--> Skip to main content
Menu

Apa Itu SSD NVMe dan Mengapa NVMe Bagus

SSD NVMe merupakan jenis SSD (Solid State Drive) terbaru yang menjanjikan kecepatan dan performa tinggi dibandingkan SSD SATA konvensional.

NVMe singkatan dari Non-Volatile Memory Express, sebuah antarmuka dan protokol baru khusus untuk SSD yang dirancang untuk menggantikan SATA lama.

Berikut beberapa alasan utama mengapa SSD NVMe lebih unggul dibandingkan SSD SATA:

1. Kecepatan Transfer Data Luar Biasa

Keunggulan utama NVMe adalah kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi, baik secara sekuensial maupun acak.

NVMe mampu mencapai kecepatan baca sekuensial hingga 7.000 MB/s dan tulis sekitar 5.000 MB/s. Angka ini jauh melampaui SSD SATA tercepat sekalipun yang hanya sekitar 550 MB/s untuk baca dan 500 MB/s untuk tulis.

Untuk akses data acak, NVMe meraih hingga 750.000 IOPS dibandingkan SSD SATA yang hanya sekitar 100.000 IOPS.

Menurut pakar teknologi AFP1, pada lamannya yang berjudul "How to Choose between NVMe and SATA SSDs" menjelaskan bahwa SSD NVMe unggul dalam hal kecepatan transfer data dibandingkan SSD SATA. SSD NVMe sangat cocok untuk keperluan komputasi berkinerja tinggi.

2. Antarmuka PCIe dan Protokol NVMe

Kecepatan NVMe berasal dari dua hal utama: antarmuka PCIe dan protokol NVMe itu sendiri.

NVMe menggunakan antarmuka PCI Express (PCIe) yang memiliki bandwidth sangat lebar hingga 32 GB/s dibanding SATA yang terbatas pada 600 MB/s.

NVMe juga memanfaatkan protokol komunikasi antara SSD dan sistem yang jauh lebih efisien daripada protokol SATA konvensional. NVMe didesain khusus untuk SSD sejak awal sehingga performanya dioptimalkan.

Kombinasi antarmuka super cepat PCIe dan protokol NVMe yang ramping inilah yang memungkinkan SSD NVMe meraih kecepatan transfer data yang jauh di atas standar apapun saat ini.

3. Latensi Rendah

Selain kecepatan mentah, NVMe juga menawarkan latensi yang sangat rendah, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk merespons permintaan baca/tulis dari sistem.

NVMe mampu merespons dalam hitungan nanosekon, jauh lebih cepat ketimbang SSD SATA. Hal tersebut berkontribusi pada performa keseluruhan NVMe yang terasa sangat responsif.

Contoh nyatanya, NVMe mampu memuat Windows 10 kurang dari 10 detik, sementara SSD SATA membutuhkan waktu 15-25 detik untuk hal yang sama.

4. Mendukung Banyak Antrian Perintah Paralel

Salah satu fitur canggih NVMe adalah dukungan untuk antrian perintah paralel massif hingga 65.535. SSD NVMe bisa memproses ribuan permintaan baca/tulis secara bersamaan.

Hal ini sangat berbeda dengan SATA yang hanya bisa memproses satu perintah dalam satu waktu (queuing serial). Kemampuan paralel NVMe inilah yang memacu performa SSD ke level yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

5. Masa Depan Penyimpanan Data

Dengan semua keunggulan di atas, NVMe diyakini sebagai masa depan teknologi penyimpanan data. NVMe mendefinisikan ulang batasan kecepatan yang mungkin dicapai oleh SSD.

Sementara SATA sudah hampir mencapai titik jenuhnya, NVMe masih sangat baru dengan banyak potensi yang bisa ditimba. Kita baru melihat sebagian kecil dari apa yang bisa dicapai NVMe ke depannya.

Dengan terus berinovasi dalam bidang memori flash 3D NAND dan kontroler SSD, performa NVMe diperkirakan akan terus melesat dalam beberapa tahun mendatang. NVMe merupakan investasi masa depan yang sangat layak dipertimbangkan.

Itulah penjelasan tentang apa itu SSD NVMe dan mengapa NVMe lebih unggul dibandingkan SSD SATA konvensional dari segi kecepatan transfer data, latensi rendah, dan dukungan antrian perintah paralel. NVMe merupakan pilihan terbaik saat ini dan masa depan untuk kebutuhan penyimpanan data berkinerja tinggi.