--> Skip to main content
Menu

Pengertian Influencer dan Jenis-jenis Influencer

Influencer merupakan sebuah istilah yang sudah sering kita dengar dan sudah tidak asing lagi bagi kita. Terutama bagi yang berkecimpung dalam bisnis digital tentunya sudah sangat familiar dengan istilah influencer. Lalu, seperti apa itu influencer? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang pengertian influencer dan jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Influencer

Pengertian Influencer

Influencer adalah sosok figure yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi keputusan orang lain karena pengetahuannya, otoritasnya, posisinya dan hubungannya dengan para audiensnya. Sedangkan dalam digital marketing atau marketing bisnis, influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain untuk bisa ikut membeli suatu produk tertentu.

Influencer merupakan alat atau sarana promosi, dengan demikian seorang influencer akan menerima pembayaran atas penggunaan jasanya. Tugas seorang influencer yaitu memberikan pengaruh, merubah perilaku audiensnya, merubah opini dengan kreatifitas dan karakter dari influencer itu sendiri. Dalam menjalankan tugasnya, seoang influencer perlu melakukan endorsement. Endorsement merupakan bentuk promosi atau iklan yang dilakukan oleh influencer atau mereka yang dianggap sebagai sosok public figure.

Penjelasan sederhananya, influencer yaitu seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat. Sebagai contoh selebriti, youtuber, blogger, maupun seorang yang dianggap penting dalam suatu komunitas.

Di media sosial seperti tiktok, instagram, twitter atau yang lainnya, seorang influencer dianggap terkenal dan dapat memberikan pengaruh kepada orang banyak jika telah mempunyai ratusan ribu followers, atau mungkin jutaan followers. Meskipun umumnya influencer itu mempunyai jutaan followers, namun seseorang yang hanya mempunyai ribuan followers saja juga dapat dikatakan influencer apabila memang dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap para audiensnya.

Jenis-Jenis Influencer

Terdapat beberapa jenis influencer, baik itu dilihat dari jumlah followersnya maupun media yang digunakannya.

Jenis influencer dari sisi jumlah followers

Adapun jenis influencer dilihat dari sisi jumlah followersnya yaitu sebagai berikut ini:

1. Influencer Mikro

Influencer mikro merupakan seseorang influencer yang mempunyai jumlah followers sekitar 10 ribu followers, atau mungkin di bawah itu. Influencer mikro ini efektif digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

2. influencer Makro

Influencer makro merupakan influencer yang mempunyai jumlah followers lebih dari 100.000 followers di salah satu platform media sosial yang digunakannya. Biasanya seorang influencer makro merupakan seorang yang dikenal luas, meskipun belum seterkenal selebritis. Dengan memiliki banyak followers, influencer makro sangat berpotensi ketika mempromosikan suatu produk. Selain itu dengan menggunakan influencer makro, maka brand atau produk-produk tertentu akan tampak eksklusif.

3. Influencer Premium

Influencer premium merupakan jenis influencer yang mempunyai followers dalam jumlah yang banyak di media sosialnya. Setidaknya influencer jenis influencer premium ini mempunyai lebih dari 1 juta followers di salah satu platform media sosialnya. Influencer premium ini mempunyai jangkauan yang luas dibanding influencer makro, dan tentunya akan lebih berpotensi ketika mempromosikan suatu produk.

Jenis influencer dari sisi media yang digunakan

Jika dilihat dari media sosial yang digunakan oleh influencer, adapun jenis influencer yaitu sebagai berikut:

1. Selebgram

Selebgram atau Selebritis Instagram merupakan public figure yang menggunakan media sosial instagram untuk media promosi suatu produk tertentu. Pekerjaan selebram ini mereka memanfaatkan kepopulerannya untuk bekerja sama atau mempromosikan brand-brand atau perusahaan-perusahaan tertentu.

2. Blogger

Blogger merupakan seorang influencer yang mempunyai atau mengelola suatu blog. Banyak diantara blogger yang menggunakan blognya untuk melakukan review terhadap suatu produk tertentu. Pada saat seorang blogger merekomendasikan suatu produk tertentu, maka hal ini dapat menarik para pembaca blognya untuk mencoba menggunakan produk yang direkomendasikan.

3. YouTuber

Youtuber merupakan jenis influencer yang mengupload videonya ke platform Youtube tentang suatu informasi tertentu, termasuk informasi seputar produk tertentu. Peran seorang YouTuber ini sangat signifikan, hal itu dikarenakan lebih dari 90% pengguna internet bisa mengenal suatu produk baru melalui platform YouTube. Biasanya brand-brand atau perusahaan-perusahaan tertentu akan mengajak kerjasama Youtuber yang mempunyai banyak pengikut untuk menarik perhatian masyarakat pada produknya.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Influencer dan Jenis-jenis Influencer semoga dapat bermanfaat.

Sumber : https://ritaelfianis.id/apa-itu-influencer/