--> Skip to main content
Menu

Apa itu SSL Certificates: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Bagi sebuah website, keberadaan SSL Certificates dapat menciptakan koneksi secara aman antara website dengan browser yang digunakan untuk transaksi di internet. Ada beragam pilihan SSL mulai dari SSL Murah hingga yang mahal. Lalu, seperti apa itu SSL Certificates? Nah, bagi kamu yang belum tahu, berikut adalah penjelasannya mulai dari pengertian SSL Certificates, fungsi dan cara kerjanya.

Apa itu SSL Certificates

Pengertian SSL Certificates

SSL Certificates merupakan Secure Socket Layer yaitu suatu file data yang bekerja secara digital dan membuat website menjadi terenskripsi secara otomatis. Dengan demikian maka data website menjadi lebih aman dan tidak akan mudah diretas oleh orang yang berniat jahat. Ketika suatu website sudah dilengkapi dengan SSL, maka akan ada icon gembok dengan protocol HTTPS yang aktif, sehingga koneksi menjadi aman antara website dengan browser.

Dapat dikatakan bahwa SSL Certificates adalah protocol keamanan yang digunakan untuk mengamankan data pribadi, transfer data, login, transaksi kartu kredit maupun data-data lain yang sifatnya sensitive.

Fungsi SSL Certificates

Terdapat beberapa fungsi SSL Certificates untuk website, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menjaga keamanan data antar server

SSL Certificates berfungsi untuk menjamin keamanan pengiriman data ke server, dan memastikan data atau informasi yang terkirim ke server sesuai tujuannya. Dengan demikian akan terhindarkan dari pengiriman informasi ke pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat membahayakan.

2. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan reputasi website

Website yang menggunakan SSL maka dapat menunjukan tanda tertentu misalnya di chrome akan ada icon gembok terkunci dan di internet explore menampilkan block hijau di address bar. Jadi, jika visitor melihat tanda tersebut maka mereka akan lebih mempercayai situs tersebut aman sehingga hal ini dapat meningkatkan reputasi website.

4. Memperbaiki tingkat konversi traffic

Teknologi SSL juga dapat berpengaruh terhadap trafik website. Hal itu karena trafik website dipengaruhi algoritma Google, dimana Google lebih suka dengan website yang menggunakan SSL Certificates. Tidak hanya itu saja, bahkan Google juga telah memberikan himbauan kepada user agar menghindari website yang tidak menggunakan SSL Certificates. Dapat disimpulkan bahwa website yang telah mempunyai SSL Certificates akan lebih direkomendasikan Google sehingga akan lebih meningkatkan trafiknya.

Cara Kerja SSL

Cara kerja SSL yaitu dengan menggunakan kunci yang dikenal sebagai cryptographic key. Kriptografi jenis ini itu memanfaatkan kekuatan 2 kunci yang merupakan serangkaian angka yang panjang secara acak. Diantaranya terdapat public key dan private key.

Public key akan melakukan identifikasi server dan berada di domain public, fungsinya untuk mengenkripsi file apapun yang dikirim. Sedangkan private key akan mengenkripsi file dan mengunci file apapun yang diterima.

SSL pada intinya itu menjalankan fungsi untuk mengamankan setiap ada pertukaran data antara satu sistem dengan sistem yang lain. Sebagai contoh cara kerja dari SSL Certificates yaitu toko online yang melakukan pertukaran data atau informasi dengan browser.

Pada saat pembeli melakukan suatu transaksi pembelian di toko online, pastinya akan terjadi pertukaran data antara pembeli dengan pihak toko online. Pertukaran data tersebut meliputi data nama, nomor telepon, alamat email, nomor rekening dan data-data lain.

Pada saat terjadinya pertukaran data inilah SSL Certificates akan menjalankan fungsinya untuk mengamankan data dengan algoritmanya yang telah terenkripsi, untuk melakukan pengecekan data pada saat terjadi pertukaran. Dengan demikian, orang yang berniat jahat akan menjadi kesulitan untuk mengetahui atau membaca pertukaran data yang sedang berlangsung. Dengan demikian data akan tetap aman dari orang-orang yang berniat jahat.

Nah bagi kamu yang ingin menggunakan SSL Certificates, tenang aja saat ini sudah ada SSL Murah Indonesia yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan websitemu. Jadi tunggu apalagi segera gunakan SSL Certifikates untuk websitemu. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat ya.