--> Skip to main content
Menu

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Serta Tujuannya

Tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam bidang studi kelayakan, apalagi jika itu untuk sebuah usaha atau bisnis yang mempunyai risiko yang cukup besar. Tentunya akan lebih rentan apabila membuat sebuah studi kelayakan dengan kemampuan yang kurang maksimal dan hanya dengan bermodalkan analisis yang seadanya saja. Maka dari itulah dalam hal ini diperlukan Jasa Studi Kelayakan untuk membantu membuat sebuah studi kelayakan. Lalu seperti apa studi kelayakan itu? Nah, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Serta Tujuannya

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian studi kelayakan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji kelayakan dari suatu usaha atau proyek dengan melakukan identifikasi terhadap masalah, peluang, maupun tujuan yang ada, dan hal lainnya yang berkaitan. Sebenarnya hal ini dilakukan untuk membantu pengusaha dalam mengambil suatu keputusan yang tepat dan untuk menghindari terjadinya kerugian yang besar ketika menjalankan usahanya.

Dapat dikatakan bahwa studi kelayakan bisnis merupakan suatu riset yang dilakukan untuk menggambarkan keadaan, operasional, hingga menilai hasil manfaat yang didapat dari sebuah proyek. Dengan demikian, akan bisa menentukan tingkat keberhasilan bisnis yang hendak dijalankan.

Adapun beberapa hal yang akan diteliti dan dianalisis dalam studi kelayakan bisnis diantaranya yaitu:

  • Deskripsi bisnis.
  • Deskripsi pasar.
  • Struktur organisasi bisnis dan rincian finansial.
  • Teknologi yang dibutuhkan.
  • Kesimpulan tentang bagaimana usaha yang dirintis bisa berhasil.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian studi kelayakan usaha menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Kasmir Dan Jakfar (2003)

Pengertian studi kelayakan bisnis menurut Kasmir dan Jakfar (2003:p7) adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam mengenai suatu bisnis atau usaha yang dijalankan, untuk keperluan menentukan layak atau tidaknya suatu usaha tersebut jika dijalankan.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Umar (2005)

Menurut umar (2005:p8), menyebutkan bahwa studi kelayakan bisnis adalah suatu penelitian yang dilakukan terhadap rencana bisnis yang tidak hanya melakukan analisis layak atau tidaknya bisnis dijalankan, akan tetapi juga ketika dioperasikan secara rutin untuk pencapaian keuntungan secara maksimal dalam waktu yang tidak ditentukan.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Setelah memahami tentang apa itu studi kelayakan bisnis, penting juga untuk mengetahui apa tujuan dari studi kelayakan bisnis itu.

Tujuan studi kelayakan bisnis pada dasarnya adalah digunakan untuk mengukur peluang keberhasilan dari suatu usaha atau bisnis di masa mendatang. Dengan demikian,, pengusaha akan bisa menilai apakah bisnis tersebut memang layak untuk dijalankan ataukah tidak.

Tentunya setiap pengusaha akan menginginkan kalau bisnis yang dijalannya itu bisa sukses dan berhasil. Nah, tanpa adanya studi kelayakan bisnis, maka bisa diibaratkan menerobos pada suatu medan yang tidak diketahui tanpa adanya petunjuk. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan karena bisnis yang dijalani bisa berpotensi mengalami kegagalan.

Oleh itu sangat penting membuat studi kelayakan bisnis agar bisnis akan dijalankan bisa berhasil dan sukses. Namun, untuk membuatnya harus dilakukan sebaik mungkin bila perlu bisa menggunakan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan agar hasilnya bisa lebih maksimal. Apalagi jika itu merupakan sebuah bisnis yang mempunyai risiko yang sangat besar.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Serta Tujuannya, semoga apa yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang hendak membuat studi kelayakan bisnis.