--> Skip to main content
Menu

5 Manfaat Modal Usaha untuk Perkembangan dan Transformasi UMKM

5 Manfaat Modal Usaha untuk Perkembangan dan Transformasi UMKM
https://unsplash.com/photos/green-plant-in-clear-glass-cup-SoT4-mZhyhE

Sebagai pemilik usaha kita tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik, baik itu dari sisi produk, layanan hingga kemudahan transaksi yang bisa dilakukan. Pemerintah pun terus berupaya agar daya saing di sektor ekonomi nasional meningkat, salah satunya lewat pemberdayaan dan pembiayaan UMKM.

Seperti yang kita ketahui bersama, permasalahan umum dalam pengembangan bisnis UMKM adalah modal, sehingga diperlukan dukungan dari berbagai pihak terkait, utamanya dalam hal bantuan pendanaan usaha.

Transformasi UMKM di Indonesia

Kalau kita lihat sekarang industri UMKM di Indonesia sudah semakin berkembang, dan secara perlahan mulai beralih ke sistem digital. Sebuah survei yang dikutip oleh Kominfo mengatakan, ada 84% mitra UMKM yang beralih ke sistem pembayaran digital. Dari data tersebut juga diketahui banyak pegiat bisnis yang merasakan manfaatnya.

Sebagian dari mereka mulai bisa melakukan pencatatan keuangan secara teratur, mendapat akses ke berbagai layanan keuangan yang lebih luas, dan yang tak kalah penting mendapat lebih banyak pelanggan sebab memberikan kemudahan bertransaksi.

Agar dapat berada pada tahap tersebut, perlu pendanaan untuk mengembangkan bisnis, seperti yang dilakukan oleh pemerintah, dan didukung oleh berbagai pihak terkait, termasuk Amartha dengan menyediakan pendanaan modal usaha bagi masyarakat.

Dengan begitu, geliat bisnis di sektor usaha mikro kecil dan menengah bisa terus tumbuh, dan berkembang pesat.

Manfaat Modal Usaha untuk UMKM

Pembiayaan UMKM adalah angin segar bagi pegiat usaha di bidang ini. Karena dengan adanya bantuan tersebut, mereka bisa meningkatkan daya saing di era digitalisasi ini. Berikut beberapa manfaat modal usaha bagi UMKM, antara lain:

1. Dukungan Pengembangan Bisnis

Keterbatasan modal adalah masalah umum yang dihadapi setiap bisnis. Dengan adanya pendanaan modal usaha, para pemilik bisnis bisa mengembangkan dan menjalankan bisnis secara efisien. Dana yang tersedia juga bisa dipakai untuk membeli peralatan serta meningkatkan produksi.

2. Mengurangi Risiko Kegagalan

Modal usaha yang cukup dapat menyelamatkan bisnis dari kegagalan. Karena kita masih memiliki cadangan uang ketika menghadapi masa-masa sulit dan mendesak. Sebab dalam bisnis pastinya kondisi tidak selalu stabil. Ada kalanya penjualan tinggi, ada pula kondisi saat penjualan menurun.

3. Memperluas Jangkauan Bisnis

Ketika usaha yang dijalankan mulai stabil, kita biasanya akan berpikir untuk membuka cabang baru guna memperluas jangkauan. Kita bisa menggunakan modal usaha yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan ini, sehingga usaha yang sudah ada tetap berjalan, sembari menunggu cabang usaha baru siap dijalankan.

4. Peluang Pertumbuhan

Selama proses menjalankan bisnis, kita akan menemukan peluang-peluang yang tak terduga. Untuk mengambil peluang tersebut, tentunya kita harus memiliki modal yang cukup. Misalnya ketika kita ingin membeli bahan baku di saat sedang ada diskon, maka kita bisa menggunakan modal sesuai alokasi yang telah ditentukan.

5. Membangun Branding

Modal usaha usaha yang dimiliki juga bisa dimaksimalkan dalam hal pemasaran dan promosi. Dengan begitu, kita tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun branding dan kepercayaan dari sisi konsumen. Itu akan membuat usaha kita bertahan lama.

Apabila saat ini kamu juga memerlukan tambahan modal usaha, kamu bisa memanfaatkan pembiayaan UMKM yang disediakan oleh Amartha. Lewat pendanaan usaha ini, kamu bisa mendapat pinjaman modal mulai dari Rp3.000.000 rupiah tanpa jaminan apapun, dengan batas pengembalian hingga 50 minggu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk meneruskan dan mengembangkan usaha yang sudah berjalan. Sebab ada banyak peluang dan bantuan pembiayaan UMKM yang bisa kamu maksimalkan. Sehingga kamu lebih siap untuk memenangkan persaingan, dan menjadi lebih unggul dibanding kompetitor lainnya.