Skip to main content

Pengertian Mouse (Fungsi Manfaat dan Jenis-jenis Mouse)

Pengertian mouse – Peralatan input pada komputer terdiri dari beberapa macam diantaranya yaitu keyboard dan mouse. Untuk keyboard penjelasannya bisa teman-teman baca pada artikel: Pengertian Keyboard. Sedangkan tentang apa itu mouse, akan kami bahas dalam artikel ini. Sebelumnya sudah tahukah teman-teman dengan apa yang dimaksud mouse? Mungkin teman-teman pernah mendapati pertanyaan “jelaskan definisi dari mouse”? Jika teman-teman belum tahu seperti apakah mouse itu (arti mouse pada komputer). Maka teman-teman bisa menyimak penjelasan dalam artikel ini yaitu tentang apa yang dimaksud dengan mouse, beserta fungsi mouse, manfaat mouse komputer, juga jenis-jenis mouse komputer dan gambarnya.

Pengertian Mouse

Pengertian Mouse

Mouse merupakan peralatan masukan/inputan selain keybord pada komputer. Mouse adalah alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula. Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke computer sesuai dengan pergerakan mouse.

Atau Pengertian mouse yaitu sebuah perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer, yang berguna untuk menggerakan kursor yang tampil pada layar komputer. Mouse merupakan perangkat keras yang dirancang untuk tujuan menjalankan program dan perintah dari user yang di instruksikan lewat gerakan sensor ketika dijalankan, sehingga bisa membuat pointer di monitor bergerak. Pada mouse terdapat tombol yang dapat digunakan untuk melakukan klik kiri, klik kanan dan juga untuk melakukan scroll.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Mouse

Fungsi mouse komputer adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
  • Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor.
  • Untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  • Untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
  • Untuk mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  • Mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
  • Sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
  • Untuk mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi.
  • Dapat digunakan uantuk memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet.
  • Untukmelakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Mouse Komputer

Manfaat mouse pada komputer ialah dengan kita menggunakan mouse pada komputer maka dapat memudahkan dan membantu kita melakukan pekerjaan ketika menggunakan komputer, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis pastinya sangat membutuhkan mouse.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Mouse Komputer dan Gambarnya

Berikut ini adalah jenis-jenis mouse beserta gambarnya:

Jenis mouse berdasarkan konektornya atau jenis mouse berdasarkan portnya

1. Mouse Serial

Di era komputer jaman dulu jenis mouse serial ini banyak digunakan. Yakni di era komputer pentium 1 hingga pentium 3 yang berjenis AT. Bentuk dari konektor mouse ini yaitu berupa serial yang mempunyai beberapa Pin di bagian ujung portnya.

Pengertian Mouse

2. Mouse PS2

Saat ini jenis mouse PS2 ada yang masih tetap menggunakan meskipun jumlah penggunanya tinggal sedikit saja, kareena sudah banyak mouse dengan tipe dan teknologi yang terbaru. Mouse PS2 dari segi bentuk konektornya memiliki ciri khas di bagian ujung port penghubungnya yang berwarna hijau, warna itulah yang dikenali untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru maupun ungu.

Pengertian Mouse

3. Mouse USB

Sampai saat ini muse jenis USB merupakan mouse yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Hal itu dikarenakan mouse USB sangat mendukung jika digunakan pada komputer jaman sekarang. Jika dilihat dari bentuk konektornya, mouse USB memiliki ciri khas yaitu berbentuk USB di bagian konektor ujung kabelnya.

Pengertian Mouse

4. Mouse Wireless/ Nirkabel

Teknologi baru dari mouse ialah dibuatnya mouse dengan fitur Wireless/ nirkabel. Dengan menggunakan wireless, maka mouse bisa digunakan tanpa menggunakan kabel. Selain itu mouse dapat digunakan dari jarak yang cukup jauh dengan komputer. Untuk menggunakan mouse wireless sangatlah mudah, tingggal mencolokan wireless device ke port USB dan mouse maka secara otomatis akan mendeteksi sinyal wireless tersebut.

Pengertian Mouse
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis mouse berdasarkan bentuknya

1. Mouse Standar

Mouse standar ialah jenis mouse yang sering kita gunakan. Jenis mouse ini dapat berupa mouse wireless maupun kabel, juga dapat berupa optic atau trackball dan juga dapat berupa mouse engan port PS.2 ataupun Port USB. Jenis mouse ini banyak dipakai di komputer Desktop. Jenis mouse ini mempunyai ukuran yang cukup besar, dan memang dibuat dengna ukuran yang pas ketika didekap dengan seluruh telapak tangan.

Pengertian Mouse

2. Mouse Fancy

Sebenarnya mouse fancy bukanlah jenis mouse resmi, tetapi jenis mouse ini banyak ditemukan di toko komputer. Biasanya mouse ini mempunyai bentuk-bentuk yang unik, misalnya seperti mobil, baju dan lain-lain. Lebih tepatnya mouse jenis ini hanyalah mouse biasa yang didesain unik agar lebih menarik. Mouse jenis ini dapat berukuran normal maupun kecil, mouse jenis ini rata-rata menggunakan port USB dan banyak digunakan pada laptop maupun notebook.

Pengertian Mouse

3. Mouse Mini

Mouse mini merupakan mouse yang mempunyai ukuran lebih kecil dibanding dengan mouse standar. Rata-rata jenis mouse ini menggunakan konektivitas wireless dan ada juga yang menggunakan port USB sebagai konektornya. Selain hal itu, mouse jenis ini juga menggunakan teknologi optic untuk inputan. Selain itu mouse ini mudah jika mau dibawa kemanapun dan pastinya sangat praktis. Sehingga jenis mouse ini banyak digunakan untuk komputer jinjing dan laptop, cocok diguankan untuk anak kuliahan mapun pelajar umum.

Pengertian Mouse
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian mouse. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar