--> Skip to main content
Menu

Apa itu Livery BUSSID : Pengertian dan Jenisnya

Kamu seorang pemain game bus simulator Indonesia? Sudah tahukah apa itu Livery BUSSID? Mungkin masih ada beberapa diantara kamu yang masih belum tahu apa yang dimaksud Livery BUSSID. Maka dari itulah kamu perlu menyimak penjelasan tentang Apa Itu Livery Bussid dari pengertian dan jenis-jenisnya berikut ini.

Apa itu Livery BUSSID

Pengertian Livery BUSSID?

Apa itu Livery BUSSID? Livery BUSSID adalah istilah yang dipakai dalam permainan simulasi BUSSID (Bus Simulator Indonesia). Livery BUSSID merupakan program secara khusus dari Maleo yang merupakan pengembang utama dalam Bus Simulator Indonesia untuk memberikan kebebasan kepada pemainnya dalam mendesain bus sesuai dengan keinginan pemain. Berawal dari hal inilah kini banyak bermunculan kreator livery bus dari berbagai pihak.

Livery BUSSID ini mengacu pada tampilan desain atau grafis eksterior pada kendaraan seperti bus, mobil atau truk. Pada konteks BUSSID, livery lebih mengacu kepada desain-desain yang bisa diterapkan pada bus dalam permainan tersebut.

Jenis-Jenis Livery BUSSID

Livery BUSSID mempunyai berbagai tipe berdasarkan dari bentuk desain, jumlah penumpang, atau mungkin dari ciri khas dalam desain itu sendiri. Adapun jenis livery BUSSID yang umum dipakai oleh banyak pemain diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Livery BUSSID HD

Livery BUSSID HD (High Decker) merupakan jenis livery yang mempunyai ciri khas dengan dek penumpang yang tinggi. Untuk sekelas bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), HD menjadi jenis paling sering dipakai. Hal tersebut dikarenakan desainnya yang lebih simpel, banyak para kreator yang memodifikasi livery BUSSID HD dengan desain-desain yang bervariasi, mulai dari stiker yang biasa hingga yang 3D.

2. Livery BUSSID SHD

Livery BUSSID SHD (Super High Decker) merupakan jenis livery yang mirip seperti High Decker. Yang membedakannya yaitu dek penumpang pada SHD agak lebih tinggi sehingga ruang bagasi pada bagian badan bus lebih besar. Livery jenis ini sering dipakai untuk pariwisata maupun AKAP. Dikarenakan badan bus yang lebih besar, sehingga banyak kreator yang memanfaatkan hal ini untuk menuangkan berbagai stiker maupun kombinasi warna. Dengan demikian, bus tidak akan terkesan polosan dan menjadi lebih menarik.

3. Livery BUSSID XHD

Livery BUSSID XHD (Extra High Decker) merupakan jenis bus yang seperti dengan HD atau SHD. Hal yang membedakannya adalah bus XHD lebih panjang sehingga hal ini membuat beberapa desainnya dapat menampung penumpang yang lebih banyak. Extra High Decker tidak membutuhkan dek baru untuk menambah kapasitasnya. Dengan demikian, bus XHD menjadi lebih simple, akan tetapi tidak mengurangi segi fungsionalnya.

4. Livery BUSSID SDD

Livery BUSSID SDD (Super Double Decker) merupakan jenis livery BUSSID unik yang mempunyai 2 dek penumpang. Ada juga orang yang menyebut jenis livery BUSSID ini sebagai bus 2 tingkat. Dari segi desainnya, bus ini merupakan yang paling cocok untuk penerapan warna dan seni stiker yang mewah. Bahkan, tidak jarang pula bus SDD mempunyai bawaan aksesoris strobo. Dikarenakan 2 tingkat, maka otomatis penumpang yang diangkut jumlah maksimalnya juga akan bertambah.

Itulah penjelasan tentang Apa Itu Livery BUSSID, untuk informasi lebih lengkapnya tentang cara membuat dan cara memasangnya, kamu bisa membuka situs: Kazu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.