--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Tali Kapal dan Apa Saja Jenis-Jenis Tali Kapal

Tali kapal merupakan tali yang biasa digunakan untuk mengikat kapal pada haluan. Tidak hanya itu saja, tali kapal juga biasa dipakai pada buritan-buritan kapal. Proses penambatan atau pengikatan kapal yang ada di dermaga sedikitnya menggunakan 4 tali, diantaranya yaitu tali spring bagian depan dan belakang, tali tross kapal depan, dan tali tross kapal belakang. Tidak jarang juga ditambahkan tali tross kapal yang melintang pada kapal yang ukurannya besar.

Tali kapal

Perangkat penting yang biasa digunakan untuk menahan supaya kapal tetap bisa bertahan pada posisinya yaitu tali tambat kapal. Tali inilah yang dapat mempertahankan posisi kapal dari dari arus gelombang atau angin yang sering muncul di perairan. Sebuah kapal atau perahu dapat dikatakan terlambat apabila kapal tersebut telah terikat dengan kuat pada sebuah objek yang terapung, seperti dermaga apung misalnya. Jadi, tali-temali sebagai tali tambat kapal tersebutlah yang kemudian digunakan untuk penambat kapal menuju ke dermaga.

Dalam bidang perkapalan, setiap pekerja yang bekerja sangat penting untuk memahami jenis tali kapal yang sesuai untuk perlengkapan. Adapun jenis-jenis tali tross kapal yang dapat dipakai dalam kegiatan kelautan diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  1. Tali Manila
  2. Tali manila ini merupakan jenis tali tambat kapal yang berbahan serat alami, yaitu serat dari tanaman Abaca. Dalam dunia perkapalan, penggunaan tali kapal manila ini sering kali digunakan untuk pembuatan lashing maupun tangga kapal. Tali tambat kapal manila ini mempunyai ukuran yang bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  3. Tali Nilon
  4. Tali nilon ini merupakan jenis tali tambat kapal yang terbuat dari bahan serat sintetis yaitu serat nilon. Jenis tali tross kapal ini mempunyai serat yang sangat kuat dan fleksibel. Jadi apabila harga tali ini mahal memang wajar mengingat seratnya yang kuat. Ada berbagai keunggulan jika menggunakan tali ini untuk tali tross kapal, yakni mempunyai serat yang kuat dengan daya tahan terhadap paparan sinar matahari yang terbaik, lebih fleksibel dan anti gesekan. Tali kapal ini biasanya dipakai untuk aktivitas mooring, towing, dan lifting. Tali tambat kapal nilon ini mempunyai ukuran yang dapat kamu sesuaikan pemilihannya sesuai dengan kebutuhan.

  5. Tali PP Mono
  6. Tali PP mono (tali PP monofilament) merupakan tali tambat kapal yang berbahan serat buatan yaitu serat polypropylene. Tali tambat kapal ini bisa menjadi pilihan yang baik karena memiliki serat berbahan dasar minyak bumi sehingga membuat tali ini lebih kuat dan tahan terhadap air. Ada berbagai ukuran tali PP mono yang bisa dipakai untuk aktivitas perlengkapan kapal, seperti untuk keperluan aktivitas towing dan mooring.

  7. Tali PP Multi
  8. Tali PP multi (tali PP multifilament) sebenarnya pengaplikasiannya seperti halnya tali kapal PP mono. Ukuran tali kapal PP multi juga bervariasi, jadi bisa memilih sesuai kebutuhan untuk aktivitas mooring ataupun towing.

Nah, untuk memilih tali tross kapal yang tepat mungkin kamu bisa memilihnya di tempat jual tali kapal megajaya.co.id. Di megajaya.co.id menyediakan berbagai jenis tali kapal dengan berbagai ukuran. Tentunya kamu bisa memilih sesuai yang kamu butuhkan agar pekerjaan menambat kapal dapat berjalan baik sebagaimana mestinya.