--> Skip to main content
Menu

Pengertian Website dan Jenisnya

Saat ini website merupakan salah satu hal yang tidak dapat terpisahkan dalam keseharian kita. Misalnya dalam mencari informasi di internet pasti kita menemukannya pada sebuah website. Selain itu, pembuatan website banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, mempromosikan produk, hingga mendapatkan penghasilan. Berbicara tentang website, lalu apa itu website? Simak penjelasan tentang pengertian website dan jenisnya berikut ini.

Pengertian Website dan Jenisnya

Pengertian Website

Website atau situs web adalah sekumpulan halaman yang saling terkait dari suatu nama domain yang memuat berbagai macam informasi baik itu berupa teks, gambar, audio, video dan lain-lain. Informasi yang ada pada sebuah website bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat komputer atau smartphone yang terkoneksi dengan internet. Untuk mengaksesnya bisa membuka browser lalu mengetikkan url alamat domain website dan tekan enter atau bisa juga menelusurinya melalui mesin penelusuran.

Website umumnya mempunyai halaman utama yang disebut sebagai homepage atau halaman beranda. Homepage ini akan terbuka ketika pertama kali mengakses nama domain. Dari sinilah, bisa menjelajah halaman website yang lain, biasanya pada website terdapat halaman kontak, halaman support, halaman produk atau jasa untuk e-commerce dan lain-lain.

Setiap website itu dibuat untuk tujuan tertentu seperti untuk profil bisnis atau brand, toko online, hiburan, berita, media sosial hingga sarana pendidikan.

Jenis-Jenis Website

Terdapat beberapa jenis website yang dikelompokkan berdasarkan sifatnya dan berdasarkan tujuan dibuatnya.

Jenis website berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, jenis website dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu website statis dan website dinamis.

1. Website statis

Website statis adalah website yang memiliki tampilan tetap dan tidak berubah-ubah.

2. Website dinamis

Website dinamis adalah website yang isi kontennya selalu diupdate secara berkala.

Jenis website berdasarkan tujuan dibuatnya

Adapun yang termasuk jenis website berdasarkan tujuan dibuatnya yaitu:

1. Website pribadi

Website pribadi adalah website yang dimiliki atau dikelola oleh individu atau orang pribadi. Jenis website ini kebanyakan adalah website statis dengan bahasa pemrograman yang sederhana. Biasanya konten pada website pribadi berisi tentang seputar portofolio atau keahlian untuk mebangun personal branding pemilik website.

2. Website Bisnis

Website bisnis adalah website yang dimiliki oleh suatu instansi atau perusahaan. Website bisnis ini umumnya digunakan oleh pihak instansi atau perusahaan sebagai strategi digital marketing untuk meningkatkan reputasi bisnis. Website bisnis sering kali digunakan sebagai company profil yang menunjukkan profesionalisme bisnis dan kesuksesan suatu bisnis.

3. Website e-commerce

Website e-commerce adalah jenis website yang bisa digunakan untuk jual beli secara online. Website jenis ini merupakan website dinamis yang artinya dapat menyesuaikan preferensi setiap pengunjung. Adanya website e-commerce ini tentu dapat memudahkan transaksi para pelanggan ketika membeli produk atau jasa secara online. Selain itu bagi pebisnis, website e-commerce bisa membantu memproses pesanan yang ada, menerima uang pembayaran, mengelola pengiriman produk dan menyediakan dukungan layanan bagi pelanggan.

4. Website Media Sosial

Website media sosial merupakan website yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain seperti keluarga dan teman. Website seperti ini bersifat dinamis contoh website media sosial adalah facebook, twitter, instagram linkedin dan lain-lain.

5. Website Blog

Website blog adalah jenis website yang digunakan sebagai jurnal online untuk memposting konten seperti tulisan artikel atau bisa juga review atau ulasan produk. Orang yang mengelola website blog ini disebut blogger. Selain dapat digunakan sebagai jurnal online, blog juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memiliki sebuah website namun belum bisa membuatnya, tenang saja kini telah ada jasa pembuatan website. Dengan menggunakan bantuan dari jasa pembuatan website kamu tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana membuat website. Jadi kamu hanya tinggal menyiapkan kontennya saja yang akan ditampilkan diwebsite.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian website dan jenisnya, semoga dapat bermanfaat.