Pengertian Elastisitas Permintaan

Pengertian Elastisitas PermintaanElastisitas Permintaan adalah/ Elastisitas Permintaan yaitu/ Elastisitas Permintaan merupakan/ yang dimaksud Kelangkaan/ Arti Kelangkaan/ Definisi Kelangkaan.
Elastisitas permintaan adalah tingkat kepekaan permintaan terhadap perubahan harga. Perubahan harga berpengaruh terhadap tingkat permintaan atau pembelian. Elastisitas permintaan menunjukkan perbandingan antara perubahan relatif jumlah barang atau jasa yang dibeli dengan perubahan relatif harga. Hasil perbandingan tersebut ditamnamkan koefisien elastisitas permintaan.
Rumus elastisitas permintaan sebagai berikut:
Elastisitas Permintaan adalah

Keterangan:
Ed= elastisitas permintaan.
Q= jumlah permintaan awal
P= harga awal.
ΔQ= perubahan jumlah permintaan
ΔP= perubahan harga.
Macam- Macam Elastisitas permintaan:
1. Permintaan Elastis.
Permintaan Elastis yaitu koefisien elastisitas permintaan lebih besar dari satu. Hal ini terjadi bila persentase perubahan permintaan lebih besar dari persentase perubahan harga. Grafiknya memiliki keminringan yang landai.
2. Permintaan inelastis.
Permintaan inelastis yaitu koefisien elastisitas permintaan lebih kecil dari satu. Hal ini terjadi bila persentase perubahan permintaan lebih kecil dari persentase perubahan harga. Grafiknya memiliki kemiringan yang curam.
3. Permintaan elastis uniter.
Permintaan elastis uniter yaitu koefisien elastisitas permintaan sama dengan satu. Hal ini terjadi bila persentase perubahan permintaan sama dengan persentase perubahan harga. Grafiknya memiliki kemiringan 50 derajat.
4. Permintaan elastis sempurna/ permintaan elastis tidak terhingga.
Permintaan elastis sempurna, yaitu koefisien elastisitas permintaan sama dengan tidak terhingga. Hal ini terjadi bila pada harga tetap, besarnya permintaan adalah tidak terbatas. Grafiknya berbentuk lurus horizontal.
5. Permintaan inelastis sempruna.
Permintaan inelastis sempurna yaitu koefisien elastisitas permintaan sama dengan nol. hL ini terjadi bila pada tingkat harga yang berbeda-beda besarnya permintaan tidak berubah. Bentuk grafiknya lurus vertikal
Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Definisi Permintaan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait