--> Skip to main content
Menu

Apa itu Desain Laboratorium Dynamic Modular

Di era perkembangan industri dan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, laboratorium menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Dimana laboratorium ini menjadi tempat dilakukannya sebuah penelitian, inovasi dan juga pengembangan. Dalam hal ini menjadikan laboratorium sebagai tempat yang efisien, fungsional dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang terus mengalami perubahan adalah hal yang penting. Salah upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan desain laboratorium dynamic modular. Dimana untuk menerapkan hal itu peran Konsultan Desain Laboratorium sangatlah diperlukan. Lalu seperti apa sih desain desain laboratorium dynamic modular itu? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Desain Laboratorium Dynamic Modular

Apa itu Desain Laboratorium Dynamic Modular

Desain Laboratorium Dynamic Modular merupakan pendekatan yang dilakukan dalam merancang sebuah laboratorium yang memungkinkan fleksibilitas secara maksimal. Itu artinya laboratorium bisa mudah disesuaikan dengan perubahan kebutuhan penelitian dan pengembangan secara spesifik entah itu dari segi ukurannya, fungsinya hingga peralatan yang digunakan. Dimana konsep modular ini dapat memungkinkan laboratorium diatur ulang atau mungkin diperluas secara capat tanpa mengganggu kegiatan operasi yang berlangsung.

Kelebihan Desain Laboratorium Dynamic Modular

Adapun beberapa kelebihan dari desain laboratorium dynamic modular, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fleksibilitas desain bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

Dengan menerapkan konsep modular, ruang laboratorium bisa disesuaikan sesuai kebutuhan yang spesifik dengan mudah. Itu artinya, pengguna bisa mengubah maupun menyesuaikan ruang laboratorium secara bebas sesuai jenis penelitian yang akan dilakukan.

2. Konstruksi modular menjadi solusi efisien

Konstruksi modular laboratorium dapat memungkinkan proses pengembangan laboratorium lebih cepat dan efisien. Hal itu karena komponen-komponen yang diguankan telah diproduksi sebelumnya, sehingga waktu pembangunan lebih cepat. Tentunya ini bukan hanya hemat waktu saja, akan tetapi juga bisa hemat biaya.

3. Penyesuaian cepat karena responsif terhadap perubahan

Perubahan merupakan hal yang tidak dapat terhindarkan terutama dalam bidang riset dan pengembangan. Dengan laboratorium dynamic modular, maka penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi bisa dilakukan dengan cepat. Pengguna bisa menyesuaikan ruang laboratorium dengan mudah sesuai kebutuhan dan perkembangan riset perlu tindakan perombakan secara besar-besaran.

4. Penggunaan ruang yang efisien sehingga produktivitas lebih maksimal

Desain Laboratorium Dynamic Modular dapat memungkinkan penggunaan ruang menjadi lebih efisien. Dengan desain yang sudah dioptimalkan, pengguna laboratoriaum dapat memaksimalkan penggunaan ruang laboratorium dengan baik sehingga produktivitas riset dan pengembangan yang dilakukannya bisa lebih optimal.

5. Kualitas kontrol lingkungan yang superior

Laboratorium dynamic modular menawarkan kualitas kontrol lingkungan yang superior dengan sistem ventilasi dan pemurnian udara yang canggih. Dengan demikian maka dapat memastikan lingkungan laboratorium akan aman dan bersih.

6. Memprioritaskan Keamanan dan keselamatan

Salah satu prioritas utama dalam desain laboratorium dynamic modular adalah pentingnya keselematan dan keamanan. Dalam hal ini laboratorium dynamic modular memiliki sistem pemadam kebakaran, sistem evakuasi dan prosedur keamanan yang ketat sehingga aman bagi setiap penggunanya.

Itulah penjelasan tentang apa itu desain laboratorium dynamic modular dengan berbagai kelebihannya. Nah bagi kamu yang ingin membangun laboratorium dengan desain dynamic modular, kamu bisa mempercayakan kepada PT LAB Technologi Indonesia. Karena, PT LAB Technologi Indonesia dapat memberikan solusi secara terpadu untuk kebutuhan laboratorium kamu. Adapun layanan yang dapat diberikan diantaranya adalah Konsultasi dan Perencanaan, Optimasi desain dan juga tata letak, Fabrikasi, Instalasi, Pemeliharaan, Relokasi, dan Perbaikan atau Renovasi Laboratorium.