--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Wawancara Kerja dan Apa Tujuannya

Setelah melamar pada salah satu atau beberapa lowongan kerja Indonesia biasanya akan ada panggilan untuk mengikuti tes atau seleksi rekrutmen calon karyawan. Nah, salah satu jenis tes selain psikotes yang keberadaannya cukup penting dalam rekrutmen calon karyawan di suatu perusahaan adalah tes wawancara kerja. Lalu, apa itu wawan cara kerja? Nah, bagi anda yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang apa itu wawancara kerja dan apa tujuannya berikut ini.

Apa Itu Wawancara Kerja

Apa Itu Wawancara Kerja

Wawancara kerja atau interview kerja adalah sebuah percakapan secara formal dan mendalam yang dilakukan oleh pewawancara dengan pelamar kerja untuk mengevaluasi pelamar kerja. Dalam seleksi penerimaan karyawan, wawancara kerja menjadi salah satu tahapan yang harus dilewat oleh seseorang yang melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Umumnya proses wawancara kerja berisi Tanya jawab. Pihak HR memberikan pertanyaan dan si pelamar kerja menjawab pertanyaan. Tujuanya adalah untuk mengorek informasi dari si pelamar. Karena itulah, biasanya momen ini menjadi momen yang mendebarkan bagi pelamar kerja. Setiap pelamar kerja pasti berharap semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara bisa terjawab dengan benar. Sehingga pada akhirnya hasil wawan cara tersebut dapat digunakan sebagai penentu apakah si pelamar kerja layak untuk diterima sebagai seorang karyawan atau tidak.

Adapun tahapan yang terdapat dalam wawan kerja atau interview kerja yaitu terdiri dari persiapan wawancara, penciptaan hubungan atau pengarahan, pertukaran informasi, terminasi hingga evaluasi.

Tujun Wawancara Kerja

Tujuan diadakannya wawancara kerja sendiri terbagi menjadi dua yaitu tujuan wawancara bagi perusahaan dan tujuan wawancara bagi pelamar kerja.

Tujun Wawancara Kerja Bagi Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, tujuan diadakannya wawancara kerja adalah sebagai berikut:

  • Sebagai suatu cara dalam menentukan dan menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar kerja dengan persyaratan jabatan yang dilamarnya.
  • Untuk mengetahui seperti apa kepribadian yang dimiliki pelamar kerja.
  • Untuk mengorek informasi relevan yang dituntut dalam suatu persyaratan jabatan.
  • Untuk memperoleh informasi tambahan yang dibutuhkan untuk jabatan dan perusahaan.
  • Untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelamar yang layak diberi penawaran kerja.

Tujun Wawancara Kerja Bagi Pelamar Kerja

Bagi pelamar, tujuan wawancara kerja adalah sebagai suatu kesempatan untuk menjelaskan secara langsung mengenai pengetahuan yang dimiliki, keterampilannya, pengalaman, serta strategi kerja dan sikap dalam mengatasi berbagai masalah dalam situasi yang terjadi di lingkungan kerja.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang apa itu wawancara kerja dan apa tujuannya pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat menambah pengetahuan anda semua. Terutama bagi anda yang saat ini akan menjalani tes wawancara kerja di suatu perusahaan tempat anda melamar kerja.