--> Skip to main content
Menu

Mengapa Email Masih Penting dalam Era Digital?

Keberadaan email memang sangat penting di era digital seperti saat ini. Email tidak hanya penting untuk penggunaan personal, tetapi juga penting bagi para pelaku usaha atau perusahaan. Sehingga tidak heran jika saat ini telah ada jasa buat email perusahaan. Email perusahaan memang sangat penting untuk menunjang bidang komunikasi bisnis perusahaan. Dengan adanya email, maka berkirim surat atau dokumen dengan berbagai pihak bisa dilakukan secara cepat.

Mengapa Email Masih Penting dalam Era Digital?

Mengapa Email Masih Penting dalam Era Digital?

Ada berbagai alasan mengapa email masih penting dalam era digital. Adapun beberapa alasannya bisa dibaca penjelasannya dalam artikel ini sampai akhir:

1. Email bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan

Fungsi utama email adalah untuk mengirim maupun menerima pesan baik itu dari teman maupun klien bisnis. Keberadaan email ini dapat memudahkan kita untuk meyampaikan sebuah informasi kepada orang lain. Dapat dikatakan pula bahwa email menjadi sarana komunikasi yang baik dan mudah karena bisa bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

2. Email bisa menjadi sebuah Identitas

Email dapat dijadikan sebagai identitas diri. Sehingga dalam membuat email sebaiknya menggunakan alamat yang sesuai dengan nama personal maupun nama perusahaan. Selain itu, jika memungkinkan jangan menggunakan gabungan angka karena akan terkesan amatiran. Jika ingin lebih profesional, maka bisa membuat alamat email kustom yang menggunakan nama sendiri atau nama perusahaan sebagai contoh contact@identitaskamu.com atau contact@perusahaanmu. Untuk membuat alamat email kustom dengan nama sendiri atau nama perusahaan tentunya perlu membeli ekstensi domain seperti .com, .co.id, .net dengan biaya yang bervariasi. Namun, jika kamu tidak mau repot kamu bisa mempercayakan hal tersebut kepada jasa email perusahaan untuk membuat email custom dengan nama sendiri atau nama perusahaan.

3. Email bisa digunakan sebagai sarana promosi bisnis

Selain melalui media sosial, promosi produk juga dapat dilakukan melalui email. Meskipun cara ini merupakan cara lama, akan tetapi promosi bisnis melalui email masih cukup efektif karena dapat menjangkau banyak audiens dari berbagai kalangan. Sebagai contohnya email untuk bisnis kita dapat melihatnya pada bagian promosi di halaman kotak masuk email. Terkadang kita akan menemukan email promosi bisnis di situ.

4. Email dapat digunakan untuk mendaftar di berbagai Situs/ Media Sosial

Dengan mempunyai akun email, maka kamu dapat membuat akun di berbagai situs hingga akun di berbagai media sosial dengan mudah. Sebagai contoh untuk membuat akun di situs e-commerce seperti (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain) kita bisa menggunakan email. Selain itu untuk membuat akun di akun media sosial seperti (facebook, instagram, twitter dan lain-lain) kita juga menggunakan email.

5. Email dapat digunakan untuk melamar pekerjaan secara online

Saat ini telah banyak perusahaan yang telah meninggalkan cara lama dalam menerima surat lamaran pekerjaan dari para calon karyawannya. Dimana surat lamaran kerja yang dulunya ditulis dikertas lalu dikirim ke alamat perusahaan, kini bisa dikirim melalui email ke alamat email perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Dengan demikian, keberadaan email akan lebih memudahkan seseorang dalam melamar pekerjaan secara online.

Itulah beberapa alasan mengapa email masih penting dalam era digital seperti saat ini. Pada dasarnya, keberadaan email dapat memberikan manfaat yang besar untuk menunjang kebutuhan komunikasi atau publikasi usahamu. Maka dari itulah, akan sangat disarankan untuk membuat email yang profesional ketika kamu mulai menjalankan usahamu dan ingin mengembangkannya. Semoga apa yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.