Pengertian Wawancara Kerja

Advertisement
Pengertian wawancara kerja – Seorang calon karyawan setelah mengajukan lamaran di sebuah perusahaan tentunya ada yang namanya tes wawancara kerja. Tahukah kamu apa itu wawancara kerja? Seperti apa yang dimaksud tes wawancara kerja? Nah pada pembahasan inilah kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud wawancara kerja agar nantinya kamu tahu dan bisa menjelaskan definisi wawancara kerja atau arti wawancara kerja. Di sini selain menjelaskan tentang pengertian tes wawancara kerja juga kami jelaskan tahap tahap wawancara kerja, tujuan wawancara kerja, dan jenis wawancara kerja. Silahkan simak berikut ini penjelasannya.
Pengertian Wawancara Kerja

Pengertian Wawancara Kerja

Wawancara atau yang disebut sebagai interview adalah sebuah percakapan yang terjadi antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk memperoleh informasi melalui percakapan yang berupa pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara.

Wawancara kerja adalah suatu bentuk percakapan yang formal dan mendalam yang diadakan untuk mengevaluasi pelamar. Pewawancara akan mencari dari tiga pertanyaan dasar yaitu: dapatkan pelamar mengerjakan pekerjaannya?; akankah pelamar mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan tepat?; dan bagaimana pelamar dibandingkan dengan pelamar lain yang dipertimbankan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.


Tahap Tahap Wawancara Kerja

Secara umum, tahap tahap interview kerja adalah terdiri atas lima bagian, yaitu: persiapan wawancara, pengarahan/ penciptaan hubungan, pertukaran informasi, terminasi, dan evaluasi.

Tujuan Wawancara Kerja

Tujuan wawancara kerja adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk mengetahui kepribadian seorang pelamar.
  • Untuk membantu perusahaan mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.
  • Untuk mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan.
  • Untuk memperoleh informasi tambahan yang dibutuhkan bagi jabatan dan perusahaan.

Jenis Wawancara Kerja

Jenis jenis wawancara kerja adalah sebagai berikut ini:
  • Wawancara seleksi yaitu apabila kandidat atau pelamar menduduki jabatan berjumlah lebih dari satu orang, maka perlu dilakukan wawancara kerja untuk menyeleksi siapa pelamar yang paling terkualifikasi sehingga dapat lanjut ke tahap seleksi selanjutnya. Biasanya wawancara seleksi berlangsung cukup singkat antara 15 menit sampai 30 menit.
  • Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan oleh banyak recruiter agar lebih menghemat biaya, dan lebih efisien waktu. Karena itulah seorang pelamar harus siap dihubungi untuk sewaktu-waktu. Sebab recruiter seringkali tidak memberikan pilihan bagi pelamar untuk menentukan kapan waktu dirinya siap untuk diwawancarai lewat telepon.
  • Wawancara di kampus atau di sekolah, walaupun tidak banyak dari perusahaan yang melakukan wawancara di kampus, tetapi bagi perusahaan-perusahaan tertentu yang mencari lulusan untuk dilatih lebih lanjut, maka cara wawancara ini sangatlah efektif sebab memberikan akses bagi perusahaan tersebut untuk memperoleh kandidat terbaiknya yang mungkin sangat sulit didapat apabila menunggu kadidat tersebut datang untuk melamar.
  • Wawancara Teleconference: Karena perkembangan dunia teknologi saat ini semakin pesat maka wawancara ini mungkin untuk dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Perusahaan yang ada di Indonesia beberapa diantaranya juga sudah banyak yang melakukan jenis wawancara ini.
  • Wawancara di pameran kerja: Pameran kerja merupakan sebuah pameran yang diadakan untuk menjebatani perusahaan dengan para pencari kerja. Sehingga wawancara kadang akan dilakukan secara langsung saat diadakannya pameran kerja.

Itulah pengertian wawancara kerja, sekarang anda sudah tahu kan penjelasannya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru