Pengertian Motivasi

Pengertian MotivasiMotivasi adalah/ Motivasi yaitu/ Motivasi merupakan/ yang dimaksud Motivasi/ arti Motivasi/ definisi Motivasi.
Motivasi yaitu

Motivasi adalah kunci utama pendamping semangat wirausaha. Semangat tanpa motivasi dapat diibaratkan bergerak tanpa hasrat untuk mencapainya. Semangat dan motivasi itu adalah pasangan serasi untuk memunculkan gairah dalam mewujudkan impian seseorang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Usaha yang dapat menyebabkan orang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya dengan perbuatannya.
Dari pengertian diatas dapat diartikan bahwa motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk melakukan suatu usaha karena ingin mencapai tujuan tertentu. Banyak orang gagal memotivasi diri untuk mencapai puncak karier, baik itu berwirausaha ataupun bekerja. Faktor penyebabnya sebagai berikut:
a. Tidak punya mimpi.
b. Tidak punya prinsip hidup.
c. Tidak punya visi/ tujuan.
d. Tidak mengenal dirinya sendiri.
e. Minder bila orang lain tahu bahwa ia menjadi wrausaha.
f. Tidak mau berubah. Sudah memutuskan untuk menjadi wirausaha tetapi anti perubahan. Ini yang paling beresiko, karena pilihan itu berarti hanya sekedar pelarian keterpaksaan saja.
g. Selalu terkenang kejayaan masa lalu yang sudah menjadi cirita (history).
h. Sudah memutuskan tetapi tidak berkomitmen.
i. Pikiran negative, pasti tidak memiliki semangat. Motivasi akan sulit terwujud jika segala sesuatu dipandang dengan pikiran yang negative.
j. Lamban bergerak.
k. Malas dan ingin tahu beres.
l. Tidak tahu dimana tingkat kebutuhan saat ini.
m. Egois.
Demikian yang dapat saya jelaskan tentang Pengertian Motivasi semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait