--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Index Google dan Bagaimana Cara Kerjanya

Setiap orang yang memiliki situs web tentu akan merasa senang jika situs yang dimilikinya di index google. Berdasarkan informasi dari situs road.co.id, Index meruapakan syarat pertama agar situs bisa dilihat di halaman pencarian google. Dimana jika sebuah situs tidak terindex maka tidak akan menerima trafik apapun dari search engine Google. Lalu sebenarnya apa itu index google dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Index Google

Apa Itu Index Google

Index Google adalah sebuah proses yang dilakukan oleh robot Google untuk mengatur situs-situs yang akan ditampilkan di mesin pencari Google, sehingga situs-situs tersebut bisa ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi di mesin pencari google. Dalam proses ini, mesin robot google akan menyimpan dan mengatur konten-konten yang ditemukan selama melakukan crawling.

Index google erat kaitannya dengan proses crawling dan ranking yang bertujuan untuk menyajikan halmaan situs yang paling relevan dengan informasi apa yang sedang dicari oleh pengguna search engine Google. Dalam proses merekomendasikan halaman yang paling relevan, google melakukan 3 tahapan index yaitu crawling, indexing dan ranking. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

  • Crawling adalah proses dimana google menjelajah seluruh situs yang ada di internet dari url yang telah ditemukan oleh bot.
  • Indexing, adalah proses dimana google mengenali konten yang dimuat di berbagai situs yang telah dijelajah oleh bot.
  • Rangking, adalah proses dimana google menerapkan pemeringkatan konten yang paling relevan dengan apa yang dicari pengguna.

Bagaimana Cara Kerja Index Google?

Ketika ada pengguna Google sedang menelusuri sebuah informasi menggunakan kata kunci tertentu, maka Google akan mulai mencarikan konten yang dimaksud di data indexnya. Cara kerjanya seperti yang dilakukan seorang pustakawan yaitu mengenali koleksinya berdasarkan dari data buku yang ada seperti judul buku, tahun terbit hingga penulisnya. Perbedaannya yaitu, Google melakukan indexing dari berbagai input seperti URL situs, teks, gambar, video hingga kode HTML situs.

  • Indexing yang dilakukan oleh search engine Google dimulai dari proses penganalisisan konten pada halaman web.
  • Dalam proses ini diawali dari tahap mengenali keyword atau kata kunci yang terdapat pada sebuah website kemudian memastikan bahwa keyword tersebut relevan dengan isi dari konten website.
  • Sesudah keyword dianalisis, bot crawler dan spider search engine akan menjelajah setiap halaman pada website kemudian akan mulai mengumpulkan informasi yang terdapat di dalamnya.
  • Hasil dari bot crawler selanjutnya akan dijadikan sebagai data index.
  • Ketika ada seorang pengguna Google yang mencari informasi dengan mengetikkan suatu kata kunci, maka Google akan menampilkan hasil yang ada pada data indeknya.

Demikian penjelasan tentang apa itu index Google dan bagaimana cara kerjanya, semoga informasi yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.