--> Skip to main content
Menu

Pengertian Backdrop Dan Fungsinya

Tentunya kamu pasti pernah menghadiri sebuah acara yang memukau dengan tampilan panggung yang mempesona. Semua itu tentu tidak lepas dari peran penting dari backdrop. Dimana dalam hal ini, tampilan panggung yang mempesona tersebut bisa jadi menggunakan jasa sewa backdrop. Lalu seperti apa itu backdrop? Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian backdrop dan fungsinya.

Pengertian Backdrop

Pengertian Backdrop

Backdrop adalah salah satu bagian dari properti dekorasi untuk suatu event atau acara dimana dapat berdiri sendiri maupun sebagai pelengkap untuk dekorasi lain. Dalam sebuah event backdrop digunakan sebagai background atau latar belakang panggung. Dengan kombinasi dari pop up dan lighting maka panggung akan menjadi lebih menarik. Selain sebagai background panggung, backdrop juga sebagai background booth display dalam sebuah pameran atau event. Selain itu, backdrop juga dapat dikombinasikan dengan screen LCD pada bagian kanan dan kiri maupun pada bagian tengah dari backdrop itu sendiri.

Dengan menggunakan material dari triplek modular dan finishing vnyl yang berkualitas, backdrop juga dapat dijadikan sebagai media untuk promosi yang baik. Dengan mengusung desain yang bertemakan sesuai tema event yang diselenggarakan, maka backdrop dapat menjadi spot untuk dokumentasi yang bagus.

Tidak hanya itu saja, backdrop juga dapat dikombinasikan dengan property dekorasi photobooth, dapat digunakan dalam event indoor maupun outdoor dengan fariasi pop up dan lighting yang sesuai. Bentuk dari backdrop untuk photobooth dapat sederhana maupun custom sesuai tema dan desain yang diinginkan.

Ukuran backdrop dapat disesuaikan layout tempat atau ruangan yang akan dipasangi. Umumnya untuk pemasangan backdrop berukuran besar dikombinasikan dengan skafolding atau rigging sebagai penyangga untuk keamanannya.

Fungsi Backdrop

Secara umum fungsi backdrop sebagai background atau latar belakang sebuah panggung. Nah, berikut ini adalah fungsi dari backdrop secara lebih detail yang mempunyai peranan penting dalam sebuah event atau acara.

1. Sebagai identitas acara event

Backdroup berfungsi untuk menampilkan informasi singkat (headline) terkait acara yang sedang diadakan. Misalnya logo, judul acara, sponsor, dan umumnya dibuat berukuran besar supaya terlihat jelas. Selain itu ada juga yang hanya menampilkan gambar tanpa ada tulisan akan tetapi gambar tersebut identik dengan acara yang sedang diadakan.

2. Memberikan suasana dan kesan pada acara event

Fungsi backdrop selanjutnya yaitu untuk menciptakan suasana dan kesan suatu event sehingga dalam hal ini desain backdrop menjadi sesuatu yang penting dan harus disesuaikan dengan konsep event. Misalnya ketika digunakan untuk acara halal bihalal, maka gambar dan tulisan yang digunakan harus sesuai. Hal tersebut dilakukan supaya audiens merasakan suasana yang ada pada acara tersebut bisa pas.

3. Sebagai media Promosi

Backdrop juga dapat berfungsi sebagai media promosi misalnya backdrop spanduk, yang cukup efektif untuk melakukan promosi karena informasi yang terpampang cukup jelas dengan ukuran yang cukup besar.

4. Sebagai elemen dokumentasi

Dokumentasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah event. Setiap acara, hampir sebagian besar pasti menggunakan backdrop sebagai photo booth bagi para hadiri yang ingin mengabadikan momen kehadirannya dalam acara tersebut.

5. Untuk mempercantik tampilan acara

Fungsi lain dari backdrop yaitu sebagai unsur estetika yang dapat memberikan tampilan yang cantik dalam suatu acara. Apalagi jika event yang dilaksanakan itu berlangsung secara indoor, maka backdrop dapat menjadi dekorasi yang sangat bagus.

Itulah penjelasan tentang pengertian backdrop dan fungsinya. Dengan berbagai fungsi dari backdrop, maka tidak heran jika banyak event yang diadakan saat ini menggunakan jasa sewa backdrop. Kabar baiknya, sekarang kamu dapat melakukan pemesanan backdrop melalui sewa.pro.