Skip to main content

Pengertian Email: Apa itu Email?

Pengertian Email – Saat ini ilmu teknologi telah berkembang pesat dan mempengaruhi kehidupan kita di berbagai bidang termasuk dalam hal berkomunikasi. Pada zaman dahulu mengirim surat kepada orang lain dilakukan dengan menulis pada selembar kertas, lalu mengirimnya melalui layanan pos atau yang sejenisnya. Berbeda dengan sekarang, kita bisa mengirim surat dengan mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan email. Apa itu email? Seperti apakah email itu. Pastinya diantara kalian sudah banyak kan yang menggunakan email? Jadi mungkin sudah banyak yang tahu dengan apa yang dimaksud email. Namun bagi teman-teman yang masih awam tentunya belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan email. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan tentang arti dari email (definisi email). Selain menjelaskan tentang pengertian email secara umum di sini juga kami berikan beberapa pengertian email menurut para ahli. Tidak hanya itu untuk menambah pemahaman di sini juga kami jelaskan bagaimana cara kerja email, fungsi dan manfaat email dan juga jenis-jenis email.
Pengertian Email

Pengertian Email Secara Umum

Email merupakan singkatan Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Pengertian email adalah sarana yan digunakan untuk mengirim dan menerima pesa atau surat dengan format digital malalui jaringan komputer dan internet. Dengan Email mengirim pesan atau surat akan lebih menghemat waktu karena hanya memerlukan beberapa menit surat/pesan kita sampai tujuan dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa(pos). Isi surat atau pesan pada Email dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan vidio. Email tidak hanya digunakan untuk mengirim surat/pesan saja,tapi juga diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Email menurut Para Ahli

Beberapa pengertian email menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut ini:
  • Pengertian email menurut Happy Chandraleka, bahwa email adalah suarat yang disampaikan lewat perangkat elektronik yang disebut komputer.
  • Pengertian email menurut Ali Zaki dan Smitdev Community adalah surat elektronik yang dapat memungkinkan semuar orang bisa saling kirim pesan dengan adanya jaringan internet.
  • Pengertian email menurut Tyas Vanneza, email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.
  • Pengertian email menurut Jasmadi dan E-media Solusindo, email yaitu singkatan dari electronic mail. Email merupakan metode kirim pesan secara elektronik dengan internet.
  • Pengertian email menurut Erima Oneta dan Yosep. S, menyatakan bahwa email ialah salah satu fasilitas internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Melalui e-mail kita bisa menyusun, mengirim, membaca, membalas serta mengelola pesan secara elektronik, mudah, tepat, cepat serta aman.
  • Pengertian email menurut Darma, Jarot S, Shenia A, email yaitu singkatan dari electronic mail, yang memiliki prinsip kurang lebih sama seperti kita berkirim surat, hanya saja melalui internet bukan pos.
  • Pengertian email menurut Jack Popo, email merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk berbagi foto lewat internet. Yang dibutuhkan dalam melakukan hal ini yaitu koneksi internet dan sebuah account email yang aktif.
  • Pengertian email menurut Indar Kertarajasa Furqon, bahwa email adalah singkatan dari electronic mail yang jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email dipakai untuk melakukan kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Email

Sebetulnya cara kerja email itu sederhana. cara kerja email secara singkatnya itu seperti halnya pada saat kita menulis surat kepada orang lain, yang membedakan yaitu email bisa disertai dengan file-file tertentu yang ingin kita kirim selain itu waktu pengiriman lebih cepat. Berikut ini adalah cara kerja email beserta gambarnya.

  1. Yang pertama pemilik email harus membuka emailnya terlebih dahulu dan kemudian menulis isi pesan yang akan dikirimnya.
  2. Setelah itu, pengguna email memberikan sebuah instruksi pada aplikasi email untuk mengirim pesan kepada alamat email yang akan dikirimi pesan.
  3. Selanjutnya email server akan melakukan identifikasi alamat email tujuan, kemudian mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya berada dekat dengan alamat tujuan. Sebuah email terkadang dikirim melalui beberapa email server, tergantung dari rute yang akan dilaluinya.
  4. Pada saat pesan email terkirim kepada alamat email penerima, maka isi dari pesan tersebut tersimpan di email server sampai si penerima membuka pesan tersebut.
  5. Ketika penerima membuka pesan di inbox/ kotak pos, maka aplikasi email si penerima akan meminta email baru yang ada di email server kemudian mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  6. Setelah itu, penerima email bisa melihat dan membaca isi dari pesan yang telah diunduh tersebut.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi dan Manfaat Email

Berdasarkan penjelasan dari pengertian email di atas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi atau manfaat email secara umum adalah untuk mengirim dan menerima pesan. Sedangkan manfaat dan fungsi penggunaan email lebih lanjut adalah sebagai berikut ini.
  • Mengirim dan Menerima Pesan
  • Untuk mengirim dan menerima pesan email di manapun berada saat ada gadget dan jaringan internet merupakan kegunaan email yang paling umum. Pesan tersebut bisa dikirim ke tujuan dengan waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik sudah sampai. Kecepatan pengiriman tersebut tentunya dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik dari si pengirim maupun si penerima.
    Pengertian Email
  • Mengirim dan Menerima File
  • Selain mengirim pesan, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai macam jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik dalam bentuk foto, audio, video, teks, dan lain-lain. File tersebut biasanya ditambahkan dalam lampiran (attachment).
    Pengertian Email
  • Sebagai Identitas Diri
  • Email juga dapat digunakan sebagai identitas diri kita di internet, di mana orang lain bisa menghubungi kita dengan menggunakan alamat email yang kita miliki. Di berbagai aspek, penggunaan email bagi setiap orang sudah menjadi hal yang wajib. Email seringkali dijadikan syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai macam layanan digital, sebagai contoh untuk aktivasi layanan berlangganan surat, aktivasi smartphone dan yang lainnya.
  • Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs
  • Saat ini bagi sebagian besar website, memerlukan email penggunanya supaya dapat melakukan aktivitas di website tersebut. Misalnya situs media sosial, situs e-commerce, situs forum, game online dan berbagai macam layanan yang lain yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan email yang dimilikinya. Hal itu dikarenakan beberapa layanan website tersebut memerlukan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya dapat dilakukan apabila pengguna mempunyai alamat email yang valid.
    Pengertian Email
  • Email untuk Media Pemasaran
  • Sekarang ini media email banyak yang digunakan sebagai sarana pemasaran online. Sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran lewat email untuk dapat meningkatkan penjualannya. Pemasaran lewat email merupakan salah satu bentuk pemasaran online yang tergolong cara lama. Namun sampai sekarang ini email marketing masih bisa dibilang efektif.
    Pengertian Email
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Email

Mengacu dari pengertian email di atass, terdapat 3 jenis email yang bisa diklasifikasikan. Berikut ini adalah jenis jenis email dan penjelasannya
  1. POP Mail
  2. POP mail (Post Office Protocol) yaitu jenis email yang diperoleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerjanya.
  3. Webmail
  4. Webmail yaitu email yang berbasis website. Jadi, pengguna email jika ingin membuka email yang dimilikinya, dia harus membuka halaman situs dari penyedia layanan email tersebut.
  5. Forward Mail
  6. Forward mail adalah sebuah layanan email yang meneruskan atau memforward email yang diterima oleh pengguna ke alamat email yang lainnya. Forward mail umumnya hanya dipakai oleh mereka yang sering berganti-ganti alamat email.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian email. Semoga tulisan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat bagi kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar