--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Tech Winter - Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghadapinya

Berdasarkan penjelasan dalam situs arsjadrasjid.com tech winter dapat memberikan impact yang sangat besar dalam perkembangan industri digital. Dimana pada masa ini terjadi penurunan minat dan investasi pada bidang teknologi. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak diantara mereka yang gagal di tengah jalan. Tech winter telah melanda di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. lalu, sebenarnya seperti apa itu tech winter? Dan bagaimana cara menghadapinya? Simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Tech Winter

Pengertian Tech Winter

Tech Winter adalah sebuah istilah menggambarkan situasi perkembangan dalam bidang industri teknologi yang mengalami stagnasi atau keadaan terhenti (tidak bergerak, tidak jalan, atau tidak aktif). Umumnya fenomena ini terjadi pada startup bidang teknologi yang tengah mengalami perkembangan yang pesat dan kemudian terjadi penurunan yang secara drastis.

Ketika terjadi tech winter, banyak diantara perusahaan rintisan yang tumbang satu demi satu karena adanya kendala penurunan investasi dan kekurangan dana operasional. Hal tersebut tentu dapat membuat perusahan mengalami krisis finansial bahkan bangkrut.

Terdapat kondisi yang menandakan bahwa perusahaan mengalami tech winter yaitu perusahaan memberhentikan perekrutan karyawan dan melakukan pengurangan jumlah karyawan secara besar-besaran.

Penyebab Tech Winter

Selain berdampak pada perusahaan startup, tech winter juga berdampak pada beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam bidang teknologi seperti Amazon, Meta, Google dan Twitter. Dimana telah terjadi pemberhentian kerja secara misal sebanyak puluhan ribu pekerjanya.

Menurut analisa pakar eknomi, terjadinya tech winter ini disebabkan oleh beberapa hal seperti pandemi, ketegangan geopolitik antara Ukraina dengan Rusia, dan suku bunga bank sentral Amerika Serikat yang meningkat.

Selain dari beberapa faktor tersebut, tech winter juga imbas dari kurang matangnya sistem manajerial, seperti investasi, pengeluaran anggaran yang tinggi selama pandemi, perekrutan yang secara berlebihan, dan hasil kerja yang kurang maksimal. Untuk menghindari kondisi yang seperti itu, maka perusahaan harus bisa mengatur sistem manajerialnya dengan lebih baik.

Cara Menghadapi Tech Winter

Agar bisa bertahan saat kondisi yang genting, setidaknya perusahan harus bisa melakukan beberapa upaya berikut ini:

1. Berinvestasi secara lebih bijak

Bagi sebuah perusahaan, investasi merupakan hal yang penting agar bisnis bisa berkembang dan nilai perusahaan bisa meningkat. Akan tetapi, apabila tidak dilakukan secara bijak, maka investasi bisa menjadi pemicu krisis finansial yang bisa berdampak buruk pada kelangsungan perusahaan. Maka dari itulah perusahaan harus mempunyai strategi investasi yang terukur, jelas dan mempertimbangkan segala risiko dan potensi keuangan dari setiap investasi yang dilakukannya.

2. Evaluasi kembali bisnis model

Evaluasi bisnis model menjadi sesuatu yang krusial supaya perusahan bisa berkembang dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar. Tujuan proses evaluasi ini adalah untuk identifikasi kelemahan maupun kelebihan dari bisnis model yang telah ada. Selain itu, untuk memastikan bahwa bisnis model tersebut masih relevan dengan perubahan pasar yang ada serta berkelanjutan dan menguntungkan.

3. Penghematan Biaya

Salah satu cara yang tepat untuk menghadapi tech winter adalah dengan membatasi pengeluaran dan meingkatkan pendapatan. Dalam hal ini pemilik perusahaan harus lebih hati-hati dalam mengeluarkan anggaran. Misalnya dalam hal pengeluaran untuk promosi dan pemasaran hingga perekrutan. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga dapat menerapkan sistem otomasi untuk memangkas anggaran operasional yang memang tidak dibutuhkannya.

4. Lebih Selektif Dalam Mekanisme Perekrutan

Perekrutan karyawan secara berlebihan bisa berdampak buruk pada stabilitas keuangan perusahaan karena untuk membayar gaji dan tunjangan karyawan diperlukan biaya yang tinggi. Agar bisa lebih hemat biaya, perusahaan harus lebih berhati-hati dalam melakukan perekrutan karyawan atau bisa juga dengan mempertimbangkan alternatif yang lain seperti outsourcing atau mengembangkan keterampilan karyawan yang telah ada.

Itulah penjelasan tentang apa itu tech winter yang meliputi Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghadapinya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.