--> Skip to main content
Menu

Cara Menghubungkan Chat GPT dengan WhatsApp untuk Membalas Pesan

Saat ini, Chatbot GPT telah menjadi salah satu teknologi AI (Artificial Intelligence) yang sangat popular. Dimana teknologi ini mampu membentuk komunikasi dengan pengguna melalui teks, audio, maupun video. Itu artinya anda dapat menggunakan chat gpt.com untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun untuk mengakses informasi. Lalu apa itu chat GPT? bagaimana cara menghubungkan Chat GPT dengan WhatsApp untuk membalas pesan? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghubungkan Chat GPT dengan WhatsApp untuk Membalas Pesan

Pengertian Chat GPT

Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah teknologi AI yang bergerak berdasarkan algoritma yang dapat digunakan untuk membangun sebuah robot penjawab atau chatbot yang mampu memahami dan membalas berbagai pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya.

Tentunya kehadiran Chat GPT ini sangat membantu bagi perusahaan dalam menangani tugas seperti menjawab seputar pertanyaan yang diajukan pelanggan, memberikan layanan pelanggan dan masih banyak yang lainnya. Dengan cara mengintegrasikan antara Chat GPT dengan WA (WhatsApp), anda dapat membangun chatbot yang bisa membalas segala pesan atau pertanyaan yang dikirimkan oleh orang lain melalui WhatsApp secara otomatis.

Cara Menghubungkan Chat GPT dengan WhatsApp

Bagi anda pengguna WhatsApp, cara ini tentu dapat membantu anda dalam menangani tugas-tugas seperti memberikan layanan pelannggan dan menjawab pertanyaan. Berikut ini adalah cara menghubungkan chat gpt dengan WhatsApp (chat gpt whatsapp).

Cara mendapatkan API dari OpenAI

  • Silahkan anda akses https://openai.com/api/ pada browser kemudian login menggunakan akun masing-masing.
  • Selanjutnya anda klik pada menu profile (sebelah kanan atas), lalu pilih View API key.
  • Setelah itu, klik tombol Create new Secret Key.
  • Silahkan Simpan key yang sudah didapatkan.

Pasang OpenAI API di Aplikasi DEWA (Dekstop WAtsapp Auto)

  • Buka Aplikasi DEWA (Dekstop WAtsapp Auto), kemudian klik menu External API (pada bagian atas)
  • Copy dan Pastekan API key yang telah kita simpan ke kolom yang tersedia pada aplikasi DEWA, kemudian klik Save API Key lalu OK.
  • Selanjutnya klik Menu Auto Replay, klik New untuk buat request di Autoreply, cetang ChatGPT (OpenAI). Reply with wajib ada RESPONSEGPT diapit tanda kurung lancip, dapat dikombinasi dengan button/ menu/ footer dan juga dapat diberikan Hak Akses ke pengguna yang terdaftar.

Setelah sudah terhubung, anda dapat menggunakan Chat GPT dengan WhatsApp tersebut untuk membalas segala pesan yang dikirim melalui WA secara otomatis. Cara menghubungkan Chat GPT dengan WhatsApp ini akan membantumu anda dalam menangani tugas-tugas seperti memberikan layanan pelanggan dan menjawab pertanyaan pelanggan. Dengan demikian, anda bisa lebih meningkatkan efektivitas dan kinerja bisnis anda.

Selain itu dengan Chat GPT, juga memiliki manfaat lain yaitu membantu dalam meningkatkan interaksi pelanggan dan keamanan data. Dengan Chat GPT tentu akan lebih menghemat waktu, karena anda tetap dapat memastikan bahwa segala pertanyaan dan masalah pelanggan bisa terjawab dengan cepat dan tepat waktu.