--> Skip to main content

Pengertian Artificial Intelligence Dan Contohnya

Saat ini Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang sedang popular. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya bidang industri yang telah memanfaakan teknologi AI tersebut, mulai dari bidang keuangan, kesehatan dan lain-lain. Selain itu Artificial Intelligence juga sudah banyak diterapkan di kehidupan sehari-hari. Lalu apa itu artificial intelligence? Bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud artificial intelligence, kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian artificial intelligence di sini. Di sini selain membahas definisi dari apa itu artificial intelligence dan contohnya, juga kami bahas tentang kelebiahan artificial intelligence.

Pengertian Artificial Intelligence Dan Contohnya

Pengertian Artificial Intelligence

Pengertian Artificial Intelligence (AI) dalam bahasa Indonesia berarti Kecerdasan Buatan. Pengertian artificial intelligence adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Contohnya yaitu kemampuan dalam menjawab diagnosa dan pertanyaan dari pelanggan, perencanaan dan penjadwalan, pengendalian, serta pengenalan suara, tulisan tangan, dan wajah. Hal-hal tersebut sudah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi atas masalah di kehidupan yang nyata. Terdapat berbagai macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan, bidang-bidang tersebut diantaranya yaitu: game komputer, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, fuzzy logic dan robotika.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Artificial Intelligence Menurut Para Ahli

Beberapa definisi artificial intelligence menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • John McCarthy (1956), bahwa pengertian artificial intelligence adalah usaha untuk memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain suatu mesin supaya bisa menirukan perilaku manusia.
  • Herbert Simon (1987), bahwa artificial intelligence adalah tempat sebuah penelitian, aplikasi dan intruksi yang berhubungan dengan pemrograman komputer dalam melakukan sesuatu hal menurut pandangan manusia cerdas.
  • Rolston (1988), bahwa artificial intelligence adalah suatu solusi yang berbasis komputer terhadap permasalahan yang ada, yang memakai aplikasi yang mirip seperti proses berpikir menurut manusia.
  • Rich dan Knight (1991), bahwa artificial intelligence merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana membuat suatu komputer bisa mengerjakan sesuatu yang masih lebih baik dikerjakan oleh manusia.
  • Setiawan (1993), bahwa artificial intelligence dapat didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang otomisasi tingkah laku yang cerdas.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan Artificial Intelligence

Kelebihan dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah sebagai berikut ini.

  • Artificial Intelligence bersifat teliti dan konsisten.
  • Artificial Intelligence lebih bersifat permanent.
  • Artificial Intelligence bisa lebih murah dibandingkan dengan kecerdasan alami.
  • Artificial Intelligence menawarkan kemudahan untuk digandakan atau dibagikan.
  • Artificial Intelligence bisa didokumentasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Artificial Intelligence

Dalam penerapannya, contoh artificial intelligence adalah sebagai berikut ini:

1. SYSTRAN

SYSTRAN merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk penerjemahan bahasa.

2. Delco Electronics

Delco Electronics merupakan mobil yang bisa mengemudikan sendiri dengan menggunakan pendeteksi tepi untuk bisa tetap bertahan di jalan.

3. Deep Blue

Deep Blue adalah program catur 1997 yang dapat mengalahkan Garry Kasparov seorang pecatur dunia.

4. Volkswagen AG

Volkswagen merupakan sistem pengemudi kendaraan otomatis yang telah diciptakan Jerman.

5. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan individu dapat berinteraksi secara nyata, dengan objek imajinasi hasil dari simulasi komputer.

6. Chatbot

Chatbot adalah sebuah program yang dapat memanipulasikan percakapan atau obrolan manusia melalui interaksi teks maupun suara.

7. Algoritma Pencarian Prediktif Google

Google menggunakan teknologi AI untuk memberikan saran atau rekomendasi konten bacaan dan situs-situs hiburan yang sesuai selera kamu.

8. Aplikasi Ojek Online (ojol)

Dalam aplikasi ojol teknologi AI digunakan untuk mengoptimalkan proses memilih pengemudi. Misal pada saat memesan ojol, maka aplikasi akan mencari pengemudi yang berada di lokasi paling dekat dengan pelanggan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian artificial intelligence dan contohnya. Semoga apa yang telah kami uraikan dalam blog temukan pengeritan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar