--> Skip to main content
Menu

Pengertian Rumput Sintetis dan Jenis-jenisnya

Belakangan ini penggunaan rumput sintetis sedang menjadi trend, sehingga tidak heran jika saat ini banyak agen rumput sintetis seperti agen rumput sintetis bali. Rumput sintetis mungkin biasa ditemui ketika bermain futsal di tempat penyewaan lapangan. Namun, saat ini penggunaan rumput sintetis telah meluas bahkan telah banyak konsep perkantoran yang menerapkan green office dengan menggunakan rumput sintetis di beberapa ruangannya. Lalu seperti apa sih rumput sintetis itu, untuk mengetahui lebih lanjut simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Rumput Sintetis

Pengertian Rumput Sintetis

Rumput sintetis adalah rumput hias yang terbuat dari bahan serat sintetis yang dibentuk menyerupai rumput sungguhan. Rumput ini pada mulanya lebih umum digunakan dalam berbagai keperluan olahraga seperti untuk lapangan sepak bola.

Sebenarnya rumput sintetis seperti halnya rumput artificial atau buatan. Jika dulu kamu mungkin pernah melihat rumput buatan yang dibuat dari bahan tali rapia digunting pendek-pendek. Kini rumput buatan dibuat menggunakan bahan serat sintetis supaya lebih aman dan tampak seperti rumput yang aslinya.

Selain itu, rumput sintetis ini proses pemasangannya lebih praktis karena tidak membutuhkan media tanam. Meskipun rumput sintetis merupakan rumput buatan akan tetapi tetap perlu dilakukan perawatan supaya tidak menimbulkan bau apek atau hal lainnya.

Untuk membuat rumput sintetis yang mempunyai bentuk, tekstur, dan warna yang mirip rumput tentu menggunakan beberapa material pilihan. Adapun material serat sintetis yang sering digunakan dalam proses pembuatan rumput sintetis diantaranya adalah nilon, polyethylene, dan polypropylene.

Jenis Jenis Rumput Sintetis

Meskipun terlihat sama-sama hijau, rumput sintetis terdiri atas beberapa jenis. Adapun jenis-jenis rumput sintetis yaitu sebagai berikut;

Rumput Sintetis Swiss

Rumput sintetis swiss mempunyai tekstur yang lembut dan tahan terhadap tekanan. Oleh karena itulah, rumput ini sangat cocok digunakan di luar ruangan. Rumput ini biasanya digunakan untuk lapangan sepak bola dan juga futsal. Tinggi rumput sintetis jenis ini kurang lebih 30 mm.

Rumput Sintetis Golf

Rumput sintetis golf merupakan rumput sintetis yang sering digunakan pada olahraga golf yang tidak berukuran besar dan dibuat seperti olahraga golf pada umumnya. Keunggulan dari rumput sintetis golf yaitu tekstur permukaannya yang sangat halus dan lembut. Meskipun demikian, rumput ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan rumput sintetis golf di dalam ruangan hanya bertahan sekitar 9 - 11 tahun dan jika digunakan di luar ruangan bertahan antara 7 - 8 tahun.

Rumput Sintetis Jepang

Rumput sintetis jepang terbuat dari bahan monofilament dan mempunyai tinggi hanya 20 mm. Dilihat dari bentuknya, jenis rumput ini mirip seperti rumput aslinya. Rumput sintetis jepang banyak dipakai untuk keperluan taman rumah, dekorasi perkantoran, maupun dekorasi tempat yang lainnya. Jika dibanding dengan jenis rumput sintetis golf, jenis rumput sintetis jepang ini mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama yaitu sekitar 11 – 12 tahun jika digunakan di dalam ruangan dan 10 – 11 tahun jika digunakan di luar ruangan.

Itulah penjelasan tentang pengertian rumput sintetis dan jenis-jenisnya serta penggunaannya. Nah, bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan rumput sintetis untuk berbagai keperluan mungkin anda bisa menghubungi agen Rumput sintetis denpasar. Agen tersebut merupakan penyedia Rumput sintetis yang amanah dan terpercaya dengan jangkauan layanan yang luas di seluruh Indonesia. Semoga informasi yang kami bagikan di atas dapat bermanfaat.