--> Skip to main content
Menu

7 Tugas Digital Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

Tugas digital marketing menjadi semakin penting di era teknologi saat ini. Banyak perusahaan yang meng-hire tenaga digital marketer untuk mengupayakan keberhasilan bisnis perusahaan. Tak dipungkiri, digital marketing adalah aspek yang diperhitungkan dalam bisnis modern.

7 Tugas Digital Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

Pekerjaan digital marketing dapat terbagi menjadi bermacam-macam tugas. Mulai dari periklanan online hingga manajemen media sosial. Ada pula SEO (Search Engine Optimization), hingga analisis data. Semua ini memiliki dampak besar pada kesuksesan bisnis.

7 Tugas Digital Marketing untuk Mengoptimalkan Keberhasilan Bisnis

Di bawah ini merupakan 10 tugas yang merupakan bagian dari strategi digital marketing. Setiap tugas perlu dilakukan dengan cermat. Dengan demikian, bisnis dapat merencanakan strategi yang kuat untuk bersaing dalam dunia digital.

1. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Tugas ini adalah mengoptimalkan situs web perusahaan agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Ada berbagai praktik yang dilakukan di dalamnya.

SEO melibatkan pekerjaan berupa penelitian kata kunci untuk memahami apa yang dicari oleh pengguna. Dengan demikian, dapat mengoptimalkan struktur situs web, konten, dan tautan. SEO sendiri bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil mesin pencari.

Hal tersebut akan menghasilkan situs web perusahaan muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian yang relevan. Saat ini, SEO banyak tersedia di lowongan kerja digital marketing. Tak jarang pekerjaan ini juga bisa dikerjakan secara remote.

2. Pemasaran Media Sosial

Tugas digital marketing berikutnya adalah pemasaran media sosial. Tugasnya sendiri meliputi melibatkan pengelolaan dan promosi merek atau bisnis di berbagai platform media sosial. Misalnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya.

Tugas tersebut mencakup pembuatan, penjadwalan, dan penyebaran konten yang menarik dan relevan untuk audiens target. Pemasaran media sosial juga memerlukan interaksi aktif dengan pengikut. Contohnya merespons komentar, pertanyaan, dan feedback.

Selain itu, mempromosikan produk atau layanan, dan memantau respons audiens juga merupakan hal-hal yang dilakukan oleh social media marketing. Ini semua bisa dipelajari ketika Anda memilih untuk belajar digital marketing.

3. Pemasaran Konten

Tugas digital marketing lainnya meliputi pemasaran konten. Ini melibatkan proses perencanaan, pembuatan, dan distribusi konten berkualitas yang relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens target.

Tugas pemasaran konten mencakup berbagai bentuk konten seperti artikel, blog, video, infografis, dan lainnya. Tujuannya untuk memberikan nilai tambah kepada audiens, memecahkan masalah mereka, atau memberikan informasi yang bermanfaat.

Pemasaran konten adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Di samping itu juga membantu mereka memahami produk atau layanan perusahaan. Pada akhirnya, bertujuan mendorong tindakan seperti pembelian atau langganan.

4. Pemasaran Email

Tugas digital marketing manager salah satunya adalah memastikan bahwa pemasaran email berjalan dengan baik. Strategi komunikasi ini melibatkan pengiriman pesan email kepada daftar pelanggan atau prospek bisnis.

Tujuan pemasaran email adalah untuk mempromosikan produk atau layanan, membangun hubungan, dan mendapatkan respons positif. Hal ini mencakup berbagai aspek, seperti merancang email yang menarik, hingga menganalisis hasil kampanye.

Pemasaran email juga melibatkan personalisasi pesan untuk membuat pengalaman pelanggan lebih relevan dan menarik. Selain itu, tugas ini mencakup pemantauan dan analisis respons pengguna, yang membantu perusahaan memahami efektivitas kampanye mereka.

5. Pengelolaan Media Berbayar (SEM/PPC)

Mengelola media berbayar juga merupakan bagian dari tugas digital marketing specialist. Pengelolaan media berbayar, juga dikenal sebagai SEM (Search Engine Marketing) atau PPC (Pay-Per-Click).

Dalam digital marketing tugas ini berkaitan dengan pembayaran untuk iklan yang muncul di berbagai platform online. Contohnya seperti mesin pencari (Google, Bing) atau platform media sosial (Facebook, Instagram).

6. Analisis Data Digital

Tugas analisis data digital adalah salah satu aspek kunci dalam strategi digital marketing. Ini berkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan, dan interpretasi data yang diperoleh dari berbagai sumber digital. Sebut saja seperti situs web, media sosial, dan kampanye iklan.

Tujuan utama tugas digital marketing ini adalah untuk memahami kinerja kampanye, tren, dan perilaku pengguna dengan lebih baik. Semuanya melibatkan penggunaan alat analisis seperti Google Analytics, pengukuran KPI (Key Performance Indicators), dan pelaporan data.

7. Pengelolaan Konten di Media Sosial

Salah satu alasan gaji digital marketing terbilang tinggi adalah karena range tugasnya yang sangat beragam. Salah satunya adalah mengelola konten perusahaan di media sosial.

Tugas ini melibatkan perencanaan, penciptaan, jadwal, dan pengelolaan konten yang beragam untuk mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan.

Pengelolaan konten sosial juga terkait interaksi aktif dengan followers. Di dalamnya termasuk merespons komentar, mengatasi keluhan, dan menjalin interaksi positif dengan audiens.

Tugas digital marketing tidak berhenti sampai sini. Pemasaran influencer, analisis pesaing hingga manajemen hubungan pelanggan juga masuk dalam pekerjaan digital marketing. Kira-kira berapa ya gaji digital marketing pemula dilihat dari tugas-tugasnya tersebut?