Pengertian Motif Ekonomi

Pengertian Motif EkonomiMotif Ekonomi adalah/ Motif Ekonomi yaitu/ Motif Ekonomi merupakan/ yang dimaksud Motif Ekonomi/ Arti Motif Ekonomi/ Definisi Motif Ekonomi.
Motif Ekonomi adalah

Motif Ekonomi adalah setiap orang dapat melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi karena alasan tertentu. Ada dorongan yang kuat dari dalam diri orang untuk melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi. Alasan atau kegiatan yang mendorong orang melakukan kegiatan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif manusia melakukan tindakan ekonomi bermacam-macam dan berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Secara umum, ada dua motif yang mendasari seseorang melakukan tindakan ekonomi, yaitu motif berdasarkan alasan dan motif berdasarkan aspeknya.
a. Berdasarkan Alasannya.
Berdasarkan alasannya, motif ekonomi terdiri atas motif intrinsik dan motif ekstrinsik.
b. Berdasarkan Aspeknya.
BErdasarkan aspeknya, motif yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi berikut:
1. Motif untuk memenuhi kebutuhan.
2. Motif untuk meperoleh keuntungan.
3. Motif untuk memperoleh kekuasaan.
4. Motif kekuasaan ekonomi.
5. Motif untuk kepentingan sosial.
6. Motif untuk memperoleh penghargaan.
Motif manusia melakukan suatu tindakan dapat dibedakan menjadi motif ekonomi dan motif nonekonomi. Perbedaan motif ekonomi dan nonekonomi, yaitu motif ekonomi merupakan motif yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi, misalnya tindakan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Sedangkan motif nonekonomi merupakan motif yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan diluar kegiatan pokok ekonomi atau tindakan yang bukan karena alasan ekonomi. Misalnya karena alasan kewajiban, adat istiadat, atau perbuatan yang tiba-tiba dan tidak sengaja.
Itulah penjelasan tentang Pengertian Motif Ekonomi, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Artikel Terkait