--> Skip to main content
Menu

Asal Usul Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

Salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal dan dihargai karena keanggunan dan kecantikannya adalah kucing angora. Asal usul dari kucing angora bisa ditelusuri di daerah Ankara di Turki yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Angora. Dilansir dari situs updatebanget meskipun belum ada catatan yang pasti tentang kapan pertama kali kucing Anggora muncul, akan tetapi sejarah telah mencatat bahwa jenis kucing ini sudah ada selama berabad-abad di wilayah tersebut.

Asal Usul Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

Baru pada abad ke-17 kucing angora, mulai menyebar ke wilayah Eropa kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia. Kucing angora dapat dihargai karena memiliki bulu yang panjang, berkilau dan lembut. Karena keindahannyalah, maka kucing angora ini menjadi hewaan peliharaan yang yang paling disukai.

Cara Merawat Kucing Anggora

Untuk merawat kucing angora memang perlu yang namanya perhatian ekstra terutama untuk bulunya yang tebal dan panjang. Adapun beberapa tips merawat kucing angora yang baik adalah sebagai berikut ini:

Menyisir secara tutin

Bulu kucing angora yang panjang tentu lebih rentan kusut dan bisa saja rontok. Maka dari itulah, menyisir bulunya yang panjang secara rutin itu perlu. Untuk menyisirnya, kamu bisa menggunakan sisir yang geriginya lembut agar bulunya yang halus dan lembut tidak rusak.

Memandikan secara Teratur

Meskipun kucing bisa membersihkan dirinya sendiri, tetapi untuk kucning angora mungkin memelrukan bantuan kita untuk membersihkan bulu-bulunya. Memandikan kucing secara teratur menggunakan shampoo khusus untuk kucing dapat membantu menjaga kebersihan dan kelembutan bulu-bulunya.

Memberikan Makanan Yang Berkualitas

Untuk mendukung kesehatan kucing anggora, sangat penting untuk memberikan makanan kucing yang berkualitas yang kaya akan nutrisi. Asupan makanan yang baik untuk kucing dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk bisa menjaga keindahan bulu-bulunya.

Memeriksakan Kesehatan secara Rutin

Kesehatan kucing anggora perlu untuk dilakukan pemantauan secara rutin. Untuk itu kamu perlu memeriksaka mata, telinga, gigi dan kukunya seara rutin di tempat dokter hewan. Dengan demikian kesehatan kucing anggora bisa lebih terjaga.

Memberikan Mainan Untuk Menunjang Aktivitas Fisiknya

Kucing anggora merupakan kucing yang aktif dan cerdas. Untuk itu memberikan mainan dan waktu bermain yang cukup sangat penting untuk menunjang kebugaran fisik dan mentalnya. Jika kucing anggora memiliki fisik yang sehat maka kesehatan bulunya pun bisa lebih terjaga.

Pastikan Lingkungannya Bersih

Pastikan kucing anggora berada di lingkungan yang bersih dan nyaman. Kucing anggora bisa saja stress jika berada di lingkungan yang kotor dan berantakan. Oleh karena itu, menyediakan tempat tidur yang bersih dan lembut sangat penting untuk kenyamanan kucing anggora.

Memberikan Vaksinasi dan Perawatan Kesehatan

Ikutilah jadwal vaksinasi yang telah dianjurkan dokter hewan. Selain itu, juga penting untuk memberikan perawatan kesehatan tambahan yang dianjurkan untuk pencegahan dan mengatasi masalah sumum yang sering dialami kucing anggora.

Baca juga artikel tentang: Temukan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Di Sini

Dengan memberikan perawatan yang baik dan tepta untuk kucing anggora, maka kucing anggora akan tumbuh sehat dan bisa menjadi teman setia yang menarik untuk dipelihara. Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan dalam blog temukan pengertian, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.