--> Skip to main content
Menu

Pengertian Vendor ERP dan Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Vendor ERP

Penggunaan software ERP di era digital seperti saat ini memang menjadi keharusan bagi perusahaan agar efisiensi operasional bisa lebih meningkat dan pengambilan keputusan bisnis menjadi optimal. Akan tetapi dalam memilih vendor ERP yang tepat, perusahaan harus berhati-hati karena jika salah dalam memilih akan berdampak buruk bagi perusahaan. Misalnya dapat menimbulkan kerugian secara finansial, banyak waktu yang terbuang hingga reputasi perusahaan menjadi buruk. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian vendor ERP dan hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih vendor ERP.

Pengertian Vendor ERP

Pengertian Vendor ERP

Vendor ERP adalah sebuah perusahaan penyedia aplikasi atau software ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh aspek operasional bisnis. Untuk melihat lebih detail seperti apa itu software ERP, silahkan lihat: contoh aplikasi erp. Vendor ERP, selain menyediakan software ERP juga bekerja sama dengan klien untuk memahami keperluan bisnis dan memberikan solusi ERP yang sesuai dengan strategi dan tujuan bisnis suatu perusahaan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Vendor ERP

Dalam memilih vendor ERP yang tepat, perusahaan harus memperhatikan berbagai hal penting untuk memastikan kesuksesan dalam mengimplementasikan ERP. Nah, berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan perusahaan dalam memilih vendor ERP.

Penawaran Solusi ERP oleh Vendor

Ketika hendak memilih vendor ERP, sebaiknya berfokuslah pada solusi yang anda cari. Anda mungkin ingin menemukan vendor yang reputasinya sangat bagus, yang telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dan yang para kliennya dari perusahaan ternama. Namun, hal utama yang perlu anda cari tahu adalah solusi ERP ditawarkan. Setelah mempunyai daftar vendor yang mendekati utama, maka selanjutnya bisa mencari tahu reputasinya. Untuk mencari tahu hal tersebut dapat melihat review dari para klien-kliennya di internet.

Pemberian Dukungan oleh Vendor

Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah dukungan yang mereka tawarkan. Anda harus dapat memastikan kalau vendor ERP yang akan anda pilih dapat membantu anda sepenuhnya dari mulai analisis kebutuhan hingga implementasinya. Implementasi ERP menjadi investasi yang serius. Apabila sistem ERP ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka akan sia-sia. Maka dari itu, riset dan perbandingan sangat penting dilakukan sebagai upaya dalam menentukan sistem ERP yang tepat.

Penawaran Harga oleh Vendor

Salah satu hal yang penting dan tidak boleh anda lewatkan adalah harga sistem ERP. Anda harus dapat memastikan kalau biaya implementasi penawaran sistem oleh vendor ERP itu sesuai dengan anggaran perusahaan. Sebaiknya untuk tidak memilih sistem ERP berdasarkan harga yang murah, karena harga murah belum tentu dapat menjanjikan solusi yang tepat sesuai harapan. Maka dari itulah, ketika membandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa vendor ERP, bandingkan juga apa saja manfaat yang ditawarkan.

Penawaran Value oleh Vendor

Apabila anda merasa kesulitan dalam membanding satu vendor dengan vendor yang lain, maka langkah yang dapat anda lakukan yaitu mencari tahu nilai lebih tentang penawaran dari masing-masing vendor. Mencari tahu apa yang membuat vendor ERP yang akan anda pilih itu berbeda dengan yang lain. Apakah sistem ERP yang ditawarkan mempunyai fitur yang tidak dimiliki oleh vendor lain? Apakah mempunyai yang lebih baik dari vendor lain? Anda perlu memperhatikan hal itu.

Itulah penjelasan tentang pengertian vendor erp dan hal yang harus diperhatikan dalam memilih vendor ERP. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.