Pengertian Intonasi

Pengertian IntonasiIntonasi adalah/ Intonasi yaitu/ Intonasi merupakan/ yang dimaksud Intonasi/ arti Intonasi / definisi Intonasi.
definisi Intonasi

Intonasi adalah lagu kalimat. Intonasi kalimat ialah gabungan dari bermacam-macam gejala yang umumnya disebut tekanan nada, tempo, dan jeda dalam mengucapkan satu kalimat.
Intonasi merupakan lagu kalimat yang meliputi nada atau tinggi dan rendahnya lagu kalimat, dan dinamik atau keras dan lemahnya lagu kalimat. Intonasi yang kurang pas bisa menyebabkan kesalahan dalam sebuah komunikasi. Untuk itu perlu memahami intonasi pada saat berkomunikasi, bercakap dengan orang lain. Pola intonasi setiap kalimat tergantung pada tujuan yang dimaksudkan oleh penutur, artinya apabila penutur bermaksud memberitahukan sebuah intonasi, sedangkan untuk menanyakan sesuatu maka pola intonasinya menurun, demikian pula ketika penutur bermaksud mengajak atau menyuruh pendengar maka pola intonasinya cenderung meninggi. Karena itu jika ditinjau dari segi intonasi atau ketersediaan tanda baca akhir dalam bahasa Indonesia dan tanggapan yang diharapkan maka kalimat dapat dibedakan menjadi:
1. Kalimat berita atau deklaratif yang ditandai dengan tanda titik (.)
2. Kalimat perintah atau kalimat imperatif yang ditandai dengan tanda seru (!)
3. Kalimat tanya atau interogatif yang ditandai dengan tanda tanya (?)
Dengan demikian dalam bahasa Indonesia diketahui ada beberapa macam intonasi antara lain sebagai berikut:
1. Intonasi Berita.
2. Intonasi Pertanyaan.
3. Intonasi Perintah atau Suruhan.
Demikian informasi tentang Pengertian Intonasi semoga bisa dimengerti.

Artikel Terkait