa bencana alam itu terjadi karena adanya campur tangan manusia, sebagai contoh penebangan pohon yang dilakukan manusia di hutan dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor.

Sekarang ini para ilmuan sedang melakukan berbagai macam upaya supaya bisa mendeteksi terjadinya bencana. Akan tetapi, tidak semua bencana alam bisa terdeteksi secara dini, karena hal tersebut masih merupakan misteri hingga saat ini.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian bencana alam menurut ahli, berikut ini adalah definisi bencana alam menurut para ahli.
  • Pengertian bencana alam menurut Heru Sri haryanto, bahwa bencana yaitu sebuah tragedi terjadinya kerusakan pada pola-pola kehidupan yang normal, yang sifatnya merugikan kehidupan manusia, struktur sosial dan munculnya kebutuhan masyarakat.
  • Pengertian bencana alam menurut Coburn A W, bahwa bencana alam adalah sebuah kejadian atau rangkaian kejadian yang dapat mengakibatkan adanya korban jiwa dan kerusakan, kerugian harta benda, infrastruktur, pelayanan-pelayanan penting (sarana kehidupan) pada satu skala yang berada di luar kapasitas yang normal.
  • Pengertian bencana alam menurut Diva, bencana alam merupakan peristiwa yang terjadi pada alam yang berdampak besar bagi populasi perkembangan makhluk hidup, baik itu manusia, tumbuhan maupun hewan.
  • Pengertian bencana alam menurut Kamadhis UGM, bahwa bencana alam ialah serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh adanya gejala-gejala alam, sehingga peristiwa tersebut menimbulkan kerugian materi, korban jiwa serta kerusakan pada lingkungan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Bencana Alam

Mengacu dari pengertian bencana alam, secara umum jenis-jenis bencana alam berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut ini:
  1. Bencana Alam Geologi
  2. Bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi. Contoh dari bencana alam geologi yaitu tanah longsor, gunung meletus gempa bumi dan tsunami.
  3. Bencana Alam Meteorologis
  4. Bencana alam meteorologi atau bencana alam klimatologis adalah bentuk bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim yang ekstrim. Bencana alam meteorologi dapat terjadi di wilayah mana saja yang mempunyai potensi terjadinya bencana tersebut. Contoh bencana alam meteorologi yang sering terjadi yaitu bencana banjir ketika musim penghujan dan bencana kekeringan ketika musim panas. Bencana tersebut bisa terjadi karena adanya campur tangan dari manusia yang menyebabkan terjadinya Global Warming.
  5. Bencana alam Ekstra-terestrial
  6. Bencana alam ekstra terestrial adalah bencana alam yang terjadi karena adanya sesuatu yang terjadi di luar angkasa. Masyarakat umumnya masih awam akan hal ini, tetapi peristiwa di luar angkasa juga bisa berpengaruh bagi umat manusia di bumi. Contoh bencana alam ekstra terestrial yaitu asteroid yang bisa menghantam bumi, badai matahari, meteor dan yang lainnya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Bencana Alam

Setelah kita memahami seperti apa pengertian bencana alam dan jenis jenisnya, pastinya kita juga perlu tahu apa saja macam-macam bencana alam. Di bawah ini adalah macam-macam bencana alam dan penjelasannya.
  • Bencana alam gempa bumi
  • Bencana alam gempa bumi adalah peristiwa terjadinya getaran atau guncangan yang luar biasa pada permukaan tanah yang disebabkan adanya tumbukan antar lempeng bumi, runtuhan batuan, padatan aktif dan aktivitas gunung berapi.
  • Bencana alam letusan gunung berapi
  • Terjadinya letusan gunung berapi itu karena adanya aktivitas vulkanik/ erupsi. Gunung berapi tersebut bisa mengeluarkan awan panas, gas bercun, hujan debu, banjir lahar, lontaran material bahkan tsunami.
  • Bencana alam tsunami
  • Bencana alam tsunami adalah sebuah peristiwa bencana alam yang terjadi karena adanya serangkaian gelombang ombak laut yang sangat besar yang disebabkan oleh pergeseran di dasar laut karena terjadi gempa bumi. Istilah tsunami itu berasal dari bahasa jepang dari kata tsu yang artinya lautan dan nami yang artinya gelombang ombak.
  • Bencana alam tanah longsor
  • Bencana tanah longsor adalah bencana yang terjadi karena adanya gerakan massa tanah dan batuan ataupun keduanya yang menuruni lereng, hal itu terjadi karena gangguan kestabilan batuan dan tanah penyusun lereng. Faktor yang menyebabkan terjadinya tanah longsor adalah karena hujan lebat di suatu area yang terjal di mana tanah pada area tersebut tidak kuat menahan air karena banyak pohon-pohon yang telah ditebangi. Selain itu tanah longsor juga dapat terjadi karena tanah di suatu area memang kurang padat yang terkena crah hujan yang tinggi, serta konturnya yang miring dan curam.
  • Bencana alam banjir bandang
  • Banjir bandang adalah sebuah peristiwa terendamnya suatu wilayah tertentu dengan tiba-tiba karena adanya jumlah debit air yang besar akibat dari terbendungnya aliran sungai. Banjir bisa terjadi karana adanya curah hujan yang tinggi dan tidak diimbangi dengan saluran pembuangan air yang memadai.
  • Bencana alam angin puting beliung
  • Bencana angin puting beliung adalah angin yang berkecepatan tinggi yang mempunyai pusat, bergerak secara melingkar seperti spiral dengan kecepatan antara 40-50 km/ jam hingga menyentuh pada permukaan bumi. Angin putting beliung biasanya melalui sebuah wilayah hanya dlam waktu yang singkat antara 3-5 menit. Tetapi akibat dari angin puting beliung tersebut dapat menimbulkan kerusakan yang sangat parah.
  • Bencana alam kekeringan
  • Bencana kekeringan terjadi karena suatu kondisi di mana ketersediaan air tidak dapat mencukupi kebutuhan untuk hidup, untuk pertanian, untuk lingkungan dan aktivitas ekonomi. Bencana alam kekeringan dapat terjadi selama berbulan-bulan bahkan ada yang bertahun-tahun sehingga berdampak buruk bagi makhluk hidup yang berada di lingkungan tersebut.
  • Bencana alam kebakaran
  • Bencana kebakaran adalah suatu peristiwa di mana hutan, lahan maupun pemukiman dilanda api sehingga dapat mengakibatkan kerusakan dan kerugian terhadap lingkungan dan ekonomi. Tidak hanya itu, kebakaran juga mengakibatkan bencana asap yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas manusia di sekelilingnya. Peristiwa kebakaran bisa terjadi karena faktor alam, tetapi peristiwa kebakaran kebanyakan diakibatkan karena perilaku manusia yang tidak peduli dengan lingkungannya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Bencana Alam

Berdasarkan jenisnya contoh bencana alam adalah sebagai berikut ini.
  1. Contoh bencana alam geologis adalah gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, tanah longsor dan lain-lain.
  2. Contoh bencana alam meteorologis adalah angin putting beliung, banjir bandang, kekeringan dan lain-lain.
  3. Contoh bencana alam ekstraterestrial adalah badai matahari, hantaman/ impact meteor dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penyebab Bencana Alam

Penyebab terjadinya bencana alam adalah disebabkan oleh alam dan juga ulah manusia. Berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab bencana alam.

1. Bencana Yang Disebabkan Oleh Alam
Umumnya peristiwa bencana alam terjadi karena alam itu sendiri. Ketika alam mengalami suatu perubahan yang sangat ekstrim, maka bisa menimbulkan terjadinya bencana alam, sebagai contoh gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑


2. Bencana Yang Disebabkan Oleh Manusia
Selain disebabkan oleh perubahan alam, bencana juga dapat terjadi karena ulah manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan. Banyak manusia yang melakukan sesuatu yang tidak bertanggung jawab yang pada akhirnya menimbulkan bencana alam.
Beberapa bencana alam yang disebabkan oleh perbuatan manusia adalah:
  • Tanah longsor dapat terjadi karena adanya penebangan hutang secara liar.
  • Banjir dapat terjadi karena membuang sampah sembarangan.
  • Kekeringan terjadi karena pengambilan dan penggunaan air yang berlebihan.
  • Kebakaran hutan terjadi karena membuka lahan baru dengan cara pembakaran pohon.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Baca juga: Pengertian Mitigasi Bencana Alam dan Penanganannya.

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan tentang pengertian bencana alam secara umum jenis macam penyebab bencana alam. Semoga apa yang sudah kami bagikan pada blog temukan pengertian di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar