Pengertian Operating System

Advertisement
Pengertian operating system - Jika kita berbicara tentang sebuah komputer, tentunya kita sering mendengar kata operating system atau sistem operasi. Operating system merupakan sesuatu yang perlu dipelajari sebagai informasi dasar tentang teknologi informasi terutama bagi yang sering menggunakan komputer. Nah apa itu operating system? Seperti apa arti dari operating system? Tentunya teman-teman ada yang sudah mengerti tentang apa yang dimaksud operating system, namun bagi yang belum mengerti tentang apa yang dimaksud dengan operating system, bisa mempelajarinya di sini. Di sini selain kami jelaskan tentang definisi operating system, juga kami jelaskan tentang cara kerja operating system, fungsi operating system dan juga contoh operating system.
Pengertian Operating System

Pengertian Operating System

Sistem operasi atau operating system adalah salah satu software atau perangkat lunak yang tugasnya bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan software atau aplikasi di dalam sebuah sistem komputer. Dengan kata lain, sistem operasi merupakan sistem yang mengendalikan operasi dasar serta memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana semestinya. Karena sistem operasi dapat memungkinkan suatu aplikasi bisa berfungsi, maka sistem operasi disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya bisa berfungsi karena adanya sistem operasi kecuali apabila komputer sedang dalam keadaan booting.

Cara Kerja Operating System

Cara kerja operating system adalah sebagai berikut:
Pengertian Operating System
Sebenarnya operating system merupakan penghubung antara hardware dan software. Ketika komputer dinyalakan pertama kalinya, maka kita akan tahu bahwa yang sedang berjalan ialah sistem operasi dan setelah komputer menyala, barulah aplikasi atau program dapat berjalan. Intinya operting system atau sistem operasi adalah sistem yang berada pada lapisan pertama di mana memori harddisk di letakkan.

Fungsi Operating System

Fungsi operating system adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.
  • Untuk mengatur kerja hardware dan juga software.
  • Untuk menyajikan tampilan.
  • Sebagai wadah aplikasi atau program.
  • Untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  • Untuk mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program.
  • Untuk mengoptimalkan fungsi perangkat komputer.

Contoh operating system

Contoh operating system adalah PC- DOS (Personal Computer Disk Operating System), MS- DOS (Microsoft Disk Operating System), Microsoft Windows (Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows Vista, Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8), Linux, Unix, MAC OS (Macintosh Operating Sistem), IBM OS/2, Free BSD, Chrome OS, Solaris dan lain-lain.

Demikian apa yang dapat kami tuliskan tentang pengertian operating system. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru