--> Skip to main content

Pengertian Grafika Komputer dan Contohnya serta Pemanfaatannya

Dalam ilmu komputer terdapat bidang studi yang berhubungan dengan citra yaitu grafika komputer. Apa itu grafika komputer? Mungkin bagi kamu yang baru mendengarnya masih bingung dengan apa yang dimaksud grafika komputer. Maka dari itu di sini akan kami jelaskan pengertian grafika komputer agar kamu yang belum tahu bisa tahu apa yang dimaksud dengan grafika komputer. Penjelasan di sini mulai dari pengertian grafika komputer, contoh grafika komputer hingga pemanfaatan grafika komputer.

Pengertian Grafika Komputer dan Contohnya

Pengertian Grafika Komputer

Grafika komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berhubungan dengan proses pembuatan maupun manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafika komputer mempunyai bentuk sederhana yaitu grafika komputer 2D yang selanjutnya dikembangkan menjadi grafika komputer 3D, image processing atau pemrosesan citra, dan pattern recognition atau pengenalan pola.

Dapat pula di definisikan bahwa grafika komputer adalah suatu proses untuk menciptakan sebuah gambar berdasarkan dari deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung dalam gambar tersebut. Grafika komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Grafika Komputer

Tujuan grafika komputer yaitu untuk menghasilkan gambar/ citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut membutuhkan adanya data deskriptif yang digunakan untuk melukiskan elemen-elemen gambar. Data deskriptif meliputi koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality. Karena itulah grafika komputer sering kali disebut sebagai visualisasi data.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bidang Ilmu Grafika Komputer

Adapun bagian dari grafika komputer diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Geometri adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menggambarkan suatu permukaan bidang.
  • Animasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menggambarkan dan memanipulasi suatu gerakan.
  • Rendering adalah ilmu yang mempelajari tentang algoritme untuk menampilkan suatu efek cahaya.
  • Citra atau imaging adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengambilan dan penyuntingan suatu gambar.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Grafika Komputer

Berikut ini adalah beberapa contoh grafika komputer:

1. Pemodelan geometris

Pemodelan grafis adalah cabang dari ilmu matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari tentang metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Kebanyakan bentuk pemodelan grafis tersebut adalah 2D dan 3D.

Pemodelan geometris

2. Animasi

Animasi komputer merupakan seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer. Dulunya animasi memiliki prinsip yang sederhana, tetapi kini sudah berkembang menjadi beberapa jenis, diantaranya ialah animasi 2D dan 3D. Perbedaan antara animasi 2D dan 3D yaitu dilihat dari sudut pandangnya. Untuk animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D dengan menggunakan koordinat x, y dan z. Sehingga animasi 3D akan lebih memungkinkan melihat sudut objek secara lebih nyata.

Beberapa contoh software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 2D yaitu After Effects, Macromedia Flash, Corel R.A.V.E, dan lain-lain. Sedangkan software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D yaitu 3D Studio Max, Maya dan lain-lain. Adapun contoh bentuk animasi 2D yaitu, Doraemon, Detective Conan, Tintin dan lain-lain. Kemudian contoh animasi 3D yaitu: Wall E, Finding Nemo, Ratatouille dan lain-lain.

Animasi

3. Rendering

Rendering merupakan proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Ketika proses rendering berlangsung, seluruh data yang telah dimasukkan ke dalam proses modeling, animasi, texturing, dan pencahayaan menggunakan parameter tertentu akan diterjemahkan menjadi suatu bentuk output tertentu.

Rendering
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pemanfaatan Grafika Komputer

Pemanfaatan grafika komputer dalam berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, sains, bisnis, seni, dan hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:

1. User Interface

Pemanfaatan grafika komputer untuk tampilan antar muka komputer pada sistem operasi dan aplikasi modern, misalnya pada sistem operasi Windows dan aplikasi visual studio.

2. Pembuatan Presentasi

Pemanfaatan grafika komputer dalam pembuatan diagram-diagram. Misalnya penggunaan grafis dalam aplikasi otomasi perkantoran seperti aplikasi office yang telah menjadi trend aplikasi modern dengan adanya konsep point dan klik.

3. Pengontrolan Proses

Pemanfaatan grafika komputer untuk aplikasi visualisasi data dengan mengkonekkan alat dengan komputer melalui saluran USB atau RS-232. Digunakan untuk webcam, memonitor lokasi , pengawasan dan lain-lain.

4. Bidang teknik dan Industri

Pemanfaatan grafika komputer dalam bidang teknik dan industri, misalnya pembuatan desain bangun rumah, kerangka, model dan sketsa suatu produk kendaraan misalnya motor, mobil, pesawat dan lain-lain serta alat suku cadang. Biasanya menggunakan Computer-Aided Design (CAD) dan Computer-Aided Manufacturing (CAM).

5. Percetakan Digital

Pemanfaatan grafika komputer dalam bidang percetakan, misalnya untuk pembuatan brosur, buku billboard digital dan lain-lain.

6. Bidang Seni Dan Komersil

Pemanfaatan grafika komputer dalam bidang seni dan komersil, misalnya untuk lukisan digital, promosi barang-barang yang dijual online yang disertai dengan gambar.

7. Bidang Hiburan

Pemanfaatan grafika komputer dalam proses pembuatan dan produksi film animasi 2D dan 3D yang dilakukan dengan penggambaran setiap gerakannya. Sebagai contoh film Monster Inc.

8. Video Games

Video games merupakan suatu permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik yang berbentuk visualisai pada perangkat video. Aplikasi video games banyak beredar di pasaran mulai dari yang sederhana (2D) seperti tetris, hingga yang rumit (3D) yang membutuhkan resource lebih banyak seperti game sepakbola Pro Evolution Soccer. Dari yang standalone sampai yang online network seperti Ragnarok. Dari PC, console hingga yang mobile devices.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian grafika komputer dan contohnya beserta pemanfaatannya. Semoga informasi yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar