Skip to main content

Pengertian Email: Apa itu Email? (Fungsi, Cara Kerja, Jenis)

Pengertian fungsi dan cara kerja http – Setiap kita berselancar di internet, tentunya kita mengetikkan sebuah alamat website. Pada alamat website di bagian awal alamat akan muncul tulisan http. Lalu apa yang dimaksud http? Seperti apakah http itu? Nah pembahasan kali ini yaitu kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan http. Mulai dari pengertian http hypertext transfer protocol, pengertian http menurut para ahli, fungsi hypertext transfer protocol (http), cara kerja http dan kelemahan protokol http. Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu hypertext transfer protocol simak penjelasan tentang maksud hypertext transfer protocol berikut ini.

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Pengertian http Hypertext Transfer Protocol

Http adalah singkatan dari hypertext transfer protocol. Pengertian http adalah sebuah protokol aplikasi untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan hypermedia. HTTP merupakan dasar dari komunikasi data www (world wide web) yang berbentuk teks terstruktur menggunakan hyperlink (link logis) antar node yang mengandung teks. Dengan fasilitas ini, anda dapat mengakses informasi dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML. Informasi yang dapat Anda peroleh melalui fasilitas tersebut antara lain: text, gambar, suara, film, dan lain-lain.

Atau Definisi hypertext transfer protocol yaitu Definisi dari HTTP (HyperText Transfer Protocol) yaitu sebuah protokol yang berfungsi untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sedangkan sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien. Meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet, namun HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP.

Kembali ke Menu Pembahasan ?

Pengertian http menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian http menurut ahli:

  • Pengertian http menurut Oxford Dictionaries, bahwa http yaitu protokol transfer data yang digunakan pada www (World Wide Web).
  • Pengertian http menurut Wikipedia, http adalah sebuah protokol aplikasi yang dipergunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan hypermedia. http merupakan dasar dari komunikasi data untuk www (World Wide Web).
  • Pengertian http menurut techtarget.com, menyatakan bahwa http ialah serangkaian aturan untuk mentransfer file yang berupa teks, gambar grafis, suara, video, dan file multimedia yang lain di www (World Wide Web). Http merupakan protokol aplikasi yang berjalan di atas rangkaian protokol TCP/ IP yang merupakan protokol dasar untuk internet.
Kembali ke Menu Pembahasan ?

Fungsi Hypertext Transfer Protocol (http)

Seperti apakah fungsi hypertext transfer protocol (http)? fungsi http adalahuntuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain melalui koneksi jaringan internet. Http itu diibaratkan sebagai sebuah perintah untuk dijalankan pada setiap komputer agar bisa mengirim pesan.

Selain itu http juga berfungsi dalam menentukan bagaimana data atau pesan bisa ditransmisikan ataupun diformat ke dalam bentuk lain yang bisa diterima oleh browser. Sehingga seluruh data yang diinginkan client dapat ditampilkan atau diakses. Jadi http akan muncul pada sebuah website pada saat kita membuka website tersebut di internet. Hal itu dikarenakan layanan website itu menggunakan protokol http, dan sekarang ada juga yang menggunakan https supaya bisa berjalan.

Kembali ke Menu Pembahasan ?

Cara Kerja http

Cara kerja http pada dasarnya cukup sederhana. Ketika pengguna membuka sebuah website melalui sebuah browser, http akan menghubungkan pengguna dengan www dan sumber daya yang disebut sebagai url (Silahkan dibaca tentang: pengertian URL).

Setelah itu http akan masuk ke protokol menggunakan TCP/IP, lalu menampilkan data yang diperoleh ke dalam sebuah browser. Sesudah itu pengguna bisa melihat situs web beserta isinya melalui browser.

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Cara kerja protokol http secara singkatnya dalam transmisi data bisa digambarkan seperti berikut ini:

  • http klien akan membuat sebuah sambungan dan mengirim permintaan dokumen kepada web server.
  • Setelah itu http server memproses permintaan tersebut dan http klien menunggu respon.
  • Web server merespon permintaan dengan sebuah kode status data dan menutup sambungan ketika proses permintaan sudah selesai.
Kembali ke Menu Pembahasan ?

Kelemahan Protokol http

Meskipun protokol http banyak digunakan untuk alamat website, termasuk website perusahaan, tetapi perlu untuk diketahui bahwa ada beberapa kelemahan apabila menggunakan protokol http, berikut ini adalah kelemahan atau kekurangan dalam menggunakan http:

Keamanannya kurang terjamin

Sekarang ini sudah banyak website dengan domain http yang dipergunakan untuk sebuah penipuan, merusak ataupun menyebarkan virus. Banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab menggunakan protokol http untuk melakukan hal-hal yang merugikan orang lain, contohnya untuk penipuan undian berhadiah, penipuan lowongan kerja, sebagai alat transfer virus dan lain-lain. Sehingga http kurang cocok untuk digunakan sebagai alamat website sebuah perusahaan karena dapat membuat kredibilitas perusahaan atau bisnis kurang dipercaya oleh pengguna. Saat ini sudah banyak pengguna internet yang lebih memilih untuk berselancar pada situs web dengan domain https.

Rentan dari penyebaran virus

Media pada http sangat rawan dan rentan untuk penyebaran berbagai virus berbahaya yang dapat merugikan pengguna internet terutama pada media blog. Apabila web yang menggunakan http terserang virus, maka akan merusak jaringan secara otomatis. Tingkat kerentanan http dapat terjangkit virus dapat dibilang cukup tinggi.

Data tidak terenkripsi

Enkripsi atau keamanan data pada protokol http masih dibilang kurang terjamin. Hal tersebut dapat dibuktikan dari website vital seperti internet banking, online shop dan website pemerintah yang pasti sudah menggunakan https bukan http. Alasan lebih baik menggunakan http dari pada http yaitu karena http tidak bisa melakukan autentikasi, integritas data dan kerahasiaan data seperti pada protokol https.

Kembali ke Menu Pembahasan ?

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian fungsi dan cara kerja http. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat untuk kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar