--> Skip to main content
Menu

Jenis dan Manfaat Kanopi Minimalis

Sekararang ini banayk hunian baru yang memasang kanopi minimalis baik itu di teras, garasi, balkon, belakang rumah, maupun ruang terbuka lainnya. Pemasangan kanopi selain bisa menambah tampilan rumah agar lebih estetik, juga bisa memberikan perlindungan pada area outdoor supaya tidak kehujanan atau kepanasan.

Jenis dan Manfaat Kanopi Minimalis

Ada berbagai bahan yang digunakan untuk pembuatan kanopi minimalis, diantaranya yaitu spandek, uPVC, kaca, polycarbonate, dan lain-lain. Tiap-tiap jenis bahan kanopi yang digunakan memiliki keunggulan tersendiri. Untuk pemasangannya dapat menggunakan alumunium, besi, kayu maupun kombinasi tergantung selera dan kebutuhan masing-masing.

Jenis-jenis Kanopi Minimalis

Bagi anda yang mempunyai rencana untuk memasang kanopi minimalis, ada baiknya anda menyimak penjelasan tentang jenis-jenis kanopi di bawah ini:

1. Kanopi Minimalis Spandek

Kanopi minimalis berbahan spandek merupakan kanopi yang berbentuk tipis sehingga lebih mudah dalam pemasangannya. Spandek sendiri merupakan bahan campuran antara alumunium, seng dan silikon. Meskipun kanopi spandek ini tipis tetapi bahan spandek ini mempunyai daya tahan yang lama yaitu bisa mencapai 15 tahun. Selain itu kanopi ini juga tersedia dalam berbagai varian warna yang bisa disesuaikan dengan tema rumah. Namun, jenis kanopi ini tidak bisa menyerap panas dan ketika hujan akan menimbulkan suara berisik.

2. Kanopi Alderon

Kelebihan utama kanopi alderon yaitu memiliki daya tahan lama meskipun terkena hujan deras. Bahan yang diguankan dalam pembuatan kanopi alderon yaitu uPVC (Unplasticizide Polyvinyl Chloride), memiliki bentuk gelombang-gelombang yang seperti rongga. Rongga tersebut bisa menahan panas sehingga hal ini bisa membuat rumah tetap sejuk. Tidak hanya itu saja, kanopi jenis ini juga mampu meredam suara hujan, sehingga tidak menimbulkan suara berisik ketika sedang hujan. Kanopi alderon memiliki 2 jenis yaitu single layer dan double layer. Untuk yang double layer memiliki kualitas lebih baik karena daya redam suara maupun hawa panas yang lebih baik.

3. Kanopi Minimalis Kaca

Kanopi minimalis kaca bisa memberikan nuansa tampilan rumah yang terlihat mewah dan elegan. Hal tersebut karena bahan kaca transparan bisa memungkinkan melihat indahnya pemandangan langit dan juga bisa merasakan sinar matahari. Meskipun kanopi kaca ini bisa memberikan nilai tambah untuk estetika rumah, namun jika matahari sedang panas-panasnya, maka bisa mempengaruhi suhu ruangan. Maka dari itu anda juga perlu untuk memasang AC maupun kipas angin pada ruangan.

4. Kanopi Polycarbonate

Kanopi Polycarbonate merupakan kanopi yang dibuat dari bahan plastik transparan mirip seperti kaca. Kanopi jenis ini bisa memberikan kesan pada ruangan agar terlihat lebih tinggi. Untuk daya tahannya, kanopi polycarbonate ini cukup awet, kuat dan bobotnya ringan sehingga membuat proses pemasangannya lebih mudah. Kelebihan lainnya dari kanopi ini yaitu bisa meredam panasnya sinar matahari hingga 90%.

5. Kanopi Membran

Jenis kanopi membrane ini sering kita jumpai dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar pada tempat parkir, perumahan-perumahan elit, perusahaan, kolam renang, lapangan olahraga, taman, maupun tempat wisata. Jenis kanopi ini memiliki daya tahan yang kuat dan mampu bertahan hingga 30 tahun. Kanopi ini memang mempunyai harga yang mahal, akan tetapi tetap banyak yang menggunakannya karena desainnya yang mewah, modern dan futuristik.

Manfaat Kanopi Minimalis

Ada banyak variasi jenis kanopi minimalis yang tersedia dipasaran, akan tapi selain bentuk dan motifnya yang unik dan menarik, kanopi minimalis juga memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat dari pemasangan kanopi minimalis diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai tempat untuk berteduh peneduh.
  • Sebagai pelindung rumah dari berbagai cuaca.
  • Sebagai media untuk menangkal bias cahaya.
  • Sebagai dekorasi yang memperkuat desain rumah agar terlihat indah.
  • Sebagai fungsi tambahan di area luar rumah.
  • Bisa lebih menghemat biaya untuk perawatan rumah.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang jenis dan manfaat kanopi minimalis, semoga apa yang telah kami tulis di atas bisa bermanfaat.