--> Skip to main content
Menu

Tips Untuk Memulai Bisnis Fashion Online

Ada dua jenis bisnis yang selalu menarik perhatian kita yaitu bisnis makanan dan bisnis pakaian. Hal itu karena setiap orang pasti butuh makanan dan pakaian sebagai kebutuhan pokoknya. Akan tetapi, apabila dilihat dari segi ketahanannya, maka bisnis pakaian bisa dikatakan lebih unggul karena tidak khawatir dagangan yang dijual basi. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membuka bisnis pakaian online. Selain itu, cara untuk memulai bisnis fashion online sebenarnya juga tidak begitu sulit karena sudah ada jasa printing kain digital yang bisa diajak kerja sama.

Tips Untuk Memulai Bisnis Fashion Online

Untuk membangun bisnis fashion online bisa dibilang tidak harus memerlukan modal yang besar. Siapa saja dapat memulainya meskipun hanya dengan modal yang minim. Namun, kamu perlu tahu bahwa sebuah kesuksesan tidak akan mungkin bisa diraih tanpa tahu bagaiama tips memulai bisnis fashion online dengan benar.

Tips Memulai Bisnis Fashion Online

Modal sudah punya, tenaga kerja untuk menjalankan sudah ada. Akan tetapi kalau belum mempunyai gambaran mengenai cara memulai bisnis fashion secara online, maka risiko gagal akan lebih besar. Untuk itulah penting untuk megetahui beberapa tips dalam memulai bisnis fashion.

Pahami dengan baik kebutuhan atau selera pasar

Hal pertama dalam memulai bisnis fashion online adalah dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan atau selera pasar saat ini. Kamu tidak akan bisa lanjut ke tips berikutnya jika kamu belum paham produk apa yang bisa laku dipasaran. Dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan pasar saat ini, maka kamu akan bisa menemukan produk yang tepat untuk dijual.

Mengidentifikasi target pasar

Setelah paham dengan apa yang menjadi kebutuhan pasar, maka selanjutnya kamu perlu mengidentifikasi target pasar yang akan diincar. Bisnis fashion itu mempunyai pasar yang luas, apabila tidak fokus, maka bisa saja usaha dan biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran terlalu besar.

Dengan berfokus pada target pasar yang lebih spesifik, maka kamu akan menjadi lebih mudah dalam memahami apa yang menjadi keinginan pasar. Selain itu, apabila kamu menerapkan tips yang satu ini, maka memenuhi ekspektasi pelanggan juga bisa menjadi lebih mudah.

Menentukan model bisnis

Sebetulnya untuk memulai bisnis fashion memang tidak begitu sulit. Meskipun begitu, kamu jangan terburu-buru untuk segera berjualan. Sebelum kamu memulainya, ada salah satu tips yang perlu untuk kamu pahami, yaitu menentukan model bisnis.

Dalam bisnis fashion online, terdapat beberapa model bisnis diantaranya yaitu dropshipping, custom cut and sew, print on demand, dan private label. Setiap model bisnis fashion online mempunyai karakteristik tersendiri. Selain itu, untuk setiap model juga memiliki strategi penerapan yang berbeda-beda.

Pilihlah partner yang bisa diandalkan

Apabila kamu ingin membuat pakaian sendiri, pastikan kamu memilih parner yang dapat diandalkan. Dalam hal ini kamu bisa mencari produsen kain yang bagus sekaligus kamu juga bisa bekerja sama dengan jasa printing kain digital. Pastikan parner yang kamu ajak kerja sama itu berpengalaman, kredibel dan bisa dipercaya. Hal itu karena kesuksesan bisnis fashion online-mu juga bisa dipengaruhi oleh partner bisnis yang kamu pilih.

Membuat business plan

Dalam business plan, kamu dapat mengetahui berbagai informasi penting yang perlu kamu perhatikan ketika nantinya menjalankan bisnis. Itulah yang menjadi alasan kenapa membuat business plan itu sangat penting.

Biasanya business plan ini terdiri atas informasi-informasi penting misalnya brand identity, produk-produk yang akan dijual, market yang ditargetkan, kompetitor terbesar, dan online business model atau fulfillment strategy.

Mulai membangun toko bisnis fashion online

Untuk berjualan secara online, kamu perlu memiliki toko online minimal punya lapak di sebuah marketplace. Di sinilah, nantinya kamu bisa menjual pakaian. Akan tetapi, untuk lebih meningkatkan kredibilitas kamu sebaiknya membangun toko online sendiri. Untuk membangun toko online kamu bisa memanfaatkan CMS, seperti Wordpress, blogger, Shopify atau Wix. Dengan menggunakan CMS tersebut kamu bisa membangun situs web toko online tanpa harus paham dengan bahasa pemrograman.

Marketing untuk memperoleh traffic

Meskipun telah mempunyai produk dan toko online dan tahu target pasar yang menjadi incaran, kamu tidak akan bisa mendapatkan pembeli tanpa ada upaya marketing. Nah, supaya kamu mendapatkan banyak pembeli, kamu harus bisa membuat toko onlinemu atau lapakmu yang ada di marketplace dikunjungi orang. Nah, untuk mendapatkan trafik atau pengunjung tersebut kamu bisa menggunakan iklan atau upaya pemasaran lainnya.

Sebetulnya cara memulai bisnis fashion online tidak jauh berbeda dengan bisnis online pada umumnya. Secara garis besar tips-tipsnya hampir sama. Hal lain yang juga penting adalah kualitas bahan baku. Maka dari itulah pastikan memilih partner atau supplier yang dapat diandalkan.

Apabila kamu sedang mencari partner digital printing tekstil, maka Inoui Print akan siap untuk membantumu. Inoui Print telah memiliki pengalaman yang panjang dalam industri cetak kain, sehingga siap dalam membantu mewujudkan desain kain yang kamu inginkan. Segera Dapatkan Harga dan Approval Sample di Inoui Print.