--> Skip to main content
Menu

Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya

Bagi seseorang yang sudah lama menekuni dunia bisnis online, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya affiliate marketing. Dengan adanya affiliate marketing, kamu bisa memperoleh penghasilan dari internet kapan pun dan dimana pun. Lalu apa itu affiliate marketing? Nah, bagi kamu yang belum tahu simak penjelasan tentang pengertian affiliate marketing dan caranya berikut ini.

Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan suatu program yang tergolong efektif untuk memperoleh penghasilan yang lumayan besar melalui internet dalam waktu yang cukup singkat. Pengertian affiliate marketing pada prinsipnya adalah penjualan berbasis komisi, jadi ketika berhasil menjual produk baik itu berupa barang maupun jasa, maka secara otomatis akan memperoleh komisi atau uang atas penjualan produk tersebut.

Dapat dikatakan bahwa cara affiliate marketing ini merupakan sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang jika seseorang tersebut telah berhasil menjual produk baik itu barang maupun jasa dari pihak merchant atau perusahaan dengan sistem pemasaran online yang membolehkan orang lain menjual produknya.

Di sini jika kamu menjalankan model bisnis affiliate marketing, maka posisi kamu adalah sebagai orang yang tidak mempunyai produk atau jasa untuk dijual, dan kamu bisa membantu menjualkan produk yang dijual oleh pihak merchant atau perusahaan dengan memasarkannya secara online. Ketika pemasaran yang kamu lakukan ada penjualan atas produk tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Jika seseorang mempunyai keinginan untuk menjalankan bisnis online affiliate marketing secara maksimal, maka seseorang tersebut terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke aplikasi atau web afiliasi dari perusahaan atau merchant yang menawarkan program afiliasi dalam penjualan produk-produknya. Dengan mendaftarkan diri, maka seseorang tersebut akan memperoleh link afiliasi.

Selanjutnya hal yang dilakukan seseorang tersebut yaitu mempromosikan link afiliasi untuk membantu menjual produk baik itu barang maupun jasa dengna memanfaatkan berbagai macam platform. Bisa membagikan link tersebut ke platform media sosial seperti facebook, twitter, instagram, tiktok dan lain-lain. Bisa juga melalui website atau blog, maupun berbagai forum online yang ada. Jika ada pembelian produk melalui link afiliasi tersebut, maka seseorang yang mendaftarkan diri dalam program afiliasi tersebut akan mendapatkan komisi.

Besarnya komisi yang didapatkan tentunya berbeda-beda ada banyak hal yang mempengaruhi besarnya komisi seperti jenis produk, barang atau jasa yang ditawarkan. Affiliate Marketing sendiri merupakan model bisnis online yang bisa mengghasilkan pendapatan pasif, dengan cara yang relatif mudah. Sehingga tidak heran, jika sat ini banyak para pemuda yang menjalankan bisnis ini karena bisa dijalankan tanpa harus memiliki produk sendiri.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian affiliate marketing dan cara kerjanya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.