--> Skip to main content
Menu

Pengertian Bore Hole Camera dan Tujuannya

Kebutuhan air sehari-hari semakin tinggi karena ada banyak aktivitas yang membutuhkan air. Dari mulai untuk mandi, memasak, mencuci piring, mencuci pakaian, menyirami tanaman, mencuci kendaraan, dan lain-lain. Maka dari itulah, memiliki pasokan air yang cukup menjadi kebutuhan yang sangat penting. Salah satu cara untuk bisa mencukupi pasukan air adalah dengan menggunakan sumur bor. Dimana untuk bia mendapatkan sumber air terbaik dari sumur bor harus melalui beberapa uji tes salah satunya yaitu bore hole camera. Lalu, apa itu bore hole camera? Bagi kamu yang belum tahu berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Bore Hole Camera

Bore hole camera adalah sebuah metode yang dilakukan menggunakan kamera khusus dalam proses penggalian sumur bor supaya dapat mengetahui bagaimana kondisi lubang yang dibor secara pasti. Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh hole camera, maka akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui posisi dan seberapa kedalaman sumber air. Sehingga dalam menggali tidak hanya mengandalkan feeling saja.

Selain digunakan untuk pengeboran sumur, bore hole camera juga bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan penanaman pipa konstruksi, lebih tepatnya bisa digunakan untuk mengetahui kebutuhan jenis maupun ukuran pipa kontruksi yang pas sesuai jenis kontruksi tanah dan kedalamannya.

Umumnya bore hole camera memakai kamera dual view HD yang dapat menampilkan lubang sumur dan memindai dinding samping sumur secara mendetail hingga 3600. Dari tampilan sisi samping, maka bisa memeriksa dinding formasi, screen, casing, paket kerikil, kerusakan, infiltrasi, kerak, penyumbatan perforasi maupun berbagai kerusakan fisik yang lain.

Bore hole camera memberikan elemen gambar yang berputar untuk melakukan proses pemeriksaan secara maksimal, dengan pengoperasiannya yang mudah dan kontrol yang responsif. Selain itu, kamera Bore hole juga tahan terhadap getaran maupun guncangan ketika sedang melakukan pencatatan video.

Tujuan Penggunaan Bore Hole Camera

Bore Hole Camera dilakukan bertujuan untuk:

  • Mengetahui bagaimana kondisi tanahnya sehingga bisa menentukan pipa allure air yang tepat sesuai kondisi tanahnya.
  • Untuk mengetahui kondisi di dalam lubang sehingga bisa menentukan pemilihan pipa yang awet dan tidak mudah bocor.
  • Mengethui bagaimana kondisi air yang ada di dalam tanah.
  • Mengetahui lokasi yang tepat sehingga bebas dari kontaminasi zat-zat berbahaya (racun) yang terdapat di dalam tanah.
  • Mengetahui apa saja zat-zat yang terkandung di dalam air dan tanah.
  • Memeriksa endapan dasar sumur bor yang sudah digali.
  • Mengetahui berapa kedalaman pengeboran secara tepat sehingga bisa menentukan panjang pipa alur air secara tepat.

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian bore hole camera dan tujuannya. Nah, bagi kamu yang membutuhkan jasa bore hole camera mungkin kamu bisa menggunakan jasa bore hole camera dari Galaxy Teknik by CV. OASIS TEKNIK. Galaxy Teknik menawarkan Bore hole Camera dengan teknologi sistem dual camera sehingga dapat melakukan penangkapan gambar secara maksimal dengan fitur pada tampilan bawah dan juga samping. Selain itu juga bore hole camera yang ditawarkan juga memiliki kualitas dan resolusi tinggi dengan dilengkapi performa quality control yang sangat baik.